Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Adab dan Keutamaannya

Bacaan doa bangun tidur dan artinya lengkap dengan adab beserta keutamaannya. Yuk ketahui amalan sunnah setelah bangun tidur berikut ini!

Membaca doa bangun tidur merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat hidup yang diberikan. Doa ini dianjurkan bagi setiap muslim untuk membacanya setelah bangun dari aktivitas tidur.

Meskipun setiap orang memiliki kebiasaan masing-masing saat bangun tidur, namun hendaknya membaca doa terlebih dahulu. Doa setelah bangun tidur adalah salah satu sunnah yang baik jika mengamalkannya.

Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Adab dan Keutamaannya

Tak hanya berdoa, setelah bangun tidur pun ada adab yang sebaiknya dilakukan umat muslim. Adab ini bisa menjadi kebiasaan baik dan merubah kebiasaan buruk setelah bangun tidur. Berikut informasinya.

Abad Bangun Tidur sesuai Sunnah

Sebelum membahas tentang bacaan doa bangun tidur beserta artinya yang harus diamalkan, ketahui dahulu adab bangun tidur sesuai sunnah. Berikut beberapa adab saat bangun tidur yang sebaiknya dilakukan, yaitu:

1. Membaca Doa saat Bangun Tidur

Dalam Islam tidak hanya menganjurkan umatnya untuk baca doa sebelum tidur saja. Membaca doa saat bangun tidur pun juga dianjurkan dalam Islam. Doa ini sebagai bentuk syukur karena sudah dibanhunkan kembali.

2. Mencuci Tangan dan Mengusap Wajah

Setelah bangun dari tidur hendaklah mencuci kedua tangan, lalu mengusap bekas tidur yang ada di wajah menggunakan tangan. Hal ini bertujuan untuk membersihkan wajah dari kotoran bekas tidur yang menempel di wajah.

3. Bersiwak dan Berwudhu

Bersiwak merupakan aktivitas untuk membersihkan gigi dari plak atau karang gigi. Setelah bersiwak, kemudian berwudhu untuk menghilangkan rasa kantuk dan malas. Setelah wudhu, kamu bisa lanjutkan shalat subuh.

Keutamaan Doa setelah Bangun Tidur

Setelah mengetahui adab setelah bangun tidur sesuai sunnah, selanjutnya ketahui keutamaan baca doa bangun tidur. Apa yang akan didapatkan dengan membaca dan mengamalkan doa setiap bangun tidur pagi hari.

Ada beberapa keutamaan dan manfaat dengan mengamalkan doa setelah tidur. Apa saja? Berikut informasinya untuk kamu agar bisa memahaminya.

1. Sebagai Bentuk Syukur

Membaca doa adalah sebagai bentuk syukur terhadap nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Begitu juga baca doa saat bangun tidur pagi hari. Bersyukur masih diberikan kesempatan kembali menjalani aktivitas.

Sebenarnya ada berbagai macam cara mensyukuri nikmat dari Allah, salah satunya dengan doa. Dengan membaca doa setiap bangun tidur akan menjadi kebiasaan yang baik, terutama jika diajarkan pada anak-anak.

2. Bentuk Berserah Diri

Keutamaan membaca doa bangun tidur pagi hari yakni sebagai bentuk berserah diri pada Allah SWT. Sebagai manusia hanya bisa menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah atas takdir yang telah ditetapkan.

Kita harus menyadari sepenuhnya bahwa setiap kematian dan kehidupan adalah kehendak Allah SWT. Kita bisa bangun tidur di pagi hari pun adalah kehendak-Nya, maka berdoa jadi wujud syukur kepada-Nya. 

3. Mengingat Kematian

Setiap manusia pastinya akan dihadapkan pada kematian, bisa terjadi kapanpun ketika Allah SWT berkehendak. Oleh karena itu, membaca doa bangun tidur dan sebelum tidur sebagai cara untuk mengingat kematian.

Seperti diketahui, setiap yang berjiwa akan merasakan mati. Jadi sebelum masa itu tiba, maka hendaklah berbuat kebaikan. Salah satu caranya dengan membaca doa sebelum dan sesudah aktivitas termasuk setelah tidur.

Bacaan Doa Bangun Tidur dan Artinya

Bagi kamu yang sedang mencari atau ingin mengajarkan anak tentang bacaan doa setelah bangun tidur. Berikut terdapat bacaan doanya dalam bahasa arab, latin beserta artinya yang agar bisa kamu pahami dan hafalkan

1. Doa saat Bangun Tidur Pendek

Berikut bacaan doa saat bangun tidur yang bisa kamu hafalkan dan amalkan setiap hari. Bacaan doa ini cukup pendek sehingga memudahkan untuk menghafalkannya. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

الحَمْدُ لِلهِ الًّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

"Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur."

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada Allah kami akan dibangkitkan.”

Doa bangun tidur ini bisa kamu membacanya di pagi hari. Doa Ini bisa menjadi bentuk syukur, serta pembuka amalan untuk menunjukkan bahwa sebagai umat muslim senantiasa selalu mengingat Allah SWT.

2. Doa saat Bangun Tidur Panjang

Ada pula bacaan doa saat bangun tidur pagi hari yang bisa kamu amalkan. Bacaan ini memang cukup panjang, kamu bisa membacanya jika tidak hafal. Adapun bacaan doa setelah bangun tidur sebagai berikut:

للهِ وَالْعُظْمَةُ وَالسُّلْطَانُ ِللهِ وَالْعِزَّةُ وَالْقُدْرَةُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ الْإِسْلَامِ وَعَلَى كَلِمَةِ الْإِخْلَاصِ وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مَحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. أَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحَيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ. أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَبْعَثَنَا فِى هَذَا الْيَوْمِ إِلَى كُلِّ خَيْرٍ وَنَعُوْذُ بِكَ أَنْ نَجْتَرِحَ فِيْهِ سُوْأً أَوْنجْرِهِ إِلَى مُسْلِمٍ أَوْ يُجْرِهِ أَحَدٌ إِلَيْنَا. نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ.

Artinya: "Segala puji bagi Allah, yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada Allah kami kembali. Aku memasuki waktu pagi, sedang kekuasaan hanyalah milik Allah, kemuliaan, dan kekuasaan milik Allah pula.

(Dialah) Tuhan seru sekalian alam. Aku menyongsong pagi hari dengan kesucian Islam, dan dengan kalimat ikhlas (syahadat) serta dengan agama (yang dibawa) Nabi Muhammad SAW. 

Juga dengan agama Bapak kami Ibrahim berserah diri, serta bukanlah kami termasuk golongan orang-orang musyrik. Ya Allah denganMu kami memasuki pagi dan sore, denganMu kami hidup dan mati dan kepadaMu kami kembali. 

Ya Allah kami mohon bangkitkan kami di hari ini pada kebaikan. Dan kami berlindung kepadamu dari mengerjakan kebaikan atau mempekerjakan orang islam pada keburukan dan dipekerjakan orang untuk keburukan. 

Aku meminta kepadaMu kebaikan hari ini dan kebaikan yang ada di dalamnya, serta memohon perlindungan dari kejelekan hari ini, dan kejelekan yang ada di dalamnya."

Amalan Sunnah setelah Bangun Tidur

Setelah mengetahui bacaan doa bangun tidur latin dan artinya, selanjutnya bisa mengamalkan sunnah yang biasa dilakukan Nabi Muhammad SAW. Amalan sunnah ini bisa dilakukan setelah baca doa saat bangun tidur:

  1. Membaca takbir (Allahu Akbar) sebanyak 10 kali

  2. Memuji kepada Allah (Alhamdulillah) sebanyak 10 kali

  3. Membaca tasbih (Subhanallah) sebanyak 10 kali

  4. Membaca tahlil (Lailahaillallah) sebanyak 10 kali

  5. Membaca istigfar (Astagfirullah al adzim) sebanyak 10 kali

Dengan membaca amalan sunnah setelah bangun tidur, kamu akan mendapatkan pahala. Yuk, jangan lupa membaca doa saat bangun tidur dan kerjakan amalannya! Senantiasa jadi bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Penutup

Membaca doa saat bangun tidur adalah sunnah. Jika diamalkan secara rutin, maka berdampak baik bagi kehidupan. Melalui doa, bisa bersyukur kepada Allah SWT masih diberikan kesempatan beraktivitas sehari-hari.

Demikian informasi yang bisa disampaikan terkait dengan doa bangun tidur yang bisa kamu amalkan setiap hari. Selain bisa mendapatkan keutamaan doanya, kamu jadi bagian orang yang selalu bersyukur atas nikmat-Nya.