Cara Membuat Kue Nastar Lembut Tanpa Oven

Mudahcair - Kue nastar merupakan salah satu kue kering yang menjadi favorit banyak orang saat hari raya atau lebaran. Tentu tidak heran lagi jika banyak orang yang mencari resep dan cara membuat kue nastar terbaik agar mereka bisa membuatnya secara langsung dirumah.

Cara Membuat Kue Nastar Lembut Tanpa Oven
Cara Membuat Kue Nastar Lembut Tanpa Oven (Foto : Getyimages)


Nastar sendiri merupakan kue kering yang identik dengan rasa manis dan asam yang dihasilkan selai nanas. Dan pada umumnya kue nastar sendiri adalah berbentuk bulat, tapi banyak juga orang yang membuat kue nastar dengan berbagai karakter bentuk.


Biasanya nastar adalah kue yang wajib ada saat lebaran, pada umumnya kue nastar yang berisi selai nanas ini dibuat menggunakan oven tapi jika kamu tidak mempunyai oven maka kamu bisa menggunakan cara membuat kue nastar lembut tanpa oven dengan teflon atau sejenisnya. 


Cara Membuat Kue Nastar Lembut Tanpa Oven

Ternyata kue yang di incar banyak orang ini tidak sulit untuk dibuat, jika bahan dan takaran yang digunakan sesuai maka hasil yang didapat juga akan sesuai dengan ekspektasi kita 


Berikut beberapa resep dan cara membuat kue nastar lembut tanpa oven. Supaya kamu tidak salah dalam proses membuat kue kering ini, ikutilah langkah dan resep berikut ini.


1. Cara membuat kue nastar lembut tanpa oven


Bahan untuk selai nanas: 


  • ½ sendok teh bubuk kayu manis

  • 300 gram gula pasir

  • 1 buah nanas sebesar 400 gram 

  • Nanas yang digunakan adalah nanas yang sudah matang atau tua. 


Bahan untuk kulit nastar :


  • 25 gram susu bubuk 

  • 250 gram butter

  • 1 sendok makan gula halus

  •  1 buah butir telur 

  • 450 gram tepung terigu protein sedang


Cara untuk membuat selai nanas :

 

  1. Pertama parut lah nanas dan di blender tanpa menggunakan air, jika tekstur nanas sudah menjadi halus maka masak lah nanas tersebut dengan mencampurkan bubuk kayu manis di dalamnya.

  2. Kemudian jika nanas sudah mulai panas, masukkan gula pasir kedalam nya dan aduklah hingga semua bahan tadi tercampur dengan rata. 

  3. Setelah tekstur nanas tadi mulai mengering, maka tunggulah hingga selai nanas tadi menjadi dingin kemudian buat lah bentuk bulat bulat seukuran ½ sendok makan.


Cara membuat nastar tanpa oven :


  1. Pertama tama adalah dengan mencampurkan mentega dan juga gula halus lalu aduklah sampai menjadi lembut dan kemudian masukkan kuning telur. Kemudian masukan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai takaran tepung yg sudah di tentukan habis, dan sambil diaduk hingga tercampur rata, lalu adoni sampai adonan rata dan juga lembut.

  2. Kemudian bentuklah adonan menjadi bentuk bulat bulat kecil dan isi adonan dengan selai nanas di tengahnya. Lalu siapkanlah loyang bulat yang sudah dilapisi dengan kertas roti.

  3. Olesi bagian atas adonan dengan kuning telur yang sudah dicampur dengan sedikit minyak goreng, lalu susun semua adonan diatas loyang yang sudah dilapisi kertas roti tadi.

  4. Posisi wajan atau teflon yang digunakan tidak boleh langsung berada diatas api, alasi dulu dengan seng lalu letakkan teflon diatas seng tersebut. Selama masa pemanggangan Nastar tutuplah wajan atau teflon dan biarkan selama 15 sampai 20 menit, gunakan api yang kecil supaya adonan nastar tidak mudah gosong dan keras.



2. Cara membuat kue nastar lembut tanpa oven lainnya


Bahan untuk kulit nastar : 


  • 2 butir kuning telur 

  • 70 gram tepung maizena

  • 1 sachet susu bubuk 

  • 70 gram gula halus 

  • 240 gram mentega 

  • 300 gram tepung terigu

  • Sedikit garam 


Bahan untuk selai nanas : 


8 sendok makan gula pasir 

3 buah cengkeh

½ kilogram nanas parut 

1 cm kayu manis 

sedikit garam


Bahan untuk olesan : 


- pewarna makanan warna kuning 

- 1 butir kuning telur 

- 1 sendok makan air matang 


Cara pembuatannya:


Cara membuat selai nanas:


  1. Masukkan bahan bahan untuk selai yaitu nanas parut, kayu manis, cengkeh dan sedikit garam.

  2. Panaskan dulu dengan api yang kecil sampai air menghasilkan uap, lalu masukkan gula pasir dan aduk aduk sampai merata.

  3. Tunggu air hingga mengering dan selai berwarna sedikit kecoklatan lalu angkat dan bentuk bulat bulat kecil kemudian masukan kedalam kulkas. 


Cara membuat kulit nastar:

  1. Pertama tama masukan mentega dan gula halus, aduk sampai berubah menjadi warna putih dengan menggunakan whisk atau kocokan telur. Kemudian masukan telur satu persatu dan aduk kembali hingga merata.

  2. Masukan terlebih dulu tepung terigu dan tepung maizena yang sudah diayak kemudian masukan susu bubuk dan sedikit garam, aduk hingga adonan merata.

  3. Ambil adonan satu sendok makan yang peres dibagi dua dan buat menjadi bentuk bulatan lalu di isi dengan selai nanas, ulangi sampai adonan habis. Kemudian olesi bagian atas nastar dengan menggunakan bahan olesan. 

  4. Olesi loyang dengan mentega, letakkan nastar diatas loyang lalu panaskan dulu kukusan tanpa menggunakan air. Panggang nastar menggunakan api kecil selama 5 menit dan olesi lagi bagian atas nya dengan menggunakan bahan olesan, kemudian masukan lagi nastar ke dalam kukusan dan tunggu sekitar 20 sampai 30 menit.


Tips Membuat Kue Nastar Lembut Tanpa Oven


  1. Gunakan nanas yang diparut bukan yang diblender karena nanas yang diblender akan menghasilkan banyak dan ketika dipanggang maka selai nanas tadi bocor dari kulit nastar sehingga menyebabkan gosong.

  2. Jangan gunakan selai nanas botolan Karena pada umumnya selai nanas botolan banyak mengandung air 

  3. Takaran adonan jangan ditambah dengan tepung walaupun sedikit lebih lembek, Karena saat dipanggang akan membuat adonan menjadi keras. 

  4. Tips untuk membuat nastar tanpa oven adalah dengan membuat adonan lebih tipis dari adonan nastar menggunakan oven. Karna adonan yang dibuat tipis akan membuat adonan nastar lebih cepat matang.

  5. Yang terpenting adalah dengan menggunakan api kecil saat memanggang supaya tidak gosong pada bagian bawah adonan dan pada teflon atau wajan.

  6. Saat memanggang adonan kue nastar, kamu harus menunggu kurang lebih 20 sampai 30 menit. Jika bagian atas sudah mengering dan mengeras maka oleskan sedikit dengan bahan olesan yang sudah disiapkan agar adonan kembali basah.


Penutup


Itulah beberapa cara membuat kue nastar lembut tanpa oven yang bisa Kamu coba di dapur. Untuk membuatnya tentu membutuhkan kesabaran, supaya nastar yang dibuat bisa benar-benar lembut dan enak. Semoga artikel ini dapat membantu.