Rekomendasi Jajanan di Pasar Lama Tangerang yang Wajib Dicoba

Mudahcair - Pasar Lama Tangerang merupakan salah satu ikon dari Kota Tangerang yang belum lama ini sempat viral. Pasar Lama Tangerang telah ditata ulang kembali oleh Pemkot Tangerang karena terdapat beberapa polemik praktik pungli yang terungkap di sana. Pasar Lama Tangerang saat ini menjadi pusat wisata kuliner wisatawan. 


Nah uniknya, Pasar Lama Tangerang sangat erat kaitannya dengan keberadaan masyarakat Tionghoa di Tangerang yang disebut sebagai Cina Benteng. Hal ini diawali dengan pelayaran Laksamana Cheng Ho yang merupakan seorang penelajah dari China yang melewati Tanah Jawa. Cheng Ho mengutus anak buahnya Tjen Tjie Lung untuk mendarat di Teluk Naga yang jadi bagian dari Tangerang saat ini. Nah, rombongan Tjen Tjie Lung tinggal di daerah sana hingga berkembang semakin banyak dan ikut bercampur dengan masyarakat asli di sana.


Rekomendasi Jajanan di Pasar Lama Tangerang yang Wajib Dicoba
Oleh karena itu, di kawasan Pasar Lama Tangerang terdapat bangunan tua khas Tionghoa yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan selama berkunjung ke Pasar Lama Tangerang.


Pasar Lama Tangerang tepatnya terletak di Jalan Kisamaun, Sukasari, Kota Tangerang. Tempat ini mulai buka pada pukul 16.00 WIB dan bisa dikunjungi setiap hari. 


Untuk menuju ke Pasar  Lama Tangerang, bisa dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti KRL Commuter Line. Jarak dari Pasar Tangerang dan Stasiun Tangerang sekitar 600 meter dengan durasi berjalan kaki sekitar 10 menit.

Di Pasar Lama Tangerang terdapat berbagai macam makanan yang bisa Sobat cicipi, lho. Lalu, apa saja jajanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pasar Lama Tangerang? Nah, berikut ini beberapa rekomendasi jajanan yang bisa Sobat cicipi saat berkunjung ke Pasar Lama Tangerang.


  1. Bubur Ayam Ko Iyo

Bubur ayam ini salah satu makanan legendaris yang ada di Pasar Lama Tangerang, lho. Bubur ini sudah ada sejak 1966 dan masih tetap eksis hingga sekarang. Walaupun, masih berjualan di tenda kaki lima, bubur ayam Ko Iyo ini sangat diminati karena rasanya yang enak dan gurih. Di dalam bubur terdapat beberapa campuran daging ayam dan cakwe, serta Sobat dapat menambahkan lauk lain seperti telur, sawi asin, ati ampela dan lainnya.


  1. Bakmi Kepiting Hokie

Makanan ini menghidangkan menu mie kepiting dengan tambahan kuah yang sangat gurih. Bakmi ini menyediakan potongan kepiting yang lembut dan manis dengan kaldu kepiting yang menambah cita rasa dari makanan tersebut. 


Harga dari Bakmi Kepiting Hokie mulai dari Rp. 20.000 saja lho, Sobat.




  1. Laksa Benteng

Hampir semua pernah mencicipi makanan ini, namun Laksa Benteng ini berbeda dengan laksa lain yang biasa ditemukan di Jakarta atau Singapura. Jika di Singapura menggunakan bahan dari bihun atau mie kuning, Laksa Benteng ini menggunakan bahan yang terbuat dari beras dengan kuah gurih dan ditambahkan daun kucai yang menambah cita rasa dari Laksa Benteng ini.


  1. Ayam Bakar Taliwang Ayu

Ayam Bakar Taliwang merupakan salah satu jajanan yang paling populer di Pasar Lama Tangerang, lho.  Ayam ini dilumuri oleh bumbu khas Lombok yang sangat menggugah selera, karena cita rasanya yang pedas manis dan gurih membuat orang yang memakannya ketagihan. Ayam Bakar Taliwang Ayu bisa menjual 500 ekor per harinya. 


  1. Sate Ayam H. Ishak

Sate Ayam H. Ishak merupakan salah satu makanan legendaris yang ada di Pasar Lama Tangerang, pasalnya sate ini sudah berdiri sejak 1954 dengan resep yang digunakan turun temurun. Sate ini memiliki tekstur yang lembut dengan tingkat kematangan yang pas dan bumbu kacang yang cukup banyak, sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyukainya.


  1. Serabi Hijau

Jika Sobat seorang pecinta makanan manis, jangan lupa untuk mencicipi serabi hijau yang ada di Pasar Lama Tangerang. Serabi hijau merupakan jajanan tradisional yang sudah ada sejak lama dan tidak mengurangi rasa keasliannya. Serabi ini bisa berwarna hijau, karena berasal dari air perasan daun pandan sehingga membuat harum dan memiliki rasa yang khas. Untuk saus serabi hijau terdapat dua yaitu pandan dan saus durian dengan harga mulai dari Rp. 15.000 saja lho, Sobat!


  1. Korean Fish Cake

Korean fish cake merupakan makanan khas korea yang saat ini sedang digemari oleh kalangan masyarakat karena rasanya yang sangat gurih dan manis. Korean fish cake disajikan dengan kuah bening kecoklatan yang berasal dari rebusan kaldu ikan. Korean fish cake disajikan selagi panas dan dilengkapi dengan daun bawang untuk memberikan rasa harun serta menambah cita rasa yang ada.


  1. Kedai Es Bu Tin

Kedai Es Bu Tin merupakan salah satu makanan legendaris yang ada di Pasar Lama Tangerang, lho. Es ini memang cukup sederhana, namun terasa sangat segar sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi setelah mencicipi makanan lain di kawasan Pasar Lama Tangerang. 


Menu andalan dari kedai es ini adalah es putsal atau es putri salju. Es ini diserut dan ditambahkan dengan sirup sehingga membuat menjadi manis dan segar. Tidak hanya itu, es ini juga dapat ditambahkan dengan topping lainnya yang dapat menambah cita rasa dan semakin menarik.



  1. Telur Gulung

Telur gulung di Pasar Lama Tangerang berbeda dengan telur gulung yang dijual di tempat lain. Telur gulung ini tidak hanya telur polos, biasanya ditambahkan dengan bumbu seperti bubuk cabe, keju, jagung bakar dengan porsi yang sangat mengenyangkan.



  1. Es Podeng Nenek

Pada umumnya, es podeng menggunakan kacang tanah. Namun, es podeng Nenek ini menggunakan kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang tanah yang dilengkapi meses. Es podeng Nenek juga tidak menggunakan kelapa. Jajanan ini dihargai Rp. 15.000 per porsinya.


  1. Pancake Souffle

Pancake souffle sempat viral di sosial media salah satunya TikTok, karena pancake ini memiliki tekstur yang lembut atau fluffy seperti awan. Resep ini mengikuti negara Jepang yang merupakan tempat makanan ini berasal. 


Untuk satu porsinya, berisi dua pancake yang dihargai Rp.15.000. Adapun, rasanya yang beraneka ragam, salah satunya cream cheese, tiramisu,dan coklat.


  1. Bakso Bakar Jumbo

Bakso bakar jumbo yang berada di Pasar Lama Tangerang disajikan dengan mayones dan sambal. Memiliki rasa yang kenyal dan gurih karena dibakar, sehingga menambah kelezatan saat dimakan. Untuk menikmati bakso berukuran jumbo ini, Sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000 saja lho.


  1. Es Kuwut

Masih jarang sekali orang mengetahui jajanan ini. Es kuwut merupakan minuman segar yang berasal dari Bali. Es Kuwut terbuat dari campuran biji selasih, sirup, serta ekstrak jeruk nipis.


Untuk satu gelas es kuwut dihargai Rp. 10.000 dan dapat memilih 1 dari 11 rasa sirup yang disediakan.



Nah, itu dia rekomendasi jajanan yang bisa dicoba di kawasan Pasar Lama Tangerang. Begitu banyak jajanan yang ada di Pasar Lama Tangerang sehingga bingung untuk memilihnya ya.