Urutan Skincare Pagi untuk Hadapi Hari

Mudahcair - Urutan skincare merupakan salah satu rutinitas perawatan wajah yang tidak boleh terlewatkan, walaupun demikian urutan dalam menggunakan Skincare atau produk perawatan wajah ternyata memiliki aturan sendiri. Urutan skincare pada pagi hari dan malam hari ternyata berbeda dan memiliki fungsinya masing masing. 

Urutan Skincare Pagi untuk Hadapi Hari



Supaya bisa menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan awet muda, maka urutan dalam penggunaan skincare yang benar harus kamu perhatikan supaya tidak sampai salah dalam penggunaan skincare baik pagi maupun malam hari. 


Bagi para pemula yang memakai skincare pasti akan bingung yang mana akan dipakai terlebih dahulu apakah seperti pelembab dahulu atau sunscreen terlebih dulu, disini akan menjelaskan dan memberikan panduan lengkap tentang urutan urutan Skincare yang dipakai pada pagi hari.


Urutan Skincare Pagi


Urutan skincare pagi hari yang benar, menggunakan skincare memang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, terdapat juga hal yang lebih penting yaitu menerapkan urutan skincare yang tepat karena jika menggunakan skincare dengan urutan yang salah akan mengakibatkan produk yang terserap kedalam kulit tidak optimal sehingga fungsi dari produk yang masuk ke kulit wajah tidak efisien dan inilah urutan skincare pagi hari yang tepat untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. 


Oleh karena itu, kamu wajib untuk mengetahui mana yang harus digunakan terlebih dahulu pelembab atau sunscreen, serum atau toner duluan? Serum atau essence yang pertama, ya? Kamu harus mengetahui urutan yang benar agar menjaga kulit wajah kamu tetap sehat dan terlindungi dengan pemakaian urutan skincare yang terakhir.


1. Pembersih wajah 

Supaya bahan bahan yang terkandung dalam skincare dapat menyerap maka wajah perlu dibersihkan terlebih dulu menggunakan facial wash atau cleanser. Fungsinya yaitu untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah yang diproduksi selama kita tidur dimalam hari serta debu dan kotoran kamar atau bantal yang menempel, pastikan juga kamu sudah memilih pembersih wajah yang sesuai dengan kulit wajah kamu. 


Jika kulit wajah kamu merupakan kulit yang sensitif, kamu bisa menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol, parfum hingga pewarna. Dan jika kulit wajah kamu merupakan kulit yang kering atau normal maka kamu bisa memilih pembersih wajah yang berbahan dasar minyak, jika kulit kamu merupakan kulit yang mudah berminyak maka disarankan untuk memilih pembersih wajah yang berbentuk seperti gel.


2. Toner 

Toner merupakan jenis skincare dengan konsistensi seperti air yang sangat berfungsi untuk menghidrasi kulit dan memastikan kulit benar benar bersih dari segala kotoran serta sel sel kulit mati yang masih menempel pada pori pori setelah dibersihkan dengan facial wash. Toner sendiri dipercaya penting untuk mempersiapkan kulit dapat menerima produk skincare berikutnya. 


Banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan saat akan memakai toner seperti menuangkannya pada kapas muka terlebih dahulu lalu diusapkan ke wajah atau dituangkan ke telapak tangan secara langsung lalu ditepuk pada kulit wajah secara perlahan dan merata. Dengan cara apapun kamu memakai toner, pastikan dulu wajah kamu dalam keadaan sedikit lembab untuk memberikan kelembaban pada kulit. 


3. Essence 

Produk ini umumnya berbahan dasar air dan fungsi essence pada skincare adalah untuk memberikan kelembaban kulit wajah, meningkatkan kesehatan kulit serta dapat melindungi skin barrier. Cara pemakaiannya kamu bisa menuangkan essence secukupnya ke telapak tangan kemudian tap tap kan pada wajah secara pelan hingga benar benar diserap oleh pori pori kulit sebelum kamu akan melanjutkan skincare selanjutnya. 


4. Serum 

Jika kamu sudah sampai di step ini, skincare ini akan bersifat opsional karena ditujukan untuk memberikan nutrisi ekstra pada kulit. Serum sendiri memiliki sangat banyak jenis  nama produk dan fungsi yang berbeda dari setiap produk mulai dari serum pencerah wajah, serum untuk anti angin serta serum untuk khusus jerawat. Jika kamu menggunakan serum maka pastikan dulu toner yang sudah kamu pakai meresap pada kulit . 


5. Pelembab 

Pelembab merupakan salah satu step skincare yang sangat penting dan tidak boleh kamu lewatkan karena hingga saat ini masih banyak pengguna skincare yang mengira tipe kulit berminyak tidak perlu menggunakan pelembab. Padahal pada dasarnya semua tipe kulit sangat membutuhkan pelembab untuk menjaga skin barrier kulit agar tetap kuat dan tidak kering atau terjadi produksi minyak yang berlebih. 


Pelembab wajah sendiri berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit wajah agar tetap terlihat sehat, lembut, kenyal dan supaya makeup yang digunakan dapat menempel dengan sempurna. Pastikan juga kamu mengaplikasikan pelembab wajah setelah kamu memakai serum dan serum yang digunakan sudah rata terserap pada kulit. 


6. Skincare 

Banyak sekali berbagai skincare dengan ragam kandungan didalamnya termasuk anti angin sekalipun akan sia sia dan tidak akan berfungsi jika kamu tidak menggunakan sunscreen sebagai step skincare terakhir. Pasalnya, sinar UV yang terpancar dari matahari merupakan faktor utama penyebab kulit mengalami berbagai masalah, kulit menjadi kering, iritasi, warna kulit tidak merata, muncul jerawat serat dapat mengakibatkan penuaan dini. Itulah sebabnya mengapa kamu harus menggunakan sunscreen setiap hari bahkan setiap kamu akan melakukan aktivitas baik di dalam ruangan maupun diluar ruangan apalagi indeks UV di Indonesia berada pada tingkat risiko yang tinggi bahkan terbilang sangat tinggi. 


Jika kamu bertanya mengapa sunscreen yang harus digunakan di akhir, perlu diingat bahwa esensi dari menggunakan sunscreen adalah dapat memberikan perlindungan bagi kulit dari dampak buruk sinar UV. Jadi, perlindungan ini akan sia sia atau tidak akan maksimal jika tidak digunakan pada lapisan terluar dalam menggunakan rangkaian produk skincare lainnya.  



Sunscreen dulu atau primer makeup terlebih dulu? Mari kita bahas. 


Primer makeup adalah bagian yang termasuk dalam makeup itu sendiri dan pada umumnya primer makeup tidak dapat memberikan nutrisi pada kulit wajah seperti skincare. Maka dari itu kamu bisa menggunakan primer makeup setelah menggunakan sunscreen. Sering kali banyak pengguna skincare akan mengalami piling atau gumpalan yaitu produk skincare atau yang menggumpal sehingga tidak dapat menempel sempurna pada kulit wajah 


 Kesimpulan


Itulah urutan skincare di pagi hari yang cocok kamu aplikasikan sebelum memulai aktivitas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat