WestManga, Situs Baca Komik Gratis Berbahasa Indonesia

Membaca komik kini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Cukup kunjungi situs WestManga, dan pilih komik apa yang ingin dibaca.

Jika kamu suka membaca komik saat senggang, hadirnya situs WestManga tentu bisa menjadi hiburan tersendiri untuk mengatasi kebosanan. Bagaimana tidak, situs ini menyediakan berbagai judul komik yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Tidak hanya komik-komik dari Jepang saja, kita juga bisa menemukan beberapa judul komik dari negara China hingga Korea. Dari segi genre cerita juga sangat lengkap, mulai dari action, drama, romance, dan banyak lagi lainnya.

WestManga, Situs Baca Komik Gratis Berbahasa Indonesia

Satu hal yang juga menjadi keunggulan dari situs ini adalah gratis. Ya, untuk membaca komik-komik di dalamnya, kita tidak harus membayar biaya berlangganan terlebih dahulu. Untuk mengenal lebih jelas tentang situs ini, mari simak pembahasan berikut!

Apa itu WestManga?

Seperti sudah disebutkan di awal, WestManga adalah sebuah situs baca komik berbahasa Indonesia dengan koleksi yang cukup lengkap. Nantinya, kita akan disajikan berbagai judul komik yang terbagi dalam beberapa genre.

Sama seperti Komiku atau situs baca komik lainnya, situs ini juga menghadirkan komik yang masih berjalan. Artinya, kita bisa mengikuti cerita-cerita komik baru dan akan dibuat penasaran dengan jalan cerita di chapter berikutnya.

Untuk meningkatkan pengalaman pembacanya, situs ini juga sudah nyaman saat diakses menggunakan smartphone maupun PC. Dengan begitu, kamu bisa mengaksesnya kapan saja, di mana saja, dan menggunakan perangkat apa saja.

Selain hadir dalam bentuk situs, WestManga juga hadir dalam bentuk aplikasi. Di dalam situsnya tersedia link untuk mengunduhnya. Jadi, kamu bebas memilih untuk membaca dari situs atau melalui aplikasi.

Tenang saja, pengalaman membaca di kedua platform tersebut tidak akan jauh berbeda karena isi konten di dalamnya tetap sama. Dengan begitu, kamu benar-benar bisa menikmati beragam komik dari mana saja.

Kelebihan Baca Komik di WestManga

Sebagai salah satu platform baca komik online, situs ini menawarkan beberapa hal yang membuat pembacanya merasa nyaman. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh situs baca komik satu ini:

1. Tampilan Simpel

Saat dibuka, tampilan dari situs ini terlihat simpel dan mudah dipahami. Mereka yang baru pertama kali mengunjunginya juga tidak akan kesulitan dalam memilih komik yang akan dibaca. Semua ditampilkan mulai dari yang populer hingga yang paling update.

Kamu juga bisa mencari judul yang lebih spesifik melalui kolom pencarian di bagian atas. Dengan begitu, kita tidak perlu sibuk mencari satu per satu judul komik hanya untuk menemukan satu judul yang akan dibaca.

2. Memiliki Fitur Bookmark

Fitur ini sangat berguna untuk menandai komik-komik favorit atau yang saat itu sedang dibaca. Nantinya, komik yang sudah kamu beri bookmark akan dimasukkan dalam satu halaman khusus sehingga lebih mudah untuk dicari.

Untuk menggunakan fitur ini sangatlah mudah, yaitu hanya dengan menekan tombol Bookmark di setiap judul komik saat dibuka. Bahkan, kamu bisa menggunakan fitur ini tanpa harus login ke dalam akun.

3. Semua Komik Berbahasa Indonesia

Tidak perlu pusing jika masih belum sempurna memahami bahasa Inggris. Pasalnya, semua komik di situs ini sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Dengan begitu, siapa pun bisa menikmati isi cerita dari komik-komik di sini.

Hal ini tentu saja menambah daftar situs penyedia komik berbahasa Indonesia yang bisa kita nikmati seperti Komiku, Komikcast, dan sebagainya. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi menerjemahkan bacaan komik hanya untuk memahaminya.

4. Gratis

Untuk bisa membaca semua komik di dalam situs ini, kita tidak akan dikenakan biaya berlangganan alias gratis. Kapan pun kita mengakses situs tersebut, saat itu juga semua judul komik yang tersedia bisa dibaca.

Bahkan, kita juga tidak perlu login atau membuat akun terlebih dahulu. Cukup kunjungi situsnya dan pilih komik yang ingin dibaca. Pastinya, koleksi komik di situs ini tidak akan membuat waktu senggang kita membosankan.

5. Selalu Update

Tak perlu khawatir dengan keutuhan cerita di WestManga. Komik-komik yang disediakan di sini selalu mendapatkan update secara rutin sehingga pembaca bisa menikmati cerita komik di setiap chapternya.

Jika saat ini kamu sedang mengikuti komik Drawing: Saikyou Mangaka Wa Oekaki Skill De Isekai Musou Suru, judul ini ada di situs ini dan tersedia hingga chapter terbaru. Tentu kamu tidak ingin melewatkan ceritanya bukan?

6. Fitur Dark Mode

Jika tampilan situs ingin terlihat gelap, ada fitur dark mode yang bisa digunakan. Fitur ini bisa dimanfaatkan saat kamu sedang membacanya di dalam ruangan dengan cahaya redup sehingga tidak membuat mata cepat lelah.

Tidak hanya untuk pengguna PC saja, fitur ini juga tersedia saat kita mengaksesnya melalui smartphone. Bagi yang menggunakan versi aplikasi, kemungkinan besar fitur ini juga sudah tersedia khususnya untuk pengguna Android versi terbaru.

7. Fitur Komentar di setiap Halaman Komik

Saat membuka salah satu judul komik, kita akan menemukan kolom komentar di bagian bawah. 

Biasanya akan ada penilaian dari para pembaca sebelumnya tentang komik bersangkutan sehingga bisa menjadi tolok ukur apakah komik tersebut bagus atau tidak.

Akan tetapi, kamu harus tetap berhati-hati jika memang tertarik dengan komik bersangkutan. Pasalnya, terkadang dijumpai komentar yang sedikit spoiler dengan isi cerita di dalamnya.

Kekurangan Baca Komik di WestManga

Meski memiliki cukup banyak kelebihan, situs ini tetap saja tidak lepas dari beberapa kekurangan. Meski begitu, kekurangan di sini sebenarnya tidak terlalu mengganggu kenyamanan kita membaca, yaitu:

1. Terdapat Iklan

Adanya iklan di dalam situs yang menyediakan konten gratis sebenarnya hampir selalu kita jumpai. Hal ini memang sedikit mengganggu pandangan mata, tetapi tidak begitu mengganggu pengalaman membaca komik di dalamnya.

Secara tampilan juga masih didominasi oleh konten utama. Sementara iklan hanya ditempatkan pada beberapa bagian saja. Dengan begitu, kita masih tetap nyaman saat mengaksesnya menggunakan PC maupun smartphone.

2. Banyak Judul yang Belum Populer

Meski tergolong banyak, tetapi judul-judul komik di dalamnya belum begitu populer sehingga kita harus pintar memilih komik mana yang akan dibaca. Berbeda dengan situs Manganato yang sebagian besar judul komiknya sudah cukup populer.

Meski begitu, bukan berarti komik populer tidak ada sama sekali. Beberapa judul mungkin ada, tetapi tidak begitu lengkap. Sebagai gantinya, kamu tetap bisa mencari bacaan yang menarik lainnya meski secara popularitas tidak begitu diketahui banyak orang.

Penutup

Secara garis besar, situs WestManga mampu menyajikan bacaan komik yang seru dan nyaman dibaca. Apalagi beberapa komiknya sudah menggunakan gambar berwarna sehingga visualisasi karakternya semakin menarik.

Di samping itu, kemudahan cara untuk mengaksesnya juga menjadi kelebihan tersendiri untuk platform satu ini. Meski pencarian Komiku ID Naruto lebih banyak dilakukan, situs ini tetap memiliki pembacanya sendiri.

Jika kamu sedang merasa bosan atau sedang memiliki waktu senggang, tidak ada salahnya untuk mengakses situs WestManga dan membaca berbagai koleksi komik di dalamnya yang tidak kalah seru dengan komik-komik populer lainnya.