6 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Mudahcair - Banyak yang mengatakan bahwa kalau kamu ingin kaya maka kamu harus menjadi pengusaha. Kata-kata ini memang tidak salah, namun untuk memulai bisnis sebenarnya tidak mudah dan harus memiliki persiapan yang matang.

6 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Cocok banget buat kamu yang ingin usaha tapi tidak mau memiliki kompetitor yang besar.

Ide usaha ini membuat bisnis yang dikembangkan nantinya lebih tertarget dan efektif, sehingga peluang pasar jadi lebih jelas. Simak sampai habis ide usaha dibawah ini, untuk mendapatkan inspirasi bisnis terbaru di tahun 2023 ini!

6 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Salah satu cara yang bisa kamu coba yaitu mencari ide usaha modal kecil yang kompetitornya masih belum banyak. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Bisnis yang memiliki kompetitor lebih kecil cenderung memiliki peluang pasar yang lebih besar.


Kali ini kita akan kasih contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Khususnya buat kamu yang belum memiliki ide bisnis yuk simak pembahasan kali ini. Siapa tahu jadi inspirasi untuk kamu memulai usahanya!


Catering makanan sehat


Semenjak virus Corona mewabah di Indonesia, kesadaran orang-orang untuk memiliki pola makanan dan pola hidup yang sehat semakin meluas di kalangan masyarakat. Tentunya setiap orang ingin memiliki tubuh yang sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat pula.


Dari sinilah catering makanan sehat semakin laris manis dijual belikan, sehingga tak heran memiliki pasar yang cukup banyak di tahun ini. Peluang bisnis ini bisa kamu manfaatkan, dan jangan lupa untuk mengutamakan menu makanan sehat dan kebersihan hidangan.


Salah satu contoh katering sehat misalnya diet paleo atau keto, dan makanan sehat dari bahan organik atau vegetarian.


Cloud kitchen


ungkin ide bisnis yang satu ini masih jarang banget didengar. Kelud kitchen merupakan platform Pesan Antar makanan atau bisa juga disebut sebagai dapur bersama.


Nantinya dapur ini akan disewakan kepada pengusaha kuliner, juga brand makanan atau restoran.


Jika ada orderan masuk maka akan langsung Diteruskan oleh tenan tersebut. Selanjutnya pesanan akan dibuat di dapur yang bersangkutan dan dimasak lalu diantar oleh kurir.


Cloud kitchen ini memudahkan pembeli untuk mengorder makanan, selain itu juga prosesnya lebih cepat dibanding kita memesan langsung di restoran.


Daur ulang barang bekas


Punya budget minim tapi bingung mau bisnis apa? Mungkin daur ulang barang bekas bisa jadi solusinya. Saat ini masih jarang yang memiliki ide atau inovasi untuk mendaur ulang barang bekas menjadi suatu produk dan dijual kembali.


Kelebihan bisnis daur ulang barang bekas, selain modalnya yang minim atau gratis kamu juga bisa meraup untung yang cukup besar.


Salah satu contoh daur ulang barang bekas yaitu kamu bisa menggunakan bekas pakaian, kardus, plastik. Lalu diolah menjadi barang yang bisa di jual kembali.


Syarat utama memulai bisnis daur ulang barang bekas, kamu perlu memiliki kreativitas yang tinggi dan berjiwa seni. Selain bisa untuk jualan bisnis ini juga memungkinkan kita berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan.


Menjual kemasan produk


Saat ini orang yang ingin berjualan online sangatlah banyak. Dari sinilah bisa kita jadikan peluang untuk membuat usaha yang berbeda dari yang lainnya. Jika mereka Sedang marak untuk menjual produk, maka anda bisa membantu mereka membuat kemasan atau packaging menjadi lebih sempurna.


Anak muda zaman sekarang banyak yang memikirkan barang mereka diterima oleh pelanggan dengan hasil yang memuaskan dan packing yang istimewa. Hal yang bisa kamu lakukan yaitu membuat desain atau konsep packing yang terlihat estetik bagi pelanggan dan tetap aman.


Menjual paket sayuran


Efek dari Lockdown atau berada di rumah saja membuat ibu-ibu menjadi malas untuk ke luar rumah, apa lagi belanja ke pasar.


Kamu bisa membantu mereka dengan menjual paket sayuran lengkap dan bumbu untuk menu masakan nya dirumah.


Misalnya kamu bisa menyediakan paket sayur bayam, sayur sop, lodeh, tumis dan sebagainya. Bagaimana cara memulai ide bisnis paket sayuran ini? Hal yang pertama bisa anda lakukan yaitu mempromosikan bisnis anda di grup keluarga atau RT setempat.


Selain tidak butuh modal yang terlalu besar, biaya marketingnya juga gratis dan anda pasti mendapatkan pelanggan.


Laundry sepatu


Mencuci sepatu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, jika caranya tidak tepat maka bisa merusak sepatu. Selain itu juga, musim hujan membuat banyak orang kesulitan untuk menjemur sepatunya. 


Solusinya anda butuh laundry sepatu! Kamu bisa meraup untung dengan membuka laundry sepatu karena kompetitornya masih belum terlalu banyak. 


Sebelum membuka laundry sepatu kamu juga perlu mempelajari cara menghilangkan kotoran dan metode mencuci sepatu yang tepat tanpa merusaknya.


Jangan lupa memberikan waktu yang cepat dan paling efektif, sehingga pelanggan Anda merasa puas atas jasa laundry sepatu yang digunakannya.


Pet shop dan grooming


Hewan peliharaan banyak disukai oleh wanita maupun pria. Memelihara hewan-hewan sekarang ini sudah menjadi hobi yang sulit untuk dihilangkan.


Mereka butuh perlakuan istimewa, selain diberi makan hewan peliharaan juga perlu di grooming agar selalu bersih.


Selain itu juga kamu bisa bekerja sama dengan dokter hewan, untuk mengecek kesehatan peliharaan hewan pelanggan.


Bisnis ini bisa dimulai dari rumah atau menyediakan grooming panggilan ke rumah customer. Setelah memiliki usaha pet shop dan grooming kamu perlu mempromosikannya di sosial media supaya dikenal oleh banyak orang.


Jangan lupa berikan kemudahan bagi customer untuk bisa menghubungi anda pastikan layanan WhatsApp atau panggilan selalu terhubung walaupun itu di hari libur.


Kesimpulan

Masih banyak ide usaha atau peluang lainnya, yang bisa Anda coba. Jangan pernah menyerah dan teruslah berdoa untuk kelancaran rezeki yang sedang Anda jalani saat ini.

Ya demikianlah ide bisnis modal kecil yang belum banyak pesaing bisa Anda coba sekarang juga. Sebenarnya sangat sederhana namun memiliki konsistensi yang perlu dilakukan supaya bisnis tersebut bisa berjalan dengan lebih baik. Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bisa bermanfaat untuk anda.