Doa Qunut Subuh: Artinya, Tata Cara dan Keutamaannya

Bacaan doa qunut subuh dan artinya, serta tata cara baca doa qunut saat sholat subuh. Ketahui juga keutamaan doa qunut berikut ini!

Membaca doa qunut subuh merupakan amalan sunnah yang dianjurkan ketika menunaikan ibadah shalat subuh. Umumnya, bacaan doa ini diamalkan oleh umat muslim yang bermazhab Imam Syafi’i dan Maliki.

Meskipun demikian, menunaikan shalat subuh tanpa membaca doa qunut tidak akan membatalkan shalat. Namun, jika kamu ingin membacanya, maka akan lebih baik karena bisa mendapat manfaat dan keutamaannya.

Berikut rangkuman tentang doa qunut, tata cara, bacaan doanya dan keutamaannya yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Sekilas tentang Doa Qunut

Doa Qunut Subuh: Artinya, Tata Cara dan Keutamaannya


Doa qunut adalah bacaan doa ketika sholat dengan posisi berdiri setelah ruku pada rakaat terakhir. Dalam Islam, doa ini dikenal ada tiga macam doa yang terdiri dari qunut subuh, qunut witir, dan doa qunut nazilah.

Doa qunut subuh adalah bacaan doa yang diamalkan saat melaksanakan sholat subuh, baik sholat subuh berjamaah maupun sendiri. Doa ini dibaca saat berdiri dari ruku setelah membaca doa i'tidal di rakaat terakhir.

Bagi sebagian umat Islam, ada yang membaca doa qunut pada saat sholat subuh. Namun, ada pula yang tidak membacanya saat menjalankan ibadah sholat subuh. Lalu, apa hukum membaca doa qunut sholat subuh?

Hukum doa qunut subuh menurut Madzhab Imam Maliki dan Syafi’i adalah sunnah. Sedangkan menurut Imam Nawawi, doa qunut hukumnya adalah sunnah muakkad. Tidak akan membatalkan sholat jika tidak membacanya.

Tata Cara Membaca Doa Qunut Sholat Subuh

Jika ingin mengamalkan doa qunut ketika shalat subuh, ada tata cara membacanya yang harus diketahui. Adapun tata cara membaca doa qunut subuh yang tepat dilansir dari berbagai sumber, yaitu sebagai berikut:

  • Ketika akan membaca doa qunut sholat subuh, tepat saat setelah ruku dan setelah membaca i'tidal posisi berdiri atau sebelum sujud rakaat terakhir

  • Saat sholat berjamaah, imam dianjurkan untuk baca doa qunut dengan suara keras. Sedangkan, makmum cukup mengamini doa yang dibacakan imam

  • Saat sholat berjamaah, Imam dianjurkan untuk baca doa qunut lafal “ihdinî (berilah aku petunjuk)”, bukan “ihdinâ" (berilah kami petunjuk)”

  • Saat baca doa berisikan tentang permohonan (harapan) atau permintaan, maka dianjurkan posisi telapak tangan menghadap ke arah atas

  • Sebaliknya, jika membaca doa berisi menolak bala, maka posisi punggung tangan yang menghadap ke arah atas (membalikkan telapak tangan)

Itulah tata cara baca doa qunut subuh dilakukan setelah baca  i'tidal atau ruku rakaat terakhir yang bisa diamalkan. Jika belum hafal bacaan doanya, maka bisa dihafalkan dahulu. Yuk, pahami bacaan doanya di bawah ini!

Bacaan Doa Qunut Subuh dan Artinya

Perlu diketahui, bahwa bacaan doa qunut salat subuh ada sedikit perbedaan antara doa qunut sholat subuh sendiri dan doa dibacakan Imam saat sholat subuh berjamaah. Berikut bacaan doa qunut yang bisa kamu hafalkan.

1. Doa Qunut Sholat Subuh Sendiri

Adapun doa qunut sholat subuh saat melakukan sholat sendiri di rumah bacaanya bisa kamu hafalkan dan amalkan adalah sebagai berikut:

"Allahummahdini fiman hadait, wa 'afini fiman 'afait, watawallani fiman tawallait, wa barik li fima a'thaita, wa qini syarra ma qadhait, fainnaka taqdhi wala yuqdha 'alaik. Wa innahu la yadzillu man walait. 

Walaa ya izzu man 'adait, tabarakta rabbana wa ta'alaita, fa lakal hamdu ala ma qadhaita, wa astaghfiruka wa atubu ilaih. Wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah 

Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. 

Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. 

Aku mohon ampun kepada-Mu dan taubat kepada-MU. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."

1. Doa Qunut Sholat Subuh Berjamaah

Adapun doa qunut subuh berjamaah yang dibacakan Imam dengan suara keras. Sedangkan, makmum mendengarkan dan mengucapkan amin di akhir setiap doa. Adapun doa qunut sholat berjamaah sebagai berikut. 

"Allahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fiiman aafait, watawallani fiman tawallait, wa baarik lii fiimaa a'thaita. Wa qini syarra maa qodhoit. Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik. Innahu laa yadzillu man walait.

Walaa ya'izzu man 'hadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta'ala. Fa lakal-hamdu 'alaa maa qodhoit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam."

Artinya: "Ya Allah keberadaanlah kami sebagaimana yang telah Anda berikan petunjuk. Berilah kesehatan kepada kami sebagaimana yang telah Anda berikan kesehatan. Peliharalah kami sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi.

Berikanlah berkah kepada kami atas apa yang telah engkau berikan. Selamatkanlah kami dengan kasihmu dari bahaya kejahatan yang telah Engkau berikan. Engkau yang menghukum dan tidak dihukum. Tidak hina orang yang Anda pemimpin.

Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan.Kami memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu. 

Semoga Allah melimpahkan segala rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."

Keutamaan Baca Doa Qunut Shalat Subuh

Jika mengamalkan doa qunut subuh setiap hari, maka akan mendapatkan pahala dan setiap keinginan akan dikabulkan Allah SWT. Adapun manfaat dan keutamaan baca doa qunut setiap kali sholat subuh, di antaranya:

1. Mendapat Petunjuk dari Allah SWT

Keutamaan baca doa qunut saat shalat subuh adalah terhindar dari kesesatan. Senantiasa yang mengamalkan doa ini setiap kali sholat subuh maka akan diberikan petunjuk dan selalu berada dalam jalan kebaikan.

2. Mendapatkan Perlindungan Allah SWT

Dengan mengamalkan bacaan doa qunut subuh yang benar bisa mendapatkan perlindungan dari berbagai hal. Kamu akan diberi keselamatan, serta kehidupan pun akan diberikan penuh keberkahan dan kasih sayang.

3. Meningkatkan Rasa Syukur Nikmat

Membaca doa qunut sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Setiap nikmat dan berkah yang diberikan bisa dirasakan saat diiringi dengan penuh rasa bersyukur kepada Allah SWT.

4. Terhindar dari Penyakit dan Keburukan

Keutamaan membaca doa qunut saat sholat subuh yang paling penting adalah untuk menghindari dari berbagai penyakit. Jika rajin mengamalkannya, maka Allah SWT akan melindungi dan menghindarkan dari kebutuhan.

Penutup

Meskipun beberapa pihak masih ada yang memperdebatkannya, namun membaca doa qunut subuh hukumnya adalah sunnah. Jika dikerjakan mendapatkan pahala, tetapi tidak dikerjakan tidak berdosa. Yuk, amalkan!