Doa sebelum Belajar dan sesudah Belajar Beserta Manfaatnya

Bacaan doa sebelum belajar dan sesudah belajar latin beserta artinya. Apa manfaat membaca doa akan belajar? Ketahui juga adab belajar.

Setiap akan menjalankan aktivitas, agama mengajarkan untuk membaca doa agar diberi kelancaran. Begitupun saat akan menuntut ilmu atau belajar! Lalu, seperti apa bacaan doa sebelum belajar dan sesudah belajar?

Belajar merupakan aktivitas mencari ilmu bermanfaat yang dilakukan semua orang tanpa terbatas usia, termasuk para siswa. Sebab, kegiatan belajar juga bisa disebut sebagai ibadah yang disenangi oleh Allah SWT.

Agar kegiatan belajar menjadi berkah, maka sebelum memulai belajar membaca doa terlebih dahulu. Ada beberapa doa belajar yang bisa kamu hafalkan, baik sebelum atau sesudah belajar. Berikut informasi selengkapnya.

Hukum Belajar dalam Islam

Doa sebelum Belajar dan sesudah Belajar Beserta Manfaatnya

Menuntut ilmu merupakan kewajiban setiap orang. Sebab, ilmu dapat menjauhkan dari kebodohan. Dengan ilmu, seseorang bisa mengetahui berbagai perkara. Orang berilmu, memiliki kedudukan mulia di sisi Allah SWT.

Hukum belajar atau menuntut ilmu adalah wajib. Hal ini sebagaimana tertera dalam Al-Quran dan Hadist. Dengan berilmu, seseorang bisa menjadi cerdas. Belajar juga dianggap jadi ibadah dengan nilai pahala yang tinggi.

Rasulullah SAW pernah bersabda tentang pentingnya belajar, yaitu:

“Barangsiapa yang pergi menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah (penegak agama Allah) hingga sampai ia kembali pulang.” (HR Tirmidzi)

Jadi, bahwa belajar ataupun menuntut ilmu tidak mengenal waktu, tempat, dan usia selama masih diberi kemampuan. Namun, perlu diingat! Biasakan baca doa sebelum belajar agar diberikan kelancaran dan keberkahan.

Manfaat Baca Doa sebelum Belajar

Siapa sangka, selain bisa mendatangkan berkah. Membaca doa sebelum memulai belajar bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan fisik dan mental. Berdoa bisa membuat perasaan diri menjadi lebih baik dan tenang.

Tidak hanya itu, jika kamu membaca doa sebelum belajar maka bisa mendapatkan beragam manfaat lainnya yang tidak kalah berguna. Berikut ulasannya.

1. Ilmu yang Didapat jadi Berkah

Menuntut ilmu karena Allah SWT tentunya akan lebih berkah karena mengawalinya dengan niat dan doa. Ilmu yang kamu dapatkan bisa bermanfaat bagi orang lain jika mengamalkannya dengan hati yang penuh keikhlasan.

Galilah ilmu setinggi langit selama masih diberikan waktu oleh Allah. Belajar dari berbagai sumber ilmu seperti buku pelajaran, makalah, hingga membaca artikel di internet. 

2. Percaya Diri dan Ikhlas

Ketika membaca doa sebelum aktivitas belajar berlangsung, maka akan membuat diri lebih percaya diri. Selama proses pembelajaran pun akan dijalani dengan ikhlas sehingga kamu akan lebih mudah dalam menyerap ilmu.

3. Dilindungi dari setiap Hambatan

Membaca doa sebelum belajar di sekolah maupun tempat pendidikan lainnya dapat mendatangkan keberkahan dan perlindungan dari setiap hambatan. Proses belajar pun jadi lancar dan terhindar dari masalah di dalamnya.

Jadi, sebelum melakukan aktivitas belajar. Jangan lupa selalu mengamalkan doa ya! Dengan doa, kamu akan diberikan kelancaran dan kemudahan dalam prosesnya. Ilmu yang diperoleh pun lebih berkah dan bermanfaat.

Bacaan Doa sebelum Belajar dan Artinya

Sebelum mengikuti proses belajar di sekolah ataupun menuntut ilmu di tempat lain, jangan lupa membaca doa! Jika belum hafal bacaan doanya, maka bisa hafalkan bacaan doa mau belajar dan artinya di bawah ini.

1. Doa sebelum Belajar Pertama

Bacaan doa ini biasanya banyak mengucapkannya ketika akan memulai belajar di sekolah. Para murid secara serentak membacakan doa ini. Adapun bacaan doa ini disebutkan dalam Surat Taha bab 20 ayat 114, yaitu:

"Rodhitu billahi robba, wabil islaami diina, wabi-muhammadin nabiyya warosula. Robbi zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa."

Artinya: "Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

2. Doa sebelum Belajar Kedua

Bacaan doa sebelum belajar agar mudah mengingat bisa hafalkan doa pendek ini. Meskipun pendek, namun doa ini memiliki makna yang penting bagi kelancaran saat belajar di sekolah. Berikut bacaan latin doanya

"Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin."

Artinya: “Ya Allah, tambahkan aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”

3. Doa sebelum Belajar Ketiga

Bacaan doa lain sebelum belajar ini bisa kamu amalkan tiap akan memulai aktivitas mencari ilmu. Dengan membaca doa ini, senantiasa ilmu yang diperoleh bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Berikut bacaannya.

"Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin."

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku. Berikanlah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu kepadaku. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.”

Bacaan Doa sesudah Belajar dan Artinya

Setelah baca doa sebelum belajar agar mendapat kemudahan setiap prosesnya, lalu ketika selesai belajar bacalah doa sesudah belajar. Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Yuk, simak bacaan doanya!

1. Doa sesudah Belajar Pertama

Setelah selesai belajar, maka hendaklah membaca doa terlebih dahulu. Bacalah doa ini dalam hati dengan penuh keikhlasan agar mendapat ridho-Nya. Adapun bacaan doa setelah selesai belajar adalah sebagai berikut:

"Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tiba'ah. Wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tina bahu."

Artinya: "Ya Allah, tunjukkan pada kami kebenaran sehingga bisa mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya."

2. Doa sesudah Belajar Kedua

Jika membaca doa sebelum belajar hukumnya wajib, maka sama dengan membaca doa sesudah belajar. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur dan nikmat atas ilmu yang telah diperoleh saat belajar. Berikut bacaan doanya.

"Allahumma innis tauda'tuka maa qoro'tuhu wa maa hafidzhtuhu wa maa fahimtuhu fardudhu ilayya 'inda haajatii ilaih."

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepadaMu yang telah membacanya, apa yang telah menghafalnya dan apa yang telah memahaminya. Maka kembalikan padaku bila sewaktu-waktu aku membutuhkannya.”

Adab Menuntut Ilmu dalam Islam

Islam sangat menekankan umatnya untuk selalu memiliki adab sebelum melakukan sesuai, termasuk saat akan belajar. Berikut beberapa adab menuntut ilmu dalam Islam yang harus kamu ikuti, yaitu di antaranya:

1. Niat karena Allah Ta’ala

Selalu niat dalam hati untuk belajar atau menuntut ilmu karena Allah SWT. Dengan mendahulukan segala sesuai dengan niat, Insya Allah apa yang dikerjakan berjalan lancar dan diberi kemudahan tanpa ada hambatan.

2. Belajar dengan Kesungguhan

Saat menuntut ilmu, maka lakukan dengan sungguh-sungguh. Ketika ilmu semakin digali, maka semakin bermanfaat bagi diri dan kehidupan orang lain. Jadi, jangan malas untuk menuntut ilmu sebagai bekal diri nanti.

3. Jangan Sombong

Adab menuntut ilmu yang harus selalu tertanam dalam diri adalah jangan sombong. Bersikap rendah hati jadi cara tepat untuk membuat ilmu terus bermanfaat. Selain itu, jangan pelit untuk berbagi ilmu dengan orang lain.

Penutup

Menuntut ilmu memang tidak ada batasan, baik usia maupun tempat. Setiap orang bisa mendapat ilmu sebanyak-banyaknya. Namun sebelum memulai, jangan lupa membaca doa sebelum belajar agar menjadi berkah.