Nepal Van Java, Destinasi Wisata Menawan Penuh Warna di Magelang

Mudahcair Nepal Van Java Desa di desa Butuh menjadi salah satu tempat wisata baru dan hits di Magelang Jawa Tengah. Tempat ini terkenal dan sedang naik daun karena pesona keindahannya. Merupakan tempat healing yang pas buat menguraikan kepenatan sehari-hari.


Dengan sajian panorama epic layaknya di negara Nepal, pengunjung yang datang akan dihipnotis oleh keindahannya saat berkunjung ke tempat ini. Menawarkan panorama alam dengan bangunan tersusun rapi menaiki lereng gunung Sumbing membuatkan sangat istimewa.

Ditambah lagi udara yang sejuk dengan view alam yang menakjubkan di tempat ini membuat orang menyukainya untuk mencari hiburan. Mendapatkan kembali energi baru yang dapat meningkatkan performa setelah kembali ke rutinitas.

Segala Hal Yang Wajib Diketahui Mengenai Nepal Van Java Magelang

Menjelajahi wisata Indonesia memang tiada habisnya, karena setiap hari terus muncul tempat baru yang menawarkan keindahan yang mengagumkan. Kalau Anda sedang bingung hendak kemana saat liburan tiba, maka tidak ada salahnya menyegarkan tubuh dan pikiran dengan nongkrong di cafe maupun resto yang ada di sekitaran desa Butuh sembari menikmati keindahannya.

Destinasi wisata Nepal Van Java sedang naik daun dan menarik minat wisatawan yang datang dari berbagai penjuru. Baik penduduk sekitar maupun dari luar kota yang sengaja datang secara khusus karena tertarik dengan pesonanya.

Destinasi wisata ini memang mengalami perkembangan yang cukup pesat untuk menarik minat pelancong. Nah kalau Anda berminat datang untuk berkunjung ke destinasi ini, alangkah baiknya membaca beberapa hal dibawah ini:

Harga Tiket Masuk 

Ketika Anda mempunyai keinginan untuk menikmati keindahan desa unik di Magelang ini, Anda tidak perlu takut merogoh kocek dalam-dalam. Karena harga tiket masuknya cukup terjangkau, bahkan tergolong murah.

Sungguh sebanding dengan pemandangan indah yang akan Anda nikmati, suasana yang tidak mudah ditemukan di tempat lain. Untuk menikmati keindahan alam dan mengambil gambar cantik dari Nepal Van Java Magelang ini  maka hanya perlu membayar seharga Rp.8000/orang.

Bagi keluarga yang ingin liburan bersama dengan harga yang murah meriah dapat memutuskan mengunjungi tempat ini di akhir pekan. Karena tidak hanya berlibur menikmati pemandangan saja, namun juga dapat menikmati kuliner khas Magelang.

Rincian biaya yang mungkin Anda perlukan saat berkunjung kesana adalah sebagai berikut:

  • Tiket masuk: Rp 8.000

  • Parkir sepeda motor: Rp 3.000

  • Parkir mobil: Rp 10.000

  • Keliling naik ojek: Rp 10.000 sampai dengan Rp 30.000 sesuai dengan jarak pengantaran. 

  • Teras Nepal: Rp 2.000

Anda dapat mengintip Informasi lebih lanjut mengenai harga tiket masuk ke destinasi wisata yang satu ini dan sebagainya dapat dipantau dari akun Instagram @nepal_van_java. Ketika Anda sudah merasa lelah mengelilingi tempat ini maka dapat beristirahat di kedai-kedai yang menawarkan pemandangan indah 360 derajat. Dusun Butuh ini juga menjadi salah satu jalur pendakian Gunung Sumbing.

Apabila ingin mendaki Gunung Sumbing melalui  Dusun Butuh ini, maka para pendaki akan dikenakan harga tiket sebesar Rp 15.000. Disini juga tersedia tarif fasilitas basecamp dan parkir sebesar Rp 10.000. Cukup terjangkau untuk semua kalangan yang ingin menikmati liburan yang menyenangkan.

Alamat dan Rute Lokasi 

Destinasi Nepal Van Java sangat dapat diandalkan sebagai  tempat refreshing dari penatnya kesibukan sehari-hari dengan pesona alam terbaiknya. Anda dapat merasakan sensasi kehidupan yang tenang, aman damai dan penuh energi.

Dengan menjelajahi semua spot menarik yang ditawarkan, juga fasilitas menarik di desa wisata butuh Magelang ini dijamin pikiran akan terasa fresh. Karena tempatnya yang sudah terkenal dengan akses jalan yang mudah maka dijamin Anda tidak akan kerepotan saat berkunjung kesana.

Anda dapat berkunjung kesana dengan santai menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Lokasinya sendiri adalah beralamat di Butuh, Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Kalau bingung Anda akan menemukannya dengan bantuan Google Map.

Perlu diketahui bahwa lokasi tempat ini masih satu kecamatan dengan Silancur Highland yang terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Untuk menuju kesana terdapat dua rute yang dapat dipilih oleh pengunjung, yaitu melalui Yogyakarta dan Semarang.

Ketika Anda berkunjung dari Yogyakarta, maka dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sementara jika datang dari Semarang melalui jalan tol, perlu 2,5 jam perjalanan. Setelah memasuki Kota Magelang, dapat mengikuti jalur menuju Pasar Kaliangkrik sekitar 12 kilometer dari pusat kota.

Setelah itu dari Pasar Kaliangkrik ikuti terus jalur tersebut sampai di Sekolah Dasar Desa Temanggung. Lanjutkan dengan mengambil jalur kanan, lalu naik sekitar 6 kilometer ke arah basecamp Gunung Sumbing via Desa Butuh.

Lokasi dari destinasi wisata seperti di Nepal ini sendiri berada sekitar 400-500 meter sebelum basecamp Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik. Anda tidak akan merasa kesulitan saat menemukannya, dengan bertanya kepada penduduk sekitar sekalipun.

Jam Buka 

Untuk berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini tidak perlu terikat setiap waktu. Karena selain buk selama 24 jam juga buka setiap hari. Anda dapat menikmati akhir pekan yang menyenangkan dengan berwisata mengunjungi ragam destinasi wisata alam Magelang yang luar biasa.

Fasilitas Umum

Ketika Anda ingin berwisata di sini selain dapat menikmati semua hal menarik, Anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang memudahkan urusan Anda dengan nyaman seperti berikut ini:

  • Area parkir kendaraan wisata cukup luas dan besar.

  • Warung wisata dengan kuliner yang menggoyang lidah.

  • Camping dan outbond area untuk yang senang bermalam dan bermain dengan alam.

  • Cafe sekitar yang asyik buat nongkrong.

  • Homestay Di Nepal Van Java.

  • Spot foto instagenic dan view yang menawan.

Fasilitas yang cukup lengkap di atas akan memanjakan perjalanan liburan Anda saat berkunjung ke sana.

Tips Berkunjung

Karena Nepal van Java ini posisinya berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Maka pengunjung harus waspada dan ekstra hati-hati ketika berkendara ke arah sana. Berikut ini adalah berbagai tips saat berkunjung ke Nepal van Java:

  1. Pastikan Kendaraan Kuat Menanjak

Karena jalanan disini didominasi dengan tanjakan, pastikan kendaraan yang digunakan kuat menanjak dengan baik. Ketika Anda tidak merasa yakin dengan kendaraan atau skill Anda, maka dapat memanfaatkan jasa ojek wisata yang siap mengantarkan Anda.

  1. Waspadai Rem Blong

Di tempat ini tanjakan dan turunan sudah seperti pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Itulah sebabnya Anda harus memastikan rem kendaraan berfungsi dengan baik, karena jalannya membuat rem kendaraan rawan blong.

  1. Datang saat Cuaca Cerah

Karena tempat ini mempunyai latar belakang berupa pemandangan Gunung Sumbing yang mempesona. Maka akan terlihat sangat cantik sempurna saat cuaca cerah, dimana kombinasi langit biru, hijau Gunung Sumbing, dan perumahan penduduk akan tampak begitu menyatu.

  1. Berkunjung di Pagi Hari

Datanglah saat waktu masih pagi, karena cuaca pagi hari biasanya cerah sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. Hasil foto yang Anda buat juga akan sempurna

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda pelajari sebelum berkunjung ke Nepal Van Java yang menawan ini. Sebelum liburan jangan lupa jaga kesehatan agar saat perjalanan tidak ada hambatan. Semoga penjelasan di atas mampu menarik minat Anda dan keluarga untuk datang. Selamat liburan.