APKPure, Situs Download Aplikasi Android Lengkap dan Gratis

Selain Play Store, kita juga bisa download aplikasi melalui situs APKPure. Selain aman, situs ini juga cukup lengkap koleksi aplikasinya.

Selain Play Store, APKPure adalah salah satu situs download aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh para pengguna Android. Bahkan, tak sedikit yang lebih suka menggunakan situs ini ketimbang Google Play Store.

Selain lengkap, masih ada banyak alasan lain yang membuat situs ini dirasa lebih baik dari Play Store. Salah satunya adalah ketersediaan aplikasi terlarang seperti aplikasi Mod dari pihak ketiga yang tidak akan bisa kamu temukan di Play Store.

Lantas, apa yang membuat situs ini berbeda dengan Google Play Store? Untuk tahu jawabannya, mari simak bersama pembahasannya di bawah ini!

Apa itu APKPure?

APKPure, Situs Download Aplikasi Android Lengkap dan Gratis

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, APKPure merupakan salah satu alternatif pengganti Play Store sebagai tempat download aplikasi. Selain bisa diakses melalui sebuah situs, platform ini juga hadir dalam bentuk aplikasi. 

Aplikasi yang disediakan platform ini tidak hanya versi terbarunya saja, APKPure “download Apk juga menyediakan aplikasi versi lama. Inilah alasan kenapa banyak pengguna Android lebih suka mencari aplikasi melalui platform satu ini.

Terkadang, adanya update pada aplikasi membuat smartphone kita tidak lagi kompatibel menggunakan aplikasi tersebut. Maka dari itu, cara agar tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut adalah dengan menginstal versi sebelumnya.

Cara download aplikasi melalui APKPure tergolong mudah. Bahkan, kamu bisa melakukan dari browser di PC. Nantinya, aplikasi yang berhasil diunduh tidak langsung terinstal di Android, tetapi berupa file APK yang harus diinstal secara manual.

Fitur-Fitur di dalam Situs APKPure

Sebagai salah satu penyedia aplikasi Android yang terbilang lengkap, platform ini tentu saja memiliki sejumlah fitur menarik. Adapun fitur-fitur yang bisa kamu gunakan di situs ini antara lain sebagai berikut:

1. Aplikasi Lengkap

Jika platform ini dikatakan sebagai one of the best Apk sites, maka anggapan tersebut tidaklah salah. Pasalnya, situs ini memang benar-benar lengkap dari segi perbendaharaan aplikasinya. 

Bahkan, aplikasi yang tidak bisa kamu temukan di Play Store karena aturan regional atau aspek legalitasnya, bisa ditemukan di sini. Aplikasi seperti GB Whatsapp atau sejenisnya akan sangat mudah ditemukan di situs ini.

2. Kecepatan Download Tinggi

Sama seperti di Play Store, proses download di situs ini terbilang cepat karena menggunakan dedicated server sebagai layanan penyimpanan filenya. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengunduh banyak aplikasi di sini.

Selain bisa dilakukan melalui smartphone, kita juga bisa mengunduh aplikasi menggunakan APKPure download for PC. Cukup kunjungi situsnya menggunakan browser, lalu cari aplikasi yang ingin diunduh.

3. Terdapat Aplikasi Lama

Jika kita mengunduh aplikasi di Play Store, maka aplikasi yang tersedia hanyalah versi terbarunya saja. Sementara di APKPure, kamu bisa mengunduh versi lama dari aplikasi tersebut. Hal ini penting untuk pengguna yang memakai Android versi lama.

Jika kita tidak suka dengan update dari sebuah aplikasi, menggunakan versi lamanya juga bisa menjadi solusi yang tepat. Maka dari itu, mengunduhnya dari situs ini akan lebih tepat dibanding menggunakan Google Play Store.

4. Proses Download Mudah

Meski harus diinstal secara manual, tetapi proses pengunduhan di situs ini terbilang cukup mudah. Kita hanya perlu mencari aplikasi yang dingin diunduh menggunakan APKPure search di bagian atas, lalu klik tombol Unduh.

Nantinya, file yang sudah berhasil di download hanya perlu dijalankan dan proses instalasi akan berjalan dengan sendirinya. Jika kamu menggunakan PC, maka file tersebut perlu dipindahkan terlebih dahulu ke smartphone.

5. Penyedia Aplikasi Tidak Resmi

Berbagai aplikasi tak resmi yang dilarang beredar di Play Store bisa kamu dapatkan di sini. Jadi, kita tak perlu lagi mencarinya aplikasi semacam itu di situs-situs pihak ketiga yang kurang jelas keamanannya.

Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan menemukan aplikasi seperti GB Whatsapp, APKPure games Mod, dan berbagai aplikasi tak resmi lain yang sering digunakan oleh para pengguna Android di luar sana.

Cara Download di APKPure

Jika dibandingkan dengan Play Store, proses download di situs ini memang sedikit berbeda. Jika di Play Store, aplikasi yang sudah selesai di download akan otomatis terinstal. Sedangkan di sini, file masih mentah dan harus diinstal secara manual.

Untuk mengunduh aplikasi atau game dari situs ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, silakan kunjungi situs APKPure.com menggunakan browser di PC atau smartphone

  • Jika halaman situs sudah terbuka, cari aplikasi yang akan kamu unduh (contoh: Whatsapp) di kolom pencarian bagian atas

  • Jika hasilnya sudah muncul, langsung saja klik “Download”

  • Tunggu sampai aplikasi berhasil tersimpan

  • Selesai

File yang sudah didownload biasanya akan berada di folder “Download” dalam aplikasi File Manager. Kamu bisa mencarinya terlebih dahulu sebelum menginstalnya.

Cara Install Aplikasi dari APKPure

File yang berhasil diunduh sebelumnya masih berupa master file dan belum bisa digunakan. Untuk menginstalnya, silahkan ikuti beberapa langkah berikut:

  • Aktifkan pengaturan Sumber Tidak Dikenal pada Android. Caranya, buka Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Privasi dan Keamanan > Aktifkan Izin Sumber Tidak Dikenal

  • Jika sudah, jalankan file yang sudah kamu download tadi

  • Klik “Install”

  • Tunggu sampai proses instalasi selesai berjalan

  • Jika sudah, aplikasi sudah bisa kamu gunakan

  • Selesai

Frequently Asked Question (FAQ)

Meski sudah banyak digunakan, namun masih ada pihak yang belum tahu tentang platform satu ini. Adapun pertanyaan yang sering dilontarkan antara lain:

Apakah situs APKPure aman digunakan?

Sejauh ini, situs ini tergolong aman digunakan dan tidak menimbulkan ancaman bagi para penggunanya. Hal itu juga sudah dikonfirmasi oleh perusahaan keamanan siber global.

Apakah semua aplikasi di APKPure bisa diunduh secara gratis?

Sebagian besar aplikasi di platform ini bisa diunduh secara gratis. Akan tetapi, beberapa game atau aplikasi berbayar mungkin tidak tersedia di sini.

Apakah semua aplikasi di Play Store ada di APKPure ini?

Ya, hampir semua game dan aplikasi yang ada di Play Store tersedia juga di situs ini dari versi terbaru sampai versi yang sudah lama. Meski begitu, beberapa aplikasi berbayar mungkin tidak tersedia. 

Apakah APKPure memiliki virus?

Situs ini tergolong aman dari berbagai malware atau virus yang dapat menyerang Android. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengunduh aplikasi di sini, baik menggunakan smartphone ataupun menggunakan PC.

Kamu bisa dengan bebas mengunduh aplikasi dengan instan dan mudah. Mempelajari banyak aplikasi menarik entah itu aplikasi yang bersifat mengedukasi maupun menghibur.

Penutup

Sebagai situs penyedia aplikasi untuk Android, situs ini sudah tergolong sangat lengkap. Banyak aplikasi yang tidak ada di Play Store justru tersedia di situs ini sehingga wajar jika banyak orang suka mengunduhnya di sini ketimbang di Play Store.

Selain itu, proses downloadnya juga bisa dilakukan dari mana saja, baik itu di smartphone maupun di PC. Jika kamu tidak menemukan aplikasi tertentu di Play Store, bisa jadi APKPure justru menyediakannya.