Henna Simple, Riasan Penting dan Wajib Ada pada saat Wedding

Henna ini dikenal juga oleh masyarakat dengan sebutan inai. Ada juga yang mengatakan jika henna simple merupakan tato yang digunakan untuk acara tertentu. 

Salah satunya adalah acara pernikahan, dimana henna simple pengantin sering digunakan. Selain indah karena mempunyai bentuk yang unik, namun henna mempunyai makna tertentu. 

Henna Simple, Riasan Penting dan Wajib Ada pada saat Wedding

Tidak hanya bisa digunakan untuk orang yang akan menikah saja, namun henna juga banyak digunakan oleh anak-anak, remaja, dan orang tua. 

Lantas, seperti apa sih motif henna yang bagus itu dan bagaimana ya cara menggunakan henna dengan baik agar rapi dan indah hasilnya?

Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya melalui penjelasan yang terdapat pada artikel berikut ini!

Apa Saja Jenis-Jenis Warna Pada Henna Simple?

Setiap produk henna simple tentunya mempunyai variasi warna yang beraneka ragam. Berikut ini adalah informasi mengenai macam macam warna henna yang bisa kamu pilih untuk diaplikasikan ke kulit tubuh sesuai dengan selera.

1. Henna Putih

Henna yang berwarna putih ini terbuat dari cat body painting warna putih. Henna berwarna putih tersebut bisa diaplikasikan pada berbagai jenis warna kulit dan lebih netral untuk digunakan. 

Henna putih ini biasanya sering digunakan oleh seseorang yang mempunyai warna pigmen kulit yang gelap. Sehingga, kulit yang berwarna gelap ini tidak terlalu terlihat kusam. 


Henna yang berwarna putih ini lebih cepat proses pengeringannya. Henna putih harganya lebih mahal daripada henna berwarna merah.

Henna putih akan lebih berkilau dan maksimal hasilnya jika ditambahkan dengan kristal swarovski dan clear glitter. 

2. Henna Merah

Henna merah sangat cocok digunakan untuk warna kulit kuning langsat. Warna merah pada henna melambangkan berani, berkelas, dan elegan. Henna merah ini sangat populer di kalangan masyarakat seluruh dunia. 

Warna merah pada henna sering digunakan untuk tampil pada berbagai acara tertentu. Warna merah yang pekat pada henna tersebut, membuat penampilan kamu jauh lebih cantik. 

3. Henna Kuning 

Henna kuning juga bisa diaplikasikan pada kulit kuning langsat. Biasanya henna kuning tersebut sering dipadukan dengan warna-warna henna yang lainnya. Karena, henna kuning lebih cepat tercampur dengan warna lainnya. 

Itulah kenapa banyak kalangan wanita yang menyukai henna berwarna kuning tersebut. Karena, selain indah dipakai henna kuning ini juga unik. 

4. Henna Hitam

Henna berwarna hitam ini jarang digunakan, namun peminatnya juga banyak sama seperti warna henna yang lainnya.

Henna warna hitam harus digunakan pada warna kulit yang tepat agar penampilan lebih indah. Ada juga yang menggunakan henna hitam tersebut hanya sebagai hiasan semata atau pada acara yang penting.

5. Henna Nude

Nude adalah warna henna yang pas untuk menyempurnakan penampilan pada kulit kuning langsat yang kamu miliki. 


Henna dengan warna nude ini dikenal sebagai henna milenial. Karena, selain warnanya menarik juga terlihat lebih natural. Sehingga, penampilan akan terlihat lebih elegan dan fresh. 

6. Henna Fuschia

Henna yang berwarna fuschia tersebut menampilkan kesan yang cerah pada kulit kuning langsat. 

Henna berwarna fuschia ini merupakan warna merah keunguan yang bisa dipadukan dengan henna putih. 

Tujuannya agar penampilan menjadi cheerful dan anggun tentunya. Warna fuschia yang unik ini banyak dicari oleh kalangan wanita. 

7. Henna Abu-Abu

Warna abu-abu pada henna menghadirkan kesan yang unik dan netral. Henna berwarna abu-abu ini jika diaplikasikan pada kuku atau kulit tubuh akan jauh lebih mempesona.

Selain itu, memberikan kesan yang fresh dan lembut bagi penggunanya. Henna warna abu-abu ini bisa menjadi pilihan kamu untuk mempercantik penampilan.

8. Henna Magenta

Warna magenta adalah gabungan dari warna ungu dan reddish pink. Henna magenta tersebut akan membuat penampilan lebih perfect dan stand out.

Henna magenta juga mampu menghadirkan pesona penampilan yang eye catching. Keunikan dari henna magenta tersebut yaitu mempunyai warna merah yang dominan.

Motif Henna Simple yang Cantik dan Unik

Di bawah ini merupakan rekomendasi motif henna simple sebagai bahan referensi untuk diaplikasikan pada kulit tubuh.

1. Motif Henna Mehendi Pakistan

Henna dengan motif mehendi Pakistan ini populer di kalangan pengantin karena sangat indah. Motif tersebut ada yang rumit dan ada yang simpel. Dalam membuat motif henna mehendi Pakistan ini harus bersungguh-sungguh. 

Motif pada henna mehendi Pakistan tersebut bermakna kebahagiaan, tradisi, dan nilai tersendiri. Motif henna tersebut terdiri atas motif masjid, motif bunga, motif kubah, motif daun, motif mandala, dan lain-lain.

Henna mehendi Pakistan juga ada yang digunakan oleh anak-anak dengan motif yang sederhana. Anak-anak di Pakistan akan menggunakan henna tersebut pada saat menyambut hari raya Idul Fitri. 

2. Motif Henna Mehendi Dubai

Motif henna mehendi Dubai ini terkenal dengan pola single strand. Motif henna mehendi Dubai ini cocok digunakan pada bagian pergelangan tangan. Hal ini karena motif henna tersebut seperti menggunakan gelang. 

Motif henna mehendi Dubai ini mempunyai desain yang sedikit lebih rumit dan menarik untuk digunakan. Masyarakat Dubai percaya jika motif henna tersebut bisa menarik perhatian laki-laki secara ampuh. 

3. Motif Henna Sulur Tanaman

Motif henna sulur tanaman ini berasal dari sulur pada tanaman anggur. Henna dengan motif sulur tanaman ini sangat unik, sehingga banyak masyarakat yang menggunakannya. 

Motif sulur tanaman pada henna ini bentuknya berliku-liku dan panjang. Makna dari motif sulur tanaman ini yaitu pernikahan yang langgeng hingga masa tua kelak. 

4. Motif Henna Mehendi India

Salah satu motif henna simple dan cantik yaitu mehendi India. Motif mehendi India ini sangat populer di seluruh dunia, sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakannya. 

Kebanyakan motif henna mehendi India ini yaitu lambang dari seorang tokoh tertentu. Selain itu, terdapat desain yang krusial dan penting. 

Terdapat 2 varian motif henna mehendi India ini yaitu motif rumit dan motif simpel. Pada motif yang rumit tentunya akan memakan banyak waktu. Kemudian, pada motif simpel akan lebih cepat selesai karena tidak membutuhkan banyak waktu.

5. Motif Henna Ornate Band

Motif henna ornate band sering diaplikasikan pada pergelangan tangan sampai ujung jari. Motifnya berbentuk zig-zag yang dilukiskan pada bagian telapak tangan. 

Lalu, terdapat ruang antara band pola bunga dengan band yang penuh. Tujuannya untuk memperpanjang motif hingga ke bagian ujung jari tengah. 

Motif henna ornate band bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menghias bagian tangan pada seorang pengantin agar tampak lebih indah. 

6. Motif Henna Mehendi Arabic

Henna dengan motif mehendi Arabic ini mempunyai ciri khas tersendiri. Dimana pada motif mehendi Arabic ini, henna yang dilukiskan berupa gambar tumbuhan. 

Mulai dari bagian akar, daun, bunga, dan lain-lain. Motif henna mehendi Arabic tersebut tidak serumit motif henna pada mehendi India.

Mehendi Arabic ini mempunyai motif henna yang lebih sederhana karena hanya bagian tertentu saja yang di gambar. Dengan demikian, proses pembuatannya juga tidak memakan waktu yang banyak. 

Pada motif henna mehendi Arabic sering ditambahkan desain garis-garis yang tebal pada area gambar utama. Tujuannya untuk menonjolkan nilai estetika pada motif henna mehendi Arabic ini.

7. Motif Henna Perpaduan Bunga dan Daun 

Motif henna simple bunga dan daun ini banyak diminati oleh kaum wanita. Karena, selain lebih simpel, menarik, indah, dan lebih mudah untuk dibuat. 


Motif henna berupa kombinasi bunga dan daun ini sangat cocok digunakan oleh pengantin wanita. Motif henna bunga dan daun ini juga bisa digunakan pada saat acara pesta. 

Tips Menggunakan Henna Simple yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah tips memakai henna simple untuk pemula dengan mudah dan praktis. 

  1. Tentukan bagian tubuh yang akan dilukis menggunakan henna simple seperti bagian kaki atau tangan

  2. Pilih motif henna sesuai dengan keinginan kamu dan mudah untuk diaplikasikan ke tubuh

  3. Siapkan henna yang akan digunakan, bisa dalam bentuk pasta atau bisa juga diracik terlebih dahulu

  4. Gambar terlebih dahulu pola atau motifnya menggunakan pensil alis, lalu gunakan henna untuk memperjelas motif tersebut 

  5. Tunggu henna yang sudah dilukis tersebut hingga kering agar hasilnya lebih maksimal

  6. Oleskan lip balm atau minyak kelapa agar henna tersebut lebih bagus warnanya dan lebih awet digunakan

Cara Menghilangkan Henna Simple dengan Mudah dan Cepat

Apabila kamu ingin menghilangkan henna simple tersebut dengan cepat dan mudah, bisa menerapkan cara berikut ini. 

  1. Rendam bagian tubuh yang terdapat henna tersebut menggunakan rendaman air yang dicampur dengan garam selama 20 menit

  2. Cuci menggunakan sabun anti bakteri yang membantu proses pengelupasan kulit yang terkena henna simple dengan cepat dan ampuh

  3. Gunakanlah campuran minyak zaitun dan garam dengan cara mengoleskannya pada kulit

  4. Gosokkan henna tersebut menggunakan pasta gigi lalu dibilas dengan air bersih

  5. Gunakan produk kondisioner rambut dengan cara menggosokkan henna pada kulit tubuh dan membilasnya menggunakan air bersih

  6. Pakailah pemutih dengan cara mengoleskan pada bagian kulit yang terdapat henna. Lalu, tinggal menunggu pemutih yang digunakan tersebut kering dan bilas dengan air bersih yaitu air dingin

  7. Rendam bagian henna yang masih menempel di kulit tubuh kamu menggunakan air hangat. Lalu, gosok secara berulang kali agar henna lebih cepat hilang

Penutup

Demikianlah informasi seputar henna simple yang meliputi warna henna, motif henna, tips menggunakan henna. Tidak lupa pula pembahasan mengenai cara menghilangkan henna yang menempel pada kulit tubuh dengan mudah.