10 Obat Herbal untuk Asam Urat

Mudahcair - Asam urat merupakan jenis radang sendi yang dapat menyebabkan rasa sakit sama dengan osteoartritis. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah.  Asam urat dapat menyerang bagian sendi pada seluruh tubuh, namun seringkali kondisi ini terjadi pada bagian ujung jari kaki dan jari tangan, pergelangan tangan, serta lutut.


Asam urat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah sering mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi seperti jeroan, daging merah dan makanan laut. Selain itu juga, disebabkan oleh gangguan metabolisme, pengaruh penyakit seperti penyakit ginjal dan penyakit tiroid, serta adanya efek samping dari pengobatan jangka panjang hingga alkoholisme.


Walaupun tidak dapat disembuhkan secara total, asam urat tinggi memerlukan penanganan yang tepat. Salah satunya dengan beberapa pengobatan alami yang dapat dilakukan di rumah. Pengobatan alami ini meliput obat-obatan herbal yang dapat membantu meringankan gejala sekaligus mengurangi kadar asam urat pada tubuh.


Jenis-Jenis Obat Herbal Untuk Asam Urat

10 Obat Herbal untuk Asam Urat

Pemberian obat bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah risiko asam urat kambuh kembali. Biasanya, jenis obat yang sering diresepkan oleh dokter meliputi colchicine dan obat anti-inflamasi non steroid (OAINS). Adapun obat-obatan untuk menurunkan kadar asam urat meliputi allopurinol, rasburicase, dan probenecid.


Selain mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, penderita asam urat juga dianjurkan untuk mengubah pola hidup dengan rutin berolahraga, menjaga pola makan, mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi. 


Nah, sebelum semakin parah penyakit asam urat yang diderita, berikut ini ada beberapa obat herbal yang dapat mencegah dan mengobati asam urat, antara lain:


  1. Daun Sirsak

Pada umumnya, daun sirsak terkenal kaya akan manfaat, salah satunya sebagai obat herbal untuk asam urat. 


Untuk membuat obat herbal asam urat dari daun sirsak, sebagai berikut:

  • Bersihkan daun sirsak dengan air yang mengalir sebanyak 5-10 lembar daun.

  • Potong dan remas daun sirsak untuk mempermudah dalam mengekstrak sari dari daun sirsak tersebut

  • Rebus daun sirsak dengan dua gelas air mineral

  • Rebus air daun sirsak hingga berkurang menjadi setengahnya saja.

  • Minum air rebusan daun sirsak sebagai obat herbal sebanyak dua kali sehari.


  1. Daun Salam

Daun salam dapat digunakan sebagai obat herbal asam urat. Daun salam memiliki kandungan senyawa flavonoid, tanin, atsiri alkaloid yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi ginjal, dan menambah dan memperlancar urin. Daun salam juga memiliki manfaat untuk meredakan nyeri akibat peradangan. Berikut ini cara membuat obat herbal asam urat dari daun salam:

  • Bersihkan 5-10 lembar daun salam yang sudah berwarna hijau tua.

  • Potong dan remas daun salam untuk mempermudah dalam mengekstrak sarinya.

  • Rebus daun salam dengan 3 gelas air mineral, lalu rebus hingga air berkurang sepertiganya.

  • Minum air rebusan daun salam sebanyak 2-3 kali seminggu.


  1. Seledri

Sudah diketahui bahwa seledri memiliki kaya akan kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, glikosida, apiin, apiol, dan flavonoid. Nah, diantara zat-zat yang bermanfaat tersebut, terdapat glikosida yang bermanfaat sebagai obat asam urat alami, serta baik untuk permasalahan sendi lainnya.


Biasanya seledri dikonsumsi sebagai tambahan di makanan berkuah seperti soto dan bakso. Namun, seledri juga dapat digunakan sebagai obat herbal lho. Berikut ini cara membuat obat herbal dari seledri:

  • Rebus tiga gelas biji seledri dengan tiga gelas air

  • Rebus hingga air berkurang setengahnya

  • Saring air dan didinginkan

  • Minum air rebusan biji seledri sebanyak 2-3 kali sehari


  1. Sambiloto

Sambiloto merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan obat herbal untuk asam urat. Sambiloto memiliki kandungan senyawa aldehid, keton, alkana, flavonoid dan mineral yang baik untuk tubuh. Adapun cara membuat obat herbal dari sambiloto, sebagai berikut:

  • Rebus segenggam kecil daun sambiloto dengan dua gelas air

  • Rebus air hingga berkurang sepertiganya, lalu saring air dan tiriskan

  • Minum air rebusan sambiloto sekali dalam sehari secara rutin


  1. Teh Hijau

Tidak perlu diragukan lagi, bahwa minuman yang sangat populer dan digemari masyarakat ini memiliki kandungan epigallocatechin-3-gallate, polifenol, vitamin E dan vitamin C. 


Kandungan-kandungan tersebut berkhasiat untuk menurunkan lemak dan kolesterol. Selain itu juga, dapat mencegah terjadinya penumpukan asam urat serta bertindak sebagai anti-inflamasi dan mencegah peradangan sendi. Untuk membuat obat herbal dari teh hijau sangat sederhana, cukup dengan seduh teh hijau yang sudah siap dikonsumsi sebanyak 1-2 gelas setiap harinya.


  1. Sidaguri

Sidaguri tanaman yang mungkin masih terdengar asing, akan tetapi tanaman ini biasa digunakan untuk pembuatan ramuan herbal. Sidaguri biasa digunakan untuk mengatasi infeksi pada kulit serta dapat meredakan nyeri akibat rematik dan asam urat. Untuk membuat obat herbal dari sidaguri, sebagai berikut:

  • Rebus beberapa lembar sidaguri yang sudah dibersihkan

  • Saring air rebusan dan tiriskan hingga dingin

  • Minum air rebusan sidaguri sebanyak 1-3 kali dalam seminggu.


  1. Kumis Kucing

Kumis kucing memang terkenal sebagai obat herbal untuk batu ginjal. Namun, ternyata kumis kucing juga berkhasiat sebagai obat asam urat alami. Tanaman kumis kucing memiliki kandungan zat orthosiphonin glikosida dan diuretik sehingga dapat merangsang pengeluaran asam urat melalui urin. Berikut ini cara membuat obat herbal asam urat dari daun kumis kucing:

  • Rebus satu genggam daun kumis kucing yang sudah dibersihkan

  • Tambahkan satu ruas jahe merah yang sudah diiris tipis, serta dapat menambahkan sedikit bunga kumis kucing untuk memberikan sedikit rasa manis

  • Saring air rebusan dan tiriskan hingga dingin

  • Minum air rebusan daun kumis kucing sebanyak 1-3 kali dalam seminggu


  1. Jahe 

Jahe merupakan salah satu obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati gejala dari asam urat seperti inflamasi pada sendi. Dengan mengkonsumsi air rebusan jahe hangat atau dengan membuat air kompres jahe dapat meredakan asam urat yang diderita. Untuk membuat air kompres jahe tersebut cuku mudah, dengan merebus air dan masukan satu sendok makan jahe yang sudah diparut, lalu masukan kain kompresan ke dalam rebusan tersebut. Saat sudah dingin, aplikasikan ke bagian persendian yang sedang meradang karena asam urat.


  1. Madu Hitam

Madu hitam berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal dan organ tubuh penting lainnya. Mengkonsumsi madu hitam secara rutin, maka dapat meminimalisirkan gejala asam urat, serta dapat mempercepat proses tubuh untuk pulih dari berbagai macam penyakit secara alami.


  1. Cuka Apel

Cuka apel dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk rematik dan asam urat. Cuka apel memiliki tingkat keasaman yang dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari inflamasi dan pembengkakan dari asam urat. Untuk mengkonsumsi cuka apel, dapat dengan mencampurkan satu sendok teh cuka apel dan segelas air hangat, lalu rutin konsumsi setiap hari.



Nah, itu beberapa bahan alami atau obat herbal yang dapat digunakan sebagai pengobatan asam urat secara alami. Selain mengkonsumsi obat herbal tersebut, sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter dan jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin dan suplemen agar tubuh tetap sehat.