Halusinogen Mengenal Apa itu Halusinogen

Pernahkah kamu mengalami halusinasi? Beberapa orang beranggapan bahwa halusinasi itu berkaitan dengan hal gaib. Tentu hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan seseorang mengalami halusinasi, misalnya setelah mengkonsumsi zat atau obat yang bisa menyebabkan halusinasi.


 

Apakah ada kaitannya halusinasi dengan halusinogen? Halusinogen yaitu jenis narkoba yang dapat mendatangkan efek halusinasi. Bersifat merubah perasaan, pikiran dan gaya pandang berbeda sehingga mengganggu dari orang normal pada umumnya. 


Halusinogen yaitu dari yang bisa menimbulkan bermacam gejala psikologi yang sifatnya komplek. Halusinogen bisa menimbulkan penyimpangan persepsi. Halusinogen salah satu zat psikotropika yang bisa menimbulkan halusinasi. 


Pengguna zat tersebut, akan berhalusinasi seperti melihat gambar atau warna tertentu, mendengar suara-suara dan merasakan sensasi yang sebenarnya tidak ada. Zat yang termasuk halusinogen seperti LSD ataupun Heroin.


LSD (Lysergic Acid Diethylamide) salah satu jenis obat halusinasi yang sering dikonsumsi. Perlu kamu ketahui  zat tersebut termasuk golongan narkotika yang bisa menimbulkan halusinasi penggunanya. Beberapa orang menganggap halusinasi tersebut terasa menyenangkan. 


LSD merupakan senyawa halusinogen yang dibuat oleh manusia dan diambil dari ergot atau jamur yang tumbuh di biji-bijian. LSD tersedia dalam bentuk cairan bening yang tidak beraroma, kapsul, kotak kecil seperti kertas, gelatin, atau bubuk putih. LSD dapat memicu halusinasi, mengubah suasana hati, dan mengubah persepsi terhadap realita.


Efek Samping Halusinogen


Secara umum menggunakan zat jenis halusinogen bisa menimbulkan seseorang mengalami psikosis hingga kematian. Oleh sebab itu, jenis zat tersebut tidak boleh dikonsumsi. Efek samping yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi halusinogen seperti perubahan suasana hati yang cepat dan intens, terganggunya sistem saraf pada otak, bahkan menghambat komunikasi antara otak dan saraf tulang belakang.


Macam-macam Halusinogen

Berikut ini macam jenis zat halusinogen yang harus kamu ketahui:

  1. PCP

PCP salah satu senyawa halusinasi yang berbahaya. PCP mempunyai bentuk bubuk putih maupun cairan. Pada awalnya PCP digunakan untuk keperluan bius. Karena efek sampingnya yang berbahaya, sehingga tidak digunakan kembali. Selain itu, PCP bisa menimbulkan seseorang mengalami halusinasi. Pengguna akan merasakan sensasi, seakan-akan keluar dari tubuhnya. Jika disalahgunakan dalam disitu tinggi bisa membahayakan nyawa dan mengganggu mental

  1. LSD

LSD salah satu senyawa yang dibuat oleh manusia. Bahan baku pembuatan LSD berasal dari jamur dan biji-bijian ergot. LSD berbentuk cairan bening, tidak ada aroma. Selain itu, ada juga berbentuk kotak kecil maupun kapsul. Beberapa orang mengedarkan dalam bentuk gelatin, bubuh putih hingga kertas. Jika seseorang mengkonsumsi LSD bisa mengalami halusinasi, suasana hati berubah dan mengubah persepsi pada kenyataan. 

  1. DMT

Dimethyltryptamine (DM) juga mempunyai efek samping halusinasi. Dimethyltryptamine adalah zat alami yang ditemukan dari salah satu tanaman Amazon. Selain itu, bisa dibuat secara sintetis. Bentuk zat tersebut yaitu kristal dengan warna putih. 

  1. Ayahuasca

Ayahuasca zat yang menimbulkan halusinasi jika dikonsumsi. Zat tersebut juga diperoleh dari tanaman Amazon dengan kandungan DMT. Namun, cara pembuatan berbeda. Cara pembuatan Ayahuasca ditambahkan dengan rebusan tanaman penghasil DMT dan akar tanaman Amazon lainnya. 

  1. Psilocybin

Psilocybin adalah zat yang berasal dari jamur dengan kandungan senyawa Psilocin dan Psilocybin. Zat tersebut mampu menimbulkan halusinasi. Apalagi jika disalahgunakan dengan dosis yang tinggi, tentunya sangat membahayakan. 


Gejala Penggunaan Halusinogen


Jika seseorang mungkin halusinogen akan menimbulkan gejala seperti kepala terasa pusing, tubuh terasa lemah, merasa mual dan muntah,dan mengalami ilusi visual pada 2-3 jam pemakaian. Oleh karena itu, jangan pernah mencoba obat-obatan terlarang yang menimbulkan halusinasi. Tentunya sangat membahayakan bagi penggunanya. 


Demikianlah informasi mengenai halusinogen. Semoga informasi membantu. Jauhkan dirimu dan orang lain dari narkoba. Untuk memperoleh masa depan yang cerah. Jika kamu maupun kerabat yang terlanjur terjebak dalam obat-obatan terlarang sebaiknya lakukan rehat narkoba di Lentera Bersinar Indonesia. Tentunya aman dan nyaman, pulih dari ketergantungan narkoba.