Mengenal Bacaan Doa Makan serta Manfaatnya untuk Muslim

Membaca doa sebelum dan setelah makan banyak manfaatnya untuk kesehatan,  jasmani maupun rohani. Baca di sini doa makan dan artinya.

Sebelum makan, salah satu yang harus dilakukan adalah membaca doa makan. Berdoa sebelum makan menjadi bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan.

 Tujuan dari berdoa sebelum makan juga untuk menjaga keberkahan makanan yang akan disantap. Berdoa sebelum makan juga cara untuk menghindari agar setan tidak ikut makan bersama kita. Agar lebih jelas, simak artikel berikut ini. 

Bacaan Doa sebelum Makan dan Terjemahannya

Mengenal Bacaan Doa Makan serta Manfaatnya untuk Muslim

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk berdoa sebelum melakukan aktivitas, termasuk makan. Doa makan merupakan cara bersyukur dan juga melindungi diri dari setan. Hal tersebut berdasarkan hadis Aisyah RA berikut:

 “Apabila salah di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala. Jika ia lupa menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaknya ia mengucapkan: 

Bismillaahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).” (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi).

Doa makan merupakan permohonan seseorang agar diberikan anugerah, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, dengan membaca doa sebelum makan, kita tidak hanya mendoakan diri sendiri.

Doa tersebut juga mendoakan orang yang telah berjasa atas apa yang kita makan. Bagaimana bacaan doa sebelum makan? Berikut doa yang bisa kamu baca sebelum makan:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rizkikan kepadaku, dan peliharalah aku dari siksa neraka.”

Selain berdoa, ada beberapa adab saat makan yang perlu kamu ketahui dan pahami.

Adab Makan dan Bacaan Doa selesai Makan

Berikut ini beberapa adab dalam Islam saat makan. Sebagai muslim, penting bagi kamu untuk mengetahui dan mengamalkannya. 

  • Mencuci tangan sebelum makan

  • Makan menggunakan tangan kanan

  • Disunnahkan makan menggunakan tiga jari, yaitu ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah

  • Tidak meniup makanan 

  • Makan dengan posisi duduk

  • Meskipun tidak suka, jangan mencela makanan tersebut

  • Makanlah makanan yang terdekat

  • Tidak membuang-buang makanan.

  • Membaca doa setelah makan

Berikut bacaan doa setelah makan yang bisa dibaca:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.”

Selain itu, ada pula doa setelah makan seperti berikut:

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا هَذَا الطَّعَامَ وَرَزَقَنَا إِيَّاهُ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلَا قُوَّةٍ

Alhamdulillâhilladzî ath‘amanâ hadzat tha‘âma wa razaqanâ iyyâhu min ghairi haulin minnî wa lâ quwwatin

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami makan dengan makanan ini dan telah mengaruniakan kami akan itu makanan dengan tiada daya dan upaya dari kami,”

Kamu bisa memilih doa yang paling mudah menurutmu. 

Selain adab saat makan, ada pula adab setelah makan sebagai berikut:

  • Mengucapkan hamdalah

  • Bersyukur dan berdoa kepada Allah

  • Mencuci tangan

  • Membereskan peralatan dan bekas makanan

  • Tidak langsung tidur, mandi, atau bekerja setelah makan.

Adakah manfaat membaca doa makan?

Manfaat Doa sebelum dan setelah Makan

Seorang ilmuwan asal Jepang, Masaru Emoto telah meneliti tentang manfaat dari membaca doa sebelum makan. 

Berdasarkan hasil penelitiannya yang terdapat dalam karya ilmiahnya dengan judul “The Hidden Message in Water”, menjelaskan makanan dan minuman yang dibacakan doa akan mengalami perubahan molekul secara lebih baik.

Sedangkan pada makanan dan minuman yang tidak dibacakan doa, tidak akan mengalami perubahan pada susunan molekulnya. Susunan molekul inilah yang menurutnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain itu, peneliti tersebut juga mengungkapkan bahwa makanan dan minuman yang telah dibacakan doa akan mempengaruhi perilaku orang menjadi lebih baik. Bagaimana? Banyak sekali manfaat dari membaca doa makan ini bukan?

Selain berdoa, kamu juga harus memakan makanan yang halal sesuai ajaran Islam.

Dalil tentang Makanan dan Minuman Halal

Terdapat beberapa dalil yang membahas tentang makanan dan minuman halal. Sesuatu itu kemungkinan bisa menjadi haram karena mengandung mudharat atau bahaya bagi kehidupan manusia. 

Dalil tentang makanan dan minuman halal adalah sebagai berikut:

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Maidah ayat 88, Allah SWT yang artinya:

Artinya: “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rizkikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS. Al-Maidah: 88)

Selain itu, terdapat pula dalam surat Al- Baqarah ayat 168, yang artinya:  

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; Karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (QS. Al-Baqarah: 168).

Apa saja yang masuk ke dalam kategori makanan halal?

Kategori Makanan Halal

Di dunia ini, ada berbagai jenis makanan yang bisa manusia dapatkan baik dari darat, laut maupun udara. Berikut kategori yang harus dimiliki oleh makanan dan minuman halal:

1. Halal Zatnya

Hal ini maksdunya makanan dan minuman harus terbuat dari bahan yang halal. Makanan tidak mengandung unsur yang diharamkan berdasarkan syariat. Contoh bahan makanan halal seperti nasi, susu, telur, dan lain sebagainya.

2. Halal Cara Mendapatkannya

Cara mendapatkan makanan haruslah halal. Sesuatu yang halal, namun didapatkan dengan cara yang tidak sesuai dengan hukum agama, maka makanan tersebut menjadi haram.

Oleh karena itu, meskipun kamu konsumsi makanan dan minuman yang dibuat dari bahan halal. Namun, kamu mendapatkannya dengan cara mencuri, menipu dan sebagainya, maka makanan tersebut menjadi haram.

3. Halal Proses Pengolahannya

Makanan dan minuman halal harus diperoleh dengan cara yang halal. Proses pengolahan makanan juga harus dilakukan dengan benar. 

Misalnya saja, hewan kambing, ayam, dan sapi jika disembelih dengan cara yang tidak sesuai dengan hukum islam maka makanan tersebut menjadi haram.

Berikut dalil yang menjelaskan tentang makanan dan minuman halal dan haram:

Artinya: “Sesungguhnya Allah mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan hewan yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. 

Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya), sedang tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas.

Maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Baqarah: 173)

Berikut ini yang termasuk ke dalam makanan dan minuman halal yang bisa kamu konsumsi:

  • Semua makanan dan minum yang tidak diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

  • Semua makanan yang tidak memberikan mudharat, tidak membahayakan kesehatan jasmani dan tidak merusak akal, moral, serta aqidah.

  • Makanan dan minuman halal  dari binatang ternak seperti domba, sapi, kambing, dan lain sebagainya. Sedangkan hewan yang hidup di air seperti ikan, cumi-cumi, kepiting, dan lain sebagainya.

  • Belalang dan binatang hasil buruan dari hutan.

Penutup

Dari penjelasan di atas, sudah jelas jika kita harus membaca doa makan, baik doa sebelum maupun setelah makan. Membaca doa tersebut memiliki banyak manfaat, baik untuk jasmani maupun rohani. Selain itu, pilihlah makanan yang halal.