Gudeg Jogja, Kuliner yang Wajib Dinikmati

Mudahcair - Gudeg adalah salah satu makanan khas yang sangat melekat dengan Kota Yogyakarta. Dengan popularitas yang terus meningkat, tidak heran kota Yogyakarta sering disebut dengan Kota Gudeg. 

Untuk hal ini tidak aneh lagi, karena makanan gudeg jogja ini terbuat dari nangka muda dan dipadukan dengan berbagai bumbu. Cara pembuatan sangat mudah dan dimulai dengan nangka muda direbus menggunakan tambahan gula dan santan kelapa. 

Tidak lupa juga berbagai bumbu pelengkap ditambahkan. Sehingga membuat citra rasa yang khas. Biasanya olahan makanan ini dihidangkan bersamaan dengan nasi putih dan tambahan toping lainnya, yaitu telur rebus, tahu, tempe dan sambal goreng krecek. 

Varian Gudeg

Gudeg Jogja, Kuliner yang Wajib Dinikmati


Ada dua jenis varian gudeg, yaitu basah dan kering. Untuk perbedaanya terlihat dari takaran santannya. Gudeg kering mempunyai takaran santan sedikit. Sedangkan gudeg basah mempunyai takaran santan lebih banyak. 

Pada awalnya, memang untuk nasi gudeg dikenal dengan jenis basah. Namun, seiring berjalannya waktu mulai dibuat gudeg kering yang bertujuan untuk memenuhi oleh-oleh sehingga praktis dibawa. 

Dengan hadirnya gudeg kering bisa membuat makanan khas Jogja semakin populer. Masyarakat juga diberikan kemudahan selain praktis, makanan ini juga bisa tahan lama dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. 

Tempat Makan Gudeg yang Populer di Jogja 

1. Gudeg Yu Djum Wijilan 167 

Gudeg yu djum Jogja bisa dibilang menjadi salah satu tempat yang paling legenda, karena menggunakan resep turun temurun sampai dengan 4 generasi. Tempat makan yangs atu ini juga sangat pas untuk dikunjungi, ketika mencari menu gudeg kering sebagai oleh-oleh. Siapa sangka, ketika para pengunjung juga diperbolehkan masuk ke dapurnya untuk melihat pembuatan gudeg. 

  • Lokasi Gudeg Yu Djum Wijilan 167 : Jalan Wijilan No.167, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

  • Jam Buka : 06..00 - 22.00

  • Harga : mulai dari Rp30.000,00 per porsi. 

2. Gudeg Manggar Bu Tinur 

Kedai gudeg Jogja satu ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin makan gudeg dengan varian berbeda. Hal ini dikarenakan, tempat makan gudeg satu ini menyediakan pilihan menu yang terbuat dari Manggar atau bunga kelapa. 

Meski bahan yang digunakan berbeda dengan gudeg lainnya. Namun, untuk cara memasaknya tetap menggunakan bumbu yang sama dengan gudeg pada umumnya. Gudeg Manggar Bu Tinur mempunyai rasa yang sangat lezat, apalagi ditambahkan, telur, ayam bacem dan sambal krecek. 

  • Alamat : Jalan Bibis Raya RT 4, Dusun Gendeng, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

  • Jam buka : 08.00 - 20.30. 

  • Harga : mulai dari Rp30.000,00 per porsi. 

3. Gudeg Pawon 

Gudeg Jogja adalah salah satu makanan yang populer dan disantap sebelum melakukan aktivitas. Singkatnya sebagai makanan menu sarapan. Namun, gudeg pawon justru sebaliknya. 

Kedai Gudeg Pawon ini buka di saat malam hari dan tepatnya pukul 6 malam. Meski demikian, pamor dari Gudeg Pawon ini sangat terkenal dan banyak orang yang rela mengantri untuk mendapatkan olahan makanan tersebut. 

Bukan tanpa sebab, untuk gudeg manis ini lengkap disajikan bersama sambal goreng krecek, ayam,  dan cabai hijau. Gudeg pawon ini mempunyai cita rasa yang sangat lezat dan nikmat. 

  • Alamat : Jalan Janturan UH/IH No.36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daera Istimewa Yogyakarta. 

  • Jam Buka : 18.00 - 21.00

  • Harga : mulai dari Rp30.000,00 per porsi. 

4. Gudeg Permata Bu Narti 

Gudeg Permata adalah kedai gudeg yang berjualan di malam hari, yaitu pukul 9 malam. Rasa dari gudeg ini manis dan gurih ini sudah melegenda di sekitaran Kota Yogyakarta. Maka dari itu, tidak heran jika ingin mencicipi masakan harus rela mengantri dahulu.

Para pengunjung juga akan merasakan perpaduan yang antara manisnya gudeg dan gurihnya daging ayam kampung atau kekenyalan telur dan sambal krecek. Jadi, bagi mereka yang sedang wisata di Yogyakarta tidak perlu merasa khawatir lagi perut keroncongan di malam hari. 

  • Alamat : Jalan Gajah Mada RT. 36 / RW.7, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

  • Jam Operasional : 20.00 - 01.00

  • Harga : mulai dari Rp10.000,00 per porsi. 

5. Gudeg Mbah Lindu 

Kebanyakan penjual gudeg yang terkenal di Yogyakarta sudah mewariskan resepnya ke generasi berikutnya. Akan tetapi, berbeda dengan Gudeg Mbah Lindu. Kedai ini sudah berjualan sejak zaman penjajahan Jepang dan kini sudah mempunyai tingkat ketenaran sendiri. 

Bahkan, untuk sang penjual yaitu Mbah Lindu yang mempunyai umur nyari 1 abad masih setia memberikan layanan terbaik secara langsung oleh pelanggannya. Di sisi lain Mbah Lindu juga dikenal dengan keramahannya, beliau akan merasa senang di saat bercerita tentang perjalanan berjualannya termasuk interaksi dengan mata uang benggol dan sen. 

Dengan kondisi tersebut, tidak heran tempat makan gudeg yang satu ini sangat kental dengan suasana khas Yogyakarta. Bahkan, siapa saja yang sangka ketika rasa gudeg dari Mbah Lindu ini masih sama dengan era penjajahan dulu. 

Sayangnya, Mbah Lindu sudah meninggal di tanggal 12 Juli 2020 yang lalu. Sekarang Gudeg Mbah Lindu diteruskan ke generasi penerusnya. 

  • Lokasi : Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

  • Harga : mulai dari Rp15.000,00 per porsi. 

6. Gudeg Mercon Bu Tinah 

Biasa merasakan gudeg Jogja dengan rasa manis, mungkin pengunjung harus mencicipi gudeg yang satu ini dengan rasa berbeda. Tidak ada salahnya untuk merasakan sensasi Gudeg Mercon Bu Tinah yang bisa membuat nangis dan keringetan. 

Meski terkenal peda, ada salah satu spot makan gudeg Jogja yang ramai pengunjung ini. Bahkan tidak jarang artis Ibukota datang untuk mencicipi pedasnya kuliner gudeg yang satu ini. 

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, harus siap antri agar mendapatkan seporsi sajian gudeg mercon tersebut. Karena untuk lokasinya berada di tengah-tengah pengunjung sangat ramai. 

  • Lokasi : Jalan Asem Gede, Nomor 8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

  • Jam Buka : 21.00 - 01.00

  • Harga : mulai dari Rp16.00,00

7. Gudeg Ceker Seturan 

Potongan paha bawah atau dada ayam kampung memang menjadi aspek yang bisa dijumpai, ketika makan gudeg Jogja. Namun, tidak ada salahnya ketika menggantinya dengan bagian ceker ayam dan tentunya bisa memberikan cita rasa berbeda. 

Bagi yang tertarik dengan ceker bisa langsung datang ke Gudeg Ceker Seturan, Selain itu, rasanya yang tidak terlalu manis sangat pas berpadu dengan sambal krecek pedas. Kemudian, ceker ayamnya juga lembut dan mudah di makan. 

  • Lokasi : Jalan Affandi, Nomor 30, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

  • Harga : mulai dari Rp8.000,00

Pilih salah satu warung gudeg jogja yang dekat yang dengan lokasi penginapan Anda!