Menilik Spesifikasi Redmi 10, Apakah masih Layak Dibeli?

Sampai saat ini, Redmi 10 menjadi produk Xiaomi yang menjanjikan untuk dimiliki. Spesifikasinya juga cukup tinggi dengan harga terjangkau.

Meski sudah dirilis sejak hampir 2 tahun yang lalu, Xiaomi Redmi 10 nyatanya masih menjadi incaran banyak orang hingga sekarang. Bahkan, seri ini kembali dimunculkan pada tahun 2022 lalu dengan mengusung beberapa perubahan.

Menilik Spesifikasi Redmi 10, Apakah masih Layak Dibeli?

Salah satu alasan yang membuat seri ini masih tetap diminati adalah karena spesifikasinya yang mampu bersaing dengan seri-seri terbaru. Terlebih, harga jualnya juga relatif murah, yaitu hanya sekitar 2 jutaan saja.

Untuk variannya sendiri juga cukup beragam, mulai dari versi standar sampai dengan versi  Redmi 10 5G. Jika kamu juga berminat dengan smartphone ini, mari simak ulasan lengkap tentang ponsel ini di artikel berikut!

Spesifikasi Lengkap Redmi 10

Seperti HP Xiaomi lainnya, seri ke-10 dari varian Redmi ini datang dengan spesifikasi di atas rata-rata pesaing di level harga yang sama. Berikut adalah spesifikasi lengkapnya dari beberapa aspek:

1. Layar Full HD yang Jernih

Mengusung layar sebesar 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 pixels), tampilan layar Redmi 10 begitu jernih dan mampu menghasilkan gambar secara tajam sehingga kamu bisa melihat foto atau video dengan puas.

Saat sedang scroll Instagram atau media sosial lainnya, gerakan yang dihasilkan juga akan terlihat smooth berkat refresh rates tinggi mencapai 90 Hz. Meski panel yang digunakan belum AMOLED (masih IPS), tetapi hasilnya sudah sangat nyaman dilihat.

Untuk urusan pelindung layar, kamu tidak perlu khawatir karena layarnya sudah dilindungi oleh corning gorilla glass 3 yang kokoh. Dengan begitu, layar akan tetap aman dari goresan atau benturan dengan benda tumpul.

2. Performa Dapur Pacu Kencang

Hadir dengan chipset Mediatek Helio G88 (12nm), performa HP ini terasa begitu gegas saat menjalankan sejumlah game seperti Mobile Legend dan PUBG Mobile. Jika kamu suka bermain game, HP ini akan terasa memuaskan saat digunakan.

Dari kapasitas ROM dan RAM, seri ini menawarkan beberapa pilihan. Kamu bisa memilih beberapa varian, yaitu 4/64 GB, 4/128 GB, atau varian terbesar Redmi 10 6 GB/128 GB. 

Dari kapasitas tersebut, kamu tentu saja bisa menyimpan lebih banyak aplikasi.

Proses berpindah-pindah aplikasi juga akan terasa lancar dengan kapasitas RAM besar sehingga pengalaman penggunaannya akan memuaskan para penggunanya. Urusan menyimpan file-file multimedia juga bisa lebih lega karena kapasitasnya cukup lega.

3. Kapasitas Baterai Besar

Saat digunakan, Redmi 10 diklaim bisa bertahan seharian berkat kapasitas baterainya yang besar, yaitu mencapai 5.000 mAh. Baterai tersebut juga sudah mendukung proses fast charging 18  

Meski begitu, daya tahan tersebut hanya jika digunakan untuk kebutuhan normal seperti berkirim pesan, sesekali melihat media sosial, atau hal-hal ringan lainnya. Daya akan lebih cepat habis jika digunakan untuk bermain game atau streaming video.

Redmi 10 spesifikasi baterai ini berlaku di semua varian, mulai dari 10 standar hingga 10 S. Apalagi untuk kebutuhan saat ini, rasanya kapasitas sebesar 5.000 mAh harus menjadi standar minimal kapasitas baterai di smartphone.

4. Kamera Berkualitas hingga 50 MP

Redmi 10 mengusung empat buah kamera di belakang yang terdiri dari 50 MP (wide camera), 8 MP (ultra wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth). Kombinasi dari keempat lensa kamera tersebut mampu menghasilkan foto bokeh yang cantik.

Tak kalah dari sisi belakang, di bagian depan terdapat lensa kamera 8 MP yang cukup jernih saat digunakan untuk selfie atau video call. Kamu juga bisa melakukan streaming di media sosial dengan kualitas yang cukup baik.

Untuk peletakan kameranya sendiri terbilang simpel, yaitu di sebelah kiri atas pada sisi belakangnya. Sementara untuk kamera depan masih mengusung model punch hole di bagian tengah atas layar utama yang terasa pas. 

5. Fitur

Tidak hanya dari sektor mesin saja yang membuat HP ini sangat menarik untuk dimiliki. Bagian fitur juga semakin melengkapi kesempurnaan  Redmi 10 di mata pengguna. Hal itu dimulai dengan sudah digunakannya port USB type-C.

Selain itu, ada juga fingerprint, yang diletakkan di bagian samping dan menyatu dengan tombol power. Posisi tersebut sejatinya memudahkan kita pada saat ingin membuka kunci layar, terutama untuk ukuran tangan sedang hingga besar.

Baik di versi standar ataukah Redmi 10 Pro, fitur-fitur di atas bisa ditemukan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa merasakan fitur-fitur tersebut nantinya. 

6. Versi OS dan MIUI

Pada kondisi baru, Redmi 10 hadir dengan membawa OS Android 11 sebagai OS utamanya. Sementara untuk tampilan antarmukanya menggunakan MIUI versi 12.5 yang mana versi tersebut masih bisa diupgrade ke versi terbaru, yaitu MIUI 14.

Dengan OS terbaru, HP ini akan kompatibel dengan berbagai aplikasi yang ada saat ini sehingga tidak akan kesulitan saat ingin menggunakan aplikasi tertentu. Terlebih, fitur-fitur Android atau MIUI terbaru juga bisa digunakan.

Berapa Harga Baru Redmi 10?

Redmi 10 harga yang ditawarkan masih akan bervariasi sesuai dengan kapasitas RAM dan juga ROM yang dibawanya. Saat ini, Xiaomi menyediakan beberapa varian HP dengan varian RAM 4GB dan 6GB. 

Sementara ruang penyimpanannya mulai dari 64GB sampai dengan 128GB. Jadi, untuk harga dari smartphone ini adalah sebagai berikut:

  • Xiaomi Redmi 10 4/64GB dihargai sekitar Rp 1.625.000

  • Xiaomi Redmi 10 6/128GB dihargai sekitar Rp 1.999.000

Harga tersebut tentu sudah sangat murah, apalagi jika dibandingkan dengan merek lain yang memiliki spesifikasi serupa.

Kelebihan Redmi 10 

Meski Xiaomi 11 sudah rilis, tetapi seri kesepuluhnya ini masih tetap layak dibeli karena memiliki sejumlah kelebihan, diantaranya:

  • Memiliki tampilan layar yang sudah Full HD+ sehingga objek gambar di dalamnya akan terlihat jelas dan detail

  • Kapasitas baterai besar mencapai 5.000 mAh meskipun kapasitas ini sudah sangat umum

  • Proses pengisian baterai cukup cepat karena sudah mendukung pengisian daya 18W.

Kekurangan Redmi 10

Bagi kamu yang ingin membeli HP ini, perlu juga memperhatikan beberapa kekurangan yang dimilikinya. Adapun kekurangan pada HP Xiaomi versi ini adalah sebagai berikut:

  • Panel LCD masih menggunakan IPS dan bukan AMOLED

  • Versi standar belum bisa mengakses jaringan 5G

  • Meski sudah memiliki fitur fast charging, nyatanya proses pengisian baterai di HP ini masih lama

  • Belum ada fitur Gyro-EIS yang bisa membuat perekaman video jauh lebih menarik.

Penutup

Dari pembahasan yang sudah dilakukan di atas, dapat kita simpulkan bahwa ponsel ini masih sangat layak untuk dibeli. Terlebih, spesifikasi yang dibawanya masih bisa bersaing dengan HP merek lain yang memiliki spesifikasi serupa.

Setelah membaca seluruh informasi terkait Redmi 10 harga dan spesifikasi di atas, kita jadi lebih objektif dalam menilai salah satu produk dari Xiaomi ini. 

Jika kamu mencari smartphone dengan spesifikasi tinggi tetapi dihargai cukup murah, maka Redmi 10 adalah pilihan yang layak diperhitungkan. Semoga rekomendasi handphone dari mudahcair bisa bermanfaat untuk Anda.