Berkunjung ke Simpang Lima Gumul Kediri, Seperti ke Arc de Triomphe Paris!

Mudahcair - Ketika Anda berkunjung ke daerah Jawa timur dan ingin menikmati wisata berbeda maka dapat berkunjung ke Simpang Lima Gumul Kediri. Karena tempat ini sudah menjadi ikon khas Kota Kediri yang keberadaannya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitarnya.

Tempat ini menawarkan suasana seperti di luar negeri karena memiliki monumen yang sangat menarik di pusat Kediri. Dengan desain yang sangat indah dan instagramable untuk mengambil foto, maka tidak heran kalau menjadi tempat favorit masyarakat yang datang berkunjung.

Berbagai Hal Menarik Tentang Simpang Lima Gumul Kediri

Ketika Anda berkunjung ke Jawa Timur khususnya ke Kediri, jangan lupa untuk mampir ke sini. Karena selain menikmati pemandangan yang cukup menarik, Anda juga dapat menikmati kuliner khas daerah yang tidak ditemukan di tempat lain. Beberapa hal menarik yang dapat Anda temukan di tempat ini adalah sebagai berikut:

  1. Suasana Arc de Triomphe Paris

Tugu Simpang Lima Gumul Kediri ini adalah sebuah monumen raksasa yang memiliki bentuk mirip dengan Arc de Triomphe yang berada di Paris. Monumen yang mempunyai ketinggian 25 meter ini memiliki luas bangunan sekitar 804 meter persegi.

Sementara luas wilayah tempat berdirinya monumen ini seluas 37 hektar, sehingga pengunjung akan leluasa. Pada monumen ini terdapat 6 lantai dengan 3 tangga yang masing-masing memiliki ukuran setinggi 3 meter dari lantai dasar.

Rupanya luas dan tinggi dari bangunan Simpang Lima Gumul ini terinspirasi dengan hari jadi kota Kediri, yaitu tanggal 25 Maret 804 Masehi. Sehingga bukan sekedar dibuat tinggi saja namun penuh dengan makna yang berkaitan dengan kota Kediri.

  1. Arca Ganesha

Saat sampai di Simpang Lima Gumul Kediri Anda akan disambut oleh dua arca Ganesha. Karnea memang pada bagian depan bangunan monumen ini, terdapat dua buah patung atau arca Ganesha yang sengaja dipasang untuk menyambut kedatangan pengunjung.

Ganesha dipilih karena merupakan sosok dewa umat Hindu yang dikenal sebagai dewa dengan pengetahuan dan kecerdasannya. Selain itu Ganesha juga menjadi dewa kebijaksanaan, dewa pelindung, dan dewa penolak bala.

Itulah sebabnya peletakan patung Ganesha ini bukan tanpa alasan yang baik, karena dengan adanya patung ini maka terciptalah harapan. Dimana diharapkan masyarakat Kediri akan menjadi orang dengan pribadi yang bijak, giat, dan cerdas seperti Ganesha.

  1. Sejarah Simpang Lima Gumul

Monumen ini awalnya dibangun pada tahun 2003 oleh Bupati Kediri yang menjabat di masa itu, yakni Sutrisno. Bangunan monumen ini menghabiskan biaya yang cukup fantastis, yakni Rp 300 miliar.

Bahkan untuk membangun monumen ini membutuhkan waktu selama 5 tahun lamanya. Sehingga akhirnya pada tahun 2008, baru dapat terselesaikan dan diresmikan oleh Sutrisno. Ide untuk membangun monumen ini terinspirasi dari ide Jongko Joyoboyo, raja Kerajaan Kediri pada abad ke-12.

Di masa lalu Jongko Jojoboyo mempunyai cita-cita untuk membuat sebuah monumen yang dapat menyatukan daerah-daerah di Kediri dan menjadikannya sebagai pusat perdagangan. cita-citanya yang belum tercapai tersebut berhasil diwujudkan oleh Bupati Kediri Sutrisno.

Monumen ini terletak di tengah-tengah pusat pertemuan lima jalan utama yang menghubungkan lima daerah di Kediri. Beberapa daerah tersebut adalah Kota Kediri, Pagu, Pare, Pesantren, dan Plosoklaten.

  1. Berbagai Hal Yang Bisa Dinikmati Wisatawan

Sekarang tempat ini sudah menjadi destinasi wisata yang sangat populer bagi para wisatawan yang datang ke Kediri. Buktinya sebagian besar pengunjung yang datang ke monumen ini ingin menikmati pemandangan sambil berfoto-foto.

Hal ini disebabkan karena tampilannya ini mirip dengan Arc de Triomphe, sehingga pengujung tak ingin melewatkan untuk berfoto dengan latar bangunan. Oleh karena itu gambar simpang lima gumul kediri jatim image mudah ditemukan di Google maupun media sosial.

  1. Spot Asyik Untuk Jogging

Namun tidak hanya berfoto dan menikmati pemandangan saja, Anda juga dapat melakukan olahraga jogging di kawasan ini. Apalagi disini terdapat taman yang sangat asri,  sehingga sangat cocok untuk berolahraga bersama keluarga.

Kebanyakan orang di daerah ini jogging di sore hari sambil menikmati pemandangan indah matahari terbenam. Karena pemandangan yang terlihat sangat cantik dengan latar bangunan Simpang Lima yang menawan.

Lokasi dan Rute 

Lokasi dan rute dari Simpang Lima Gumul Kediri ini cukup mudah untuk ditemukan. Monumen yang berada di Tugurejo, Kecamatan Ngasem ini cukup terkenal sehingga mudah ketika bertanya kepada penduduk sekitar.

Ketika Anda datang dari arah alun-alun kota Kediri, maka dapat langsung menuju ke arah Ngasem. Dari sini jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar kurang dari 1 km saja.  Ketika berkunjung tanpa kendaraan pribadi maka Anda dapat naik bus kota agar hemat biaya.

Dari Terminal Kediri, Anda dapat langsung memilih untuk naik bus yang menuju ke arah kota Malang atau Surabaya. Karena dua jurusan bus ini pasti akan melewati simpang lima Gumul sehingga Anda dapat berhenti tepat di samping atau di depan monumen ikonik kota Kediri tersebut.

Fasilitas di Simpang Lima Gumul

Anda tidak perlu khawatir saat berkunjung ke simpang lima Gumul karena fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Di setiap sudut terdapat toilet yang dapat digunakan oleh umum, selain itu juga berbagai fasilitas lainnya seperti:

  • Tempat untuk parkir yang cukup luas.

  • Warung-warung yang menjajakan kuliner khas Kediri.

  • Taman yang asri dan cantik untuk bersantai.

  • Spot foto yang instagramable untuk upload di media sosial.

Demikianlah beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati bersama keluarga atau teman saat berkunjung ke monumen ini.

Tiket Masuk dan Jam Buka 

Agar Anda dapat menikmati suasana dan pemandangan di Simpang Lima, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya. Karena destinasi wisata kebanggaan orang Jawa Timur ini gratis alias tidak mengutip tiket masuk Simpang Lima Gumul Kediri.

Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja saat membawa kendaraan sendiri. Namun tarifnya juga sangat murah, karena biaya parkir kendaraan roda dua hanya di kisaran Rp5.000 dan biaya parkir kendaraan roda empat sekitar Rp10.000 saja.

Disini juga tidak ada batasan waktu kapan buka dan tutupnya, karena terbuka selama 24 jam lamanya. Sehingga Anda dapat berkunjung kapan saja sesuka hati, namun agar lebih menyenangkan Anda dapat mengikuti tips berikut.

Berkunjung pada waktu sore atau malam hari adalah pilihan yang sangat tepat. Karena pesona terbaik dari destinasi wisata ini adalah pada waktu tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan pemandangan yang indah di tempat ini dengan kamera yang bagus. Dan jaga pula kebersihan fasilitas yang ada di destinasi wisata ini demi kelestarian bangunannya.

Kesimpulan

Untuk menikmati Simpang Lima Gumul Kediri, Anda tidak perlu membayar dan menghabiskan biaya yang mahal. Karena memiliki akses yang mudah dari segala arah sehingga dapat dijangkau dengan naik bus kota. Jagalah kebersihan dan datang waktu sore dan malam hari untuk mendapatkan spot terbaik.