Doa Naik Kendaraan agar Selamat sampai Tujuan

Bacaan doa naik kendaraan darat, laut, dan udara serta keutamaannya. Diketahui pula hadis doa berkendara dan sunnah naik kendaraan berikut.

Ketika hendak bepergian menggunakan kendaraan baik darat, laut maupun udara, maka dianjurkan untuk membaca doa naik kendaraan. Tujuannya agar perjalanan lancar dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Membaca doa sebelum berkendara ataupun menaiki kendaraan adalah kunci agar selalu diberikan keselamatan. Ada beberapa bacaan doa yang bisa kamu hafalkan dan amalkan agar senantiasa selamat sampai tujuan.

Doa Naik Kendaraan agar Selamat sampai Tujuan

Lantas, bagaimana bacaan doa naik kendaraan darat, laut, maupun udara? Apa saja keutamaan membaca doa sebelum naik kendaraan? Berikut informasi lengkapnya yang penting untuk kamu ketahui. Yuk, simak!

Hadis Doa Menaiki Kendaraan

Dalam hadis menjelaskan terdapat doa-doa yang bisa diamalkan dalam keseharian, salah satunya yakni doa menaiki kendaraan. Apalagi saat ini, kendaraan menjadi kebutuhan setiap orang saat hendak bepergian.

Jarang sekali menemukan orang bepergian berjalan kaki, kecuali jarak dekat. Maka dari itu, agar dalam berkendara selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT, Baca doa mau bepergian naik kendaraan sangat dianjurkan.

Terdapat hadis tentang berkendara dan perjalanan yang artinya:

“Tiga waktu doa diijabah tidak diragukan yaitu: Doa orang terzalimi, doa musafir, dan doa orang tua pada anaknya.” (HR. Ahmad, 12:479; Ibnu Majah, no. 3862. Tirmidzi, no. 1905; Syaikh Al-Albani menghasankan hadits ini).

Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum menggunakan kendaraan melafalkan doa dalam hati terlebih dahulu. Memohon agar diberi keselamatan oleh Allah SWT dan selamat sampai tempat tujuan tanpa ada hambatan apapun.

Keutamaan Doa hendak Naik Kendaraan 

Sebelum membahas tentang doa hendak menaiki kendaraan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu keutaman membaca doa ini. Mengapa umat muslim dianjurkan baca doa mau naik kendaraan? Berikut informasi untukmu.

1. Dapat Perlindungan Allah SWT

Jika ingin mendapat perlindungan dari Allah SWT selama perjalanan berkendara, maka bacalah doa terlebih dahulu. Doa ini bisa memberikan manfaat, segala urusan selama perjalanan akan dimudahkan oleh Allah SWT.

2. Mendapatkan Banyak Pahala

Ingin mendapatkan pahala ketika hendak bepergian, maka baca doa sebelum pergi atau naik kendaraan. Hal ini karena doa juga disebut sebagai ibadah, jika diamalkan setiap hari maka akan mendapat pahala melimpah.

3. Mendapat Pertolongan Allah SWT

Jika membaca doa naik kendaraan dan bepergian, maka bisa mencegah terjadinya hal buruk selama perjalanan. Doa ini bisa memberi manfaat ketika terjadi hambatan, maka Allah senantiasa memberikan pertolongan-Nya.

4. Bepergian Terasa lebih Aman

Ketika terbiasa membaca doa sebelum bepergian, hati pun akan terasa lebih aman dan tenang. Kita percaya dan yakin bahwa di setiap perjalanan ada Allah yang akan melindungi dari berbagai hal yang bisa membahayakan.

5. Terhindar dari Gangguan

Jika ingin mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT, maka sudah sepantasnya membaca doa hendak menaiki kendaraan. Dengan doa, perjalanan bisa terhindari dari berbagai gangguan dan halangan.

Bacaan Doa Naik Kendaraan dan Artinya

Ketika hendak bepergian menggunakan kendaraan, tentu ingin selalu mendapatkan keselamatan sampah tujuan. Maka dari itu, penting membaca doa naik kendaraan darat, udara, dan laut. Berikut bacaannya bentuk latin.

1. Doa Kendaraan Darat

Membaca doa saat bepergian dengan kendaraan melalui jalur darat memberikan perlindungan dari segala bahaya. Doa ini bisa kamu amalkan setiap kali bepergian. Doanya pun mudah dihafalkan. Berikut bacaannya.

"Subhanallazi sakharalana haza wama kunna lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun."

Artinya: “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami, tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami kembali kepada Tuhan kami."

Ketika akan membaca doa ini, maka ucapkan basmallah terlebih dahulu. Kemudian baca doa di atas, lanjutkan dengan membaca Alhamdulillah (tiga kali) dan Allahu akbar (tiga kali). Selanjutnya, membaca doa berikut:

“Subhanaka inni zhalamtu nafs faghfirl fa innah la yaghfirudz dzunuba illa anta."

Artinya: “Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku maka ampunilah aku. Sungguh tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau."

2. Doa Kendaraan Laut

Sementara itu, bagi yang ingin berpergian menggunakan moda transportasi laut seperti perahu atau kapal. Kamu bisa membaca doa ingin naik kendaraan di laut berikut ini. Yuk, hafalkan dan amalkan saat naik kapal!

"Bismillahi majreehaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim."

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Dengan membaca doa ini, kamu akan merasa tenang dan aman selama perjalanan laut. Selain itu, kamu juga senantiasa berada dalam lindungan-Nya. Dijauhkan dari segala macam bahaya dan gangguan.

3. Doa Kendaraan Udara

Ketika hendak bepergian dengan pesawat melalui jalur udara, bacaan doanya pun berbeda dengan doa berkendara darat dan udara. Adapun bacaan doa pendek naik kendaraan pesawat yang bisa diamalkan, yakni:

"Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa haadzaa wathwi ‘annaa ba'dahu allahumma antash shohibu fissafari wal khalifatu fil-ahli."

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Sunah-Sunah Naik Kendaraan

Setelah mengetahui bacaan doa naik kendaraan melalui jalur darat, laut dan udara, selanjutnya patuhi sunnah saat naik kendaraan ini. Ada beberapa sunnah yang bisa kamu amalkan selama perjalanan atau bepergian.

Dengan mengikuti sunnah naik kendaraan, tidak hanya mendapatkan pahala. Kamu juga bisa merasakan kenyamanan dan keamanan saat bepergian. Adapun sunnah selama naik kendaraan adalah sebagai berikut:

1. Sunah yang perlu Diteladani

Bagi yang membawa kendaraan pribadi memang membutuhkan konsentrasi tinggi. Sedangkan, bagi penumpang tetap waspada meskipun ada pengemudi. Berikut ada beberapa sunnah yang bisa dikerjakan, di antaranya:

  • Membaca takbir saat tanjakan dan membaca tasbih ketika jalan turunan

  • Jangan terlalu membawa banyak barang yang bisa membebani kendaraan

  • Istirahat jika diperlukan. Jangan memaksakan berkendara saat mengantuk

  • Berkendara dengan santun. Jangan bawa kendaraan ugal-ugalan di jalan

  • Naik kendaraan dengan dahulukan kaki kanan, dan turun dengan kaki kiri

  • Saat turun dari kendaraan, jangan lupa ucapkan hamdalah (Alhamdulillah)

2. Mengikuti Ajaran Rasulullah SAW

Ada beberapa sunnah yang dikerjakan Rasulullah SAW saat di atas kendaraannya. Ada sebuah hadits menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bertakbir 3 kali, hamdalah 3 kali dan tahlil sekali saat menaiki kendaraannya.

Setelah itu, Rasulullah SAW pun menyandarkan punggungnya dan tertawa serta menoleh ke arahnya (Ibnu Abbas) seraya bersabda:

"Tidak sekali-kali seorang muslim mengendarai kendaraannya, melakukan seperti apa yang telah kulakukan, melainkan Allah SWT. Memandang ke arahnya dengan tertawa (penuh rida) sebagaimana aku tertawa kepadamu."

Penutup

Saat akan bepergian dengan mengendarai atau menaiki kendaraan membutuhkan persiapan matang. Salah satunya adalah membaca doa terlebih dahulu, tujuannya agar perjalanan selamat sampai dengan tujuan.

Demikian pembahasan seputar bacaan doa naik kendaraan yang perlu diamalkan agar mendapatkan manfaatnya. Selain itu, ada banyak keutamaan baca doa ketika hendak bepergian dengan kendaraan. Yuk, amalkan!