Niat Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Rukun dan Tata Caranya

Berikut niat sholat 5 waktu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Ketahui juga rukun sholat, syarat dan tata cara sholat yang benar.

Apakah kamu sedang mencari bacaan niat sholat 5 waktu dan tata caranya? Jika benar demikian, kamu berada di tempat yang tepat karena di bawah ini terdapat uraian lengkap tentang niat ibadah sholat. Yuk, simak!

Sebagai umat muslim, menjalankan ibadah sholat 5 waktu adalah suatu kewajiban. Jika kamu ataupun sang anak ingin belajar sholat, maka harus mengetahui bacaan niat dan tata caranya serta apa saja rukun sholat.

sholat menjadi pokok dari seluruh ibadah dalam Islam. Allah SWT menjadikannya fardhu sehingga wajib umat muslim melaksanakan sholat 5 waktu. Berikut sekilas tentang ibadah sholat yang perlu kamu ketahui.

Pengertian sholat

Niat Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Rukun dan Tata Caranya


sholat adalah rukun Islam yang kedua dan mencakup berbagai kegiatan beribadah seperti dzikir, bertasbih, bersujud, tilawah, berdiri, dan bertakbir kepada Allah SWT. Jadi, sholat dikatakan sebagai ibadah yang komplit.

Sebelum melakukan ibadah sholat, bagi yang menjalankannya wajib membaca niat sholat fardhu 5 waktu dan mengetahui tata caranya. Salah satu tujuannya adalah ibadah wajib ini bisa diterima dan sah sesuai syaratnya.

Adapun hukum tidak menunaikan sholat adalah dosa. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bacaan sholat mulai dari niat dan tata caranya. Tidak lupa juga ketahui bacaan doa setelah selesai menunaikan sholat 5 waktu.

Meskipun sholat hukumnya wajib, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu agar ibadah sholat ini jadi sah. Apa saja persyaratannya? Yuk, cari tahu informasinya melalui pembahasan di bawah ini!

Syarat sholat 5 Waktu

Bagi yang menjalankan ibadah sholat 5 waktu, yakni isya, subuh, dzuhur, ashar, dan maghrib. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Jika ada satu syarat yang tidak terpenuhi, maka dianggap sholat tidak akan sah. 

Meskipun kamu membaca niat sholat 5 waktu dengan benar, namun perlu ketahui persyaratan sebelum melaksanakan sholat. Syarat ini wajib terpenuhi oleh setiap muslim. Adapun syarat sah sholat sebagai berikut:

  1. Harus beragama Islam

  2. Sudah baligh dan berakal sehat

  3. Bersih dari segala najis kecil dan besar

  4. Mengetahui tata cara ibadah sholat

  5. Sudah memasuki waktu sholat 5 waktu

  6. sholat harus menghadap kiblat

  7. Wajib memenuhi peraturan dan menutup aurat

Jika kamu hendak melaksanakan sholat fardhu maupun sholat sunnah, maka harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Hal ini sebagai bagian penting agar ibadah sholat sah dilakukan dan mendapatkan pahala sholat.

Rukun sholat 5 Waktu

Setelah mengetahui syarat sah sholat dan sebelum memahami bacaan niat sholat, ketahui terlebih dahulu tentang rukun sholat. Mengingat setiap rukun membentuk sholat secara utuh dan rukun ini harus terpenuhi.

Rukun sholat adalah setiap bentuk perkataan ataupun perbuatan yang membentuk suatu hakikat sholat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka sholat tidak teranggap secara syar'i serta tidak dapat diganti sujud sahwi. 

Berikut ini terdapat 13 rukun sholat sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW yang harus terpenuhi saat menjalankan ibadah sholat, di antaranya:

  1. Posisi berdiri bagi yang mampu

  2. Melafalkan niat dalam hati

  3. Melakukan takbiratul ihram

  4. Membaca surat Al Fatihah pada setiap rakaat

  5. Ruku dengan tuma’ninah

  6. Iktidal setelah rukuk dengan tumakninah

  7. Sujud dua kali dengan tuma'ninah

  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah

  9. Duduk tasyahud akhir

  10. Membaca bacaan tasyahud akhir

  11. Membaca shalawat nabi pada tasyahud akhir

  12. Membaca salam yang pertama

  13. Tertib melakukan rukun secara berurutan

Bacaan Niat Sholat 5 Waktu

Setiap muslim wajib melaksanakan ibadah sholat 5 waktu dengan niat karena Allah SWT. Ada 5 waktu sholat yang terdiri dari Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Adapun bacaan niat sholat 5 waktu sebagai berikut:

1. Niat Sholat Subuh

sholat subuh merupakan sholat fardhu dua rakaat dan menjadi ibadah yang wajib dikerjakan umat muslim. Meski sholat di waktu ini sering memberatkan seseorang bangun dari tidur tapi pahala sholat subuh berlimpah.

sholat subuh adalah sholat dua rakaat yang waktu pelaksanaan sholat ini pada saat cahaya putih muncul di ufuk timur sampai dengan matahari belum terbit di sebelah barat. Adapun bacaan niatnya sebagai berikut:

"Ushalli fardhash shubhi rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an  lillaahi ta’aala.” 

Artinya: “Saya niat sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

2. Niat Sholat Dzuhur

sholat dzuhur adalah salah satu sholat fardhu 5 waktu dengan jumlah sebanyak 4 rakaat. Adapun waktu sholat dzuhur adalah ketika matahari sudah condong ke barat sampai dengan waktu sholat ashar belum tiba.

Sebelum melaksanakan sholat dzuhur, ada bacaan niat sholat dzuhur yang harus dilafalkan dalam hati sebagai salah satu dari rukun sholat. Bagi yang sedang belajar sholat, berikut bacaan niat sholat dzuhur.

"Ushalli fardhal dzuhri arba’a roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta’aalaa".

Artinya: “ Saya niat sholat fardhu dzuhur sebanyak empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.”

3. Niat Sholat Ashar

sholat ashar adalah sholat fardhu yang pelaksanaannya pada sore jelang petang hari. Waktu sholat 4 rakaat ini mulai sejak panjang bayangan benda sama panjang dengan benda itu sendiri sampai matahari tenggelam

Bagi umat muslim mengerjakan sholat ashar hukumnya wajib dan termasuk dosa jika meninggalkannya. Sebelum menunaikan sholat ashar, maka harus terlebih dahulu melafalkan niat sholat dalam hati. Berikut bacaan niatnya:

"Ushollii fardhol ‘ashri arba’a roka'aatin mustaqbilal qiblati lilaahi ta’aalaa".

Artinya: “Saya niat sholat fardu ashar sebanyak empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.”

4. Niat Sholat Maghrib

sholat maghrib adalah sholat fardhu 3 rakaat yang dilaksanakan saat matahari mulai tenggelam sampai dengan waktu sebelum isya. Keutamaan sholat maghrib adalah memungkinkan doa cepat dikabulkan Allah SWT.

Selain itu, sholat magrib juga adalah waktu yang baik untuk memohon minta ampun kepada Allah atas segala dosa yang telah diperbuat pada saat siang hari. Adapun bacaan niat sholat maghrib yaitu sebagai berikut:

"Ushalli fardhal maghribi tsalaatsa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta’aalaa".

Artinya : "Saya niat sholat fardhu maghrib sebanyak tiga rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta’ala."

5. Niat Sholat Isya

sholat isya adalah salah satu sholat wajib lima waktu yang terdiri atas empat rakaat. Adapun waktu sholat isya mulai dari :sudah hilang matahari sampai dengan menuju sholat subuh, waktunya memang cukup panjang.

Tak sedikit umat muslim menyepelekan sholat Isya karena merasa waktu sholat ini sampai subuh, bahkan terkadang lupa melaksanakan sholat isya. Adapun bacaan niat sholat isya yang perlu kamu ketahui, yaitu:

"Ushalli fardhal Isya’i arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an lilaahi ta’aalaa".

Artinya: “Saya niat sholat fardhu Isya’ sebanyak empat raka’at dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Setelah selesai mengerjakan ibadah sholat 5 waktu, maka tidak lupa untuk berdoa kepada Allah SWT. Semoga sholat yang telah dikerjakan sah dan diterima oleh Allah dan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Penutup

Demikian informasi tentang bacaan niat sholat 5 waktu yang harus kamu ketahui, sebagai salah satu dari rukun sholat. Jika tidak bisa membaca niatnya dalam bahasa arab, maka kamu bisa baca dalam bahasa latin.