Hasbunallah Wanikmal Wakil Makna, dan Arti

Hasbunallah Wanikmal Wakil merupakan kalimat dzikir Allah yang harus diketahui agar tidak penasaran simak informasinya di bawah ini!

Bacaan Hasbunallah wanikmal wakil saat ini masih banyak tidak diketahui oleh umat Islam. Kalimat ini sebenarnya seringkali menjadi doa dan zikir yang dibacakan, khususnya saat tertimpa musibah atau masalah yang besar.

Hasbunallah Wanikmal Wakil Makna, dan Arti

Sebab saat mempunyai suatu masalah dan buntu maka berusaha memberikannya. Caranya dengan berdoa kepada Allah SWT yang merupakan hal untuk menguatkan batin.

Arti dari Hasbunallah Wanikmal Wakil

Allah SWT merupakan salah satu tempat untuk bisa berserah diri atas segala permasalahan hidup. Bahkan, Allah juga menjadi tempat untuk meminta perlindungan serta pertolongan.

Makna dan arti lafaz ini sebenarnya banyak sekali mengandung penafsiran secara harfiah maupun bahasa. Namun, jika dilihat dari substansi sebagian besar ulama serta teks-teks Islam lainnya telah memberikan arti dan makna yang sama.

Selain kalimat Bahasa Arabnya, ternyata ada beberapa arti lain dari hasbunallah wanikmal ini. Berikut ini adalah penjelasan terkait hasbunallah wanikmal wakil.

1. Arti dalam Bahasa Indonesia

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

(Hasbunallah wanikmal wakil)

Artinya: ”Cukuplah Allah sebagai penolong kami.”

2. Arti dalam Bahasa Inggris

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

(Hasbunallah wanikmal wakil)

Meaning: “Sufficient for us is Allah, and (He is) the best Disposer of affairs.”

Landasan dan Makna Kalimat Hasbunallah 

Apabila dilihat dari arti lafaz ini pada dasarnya mencoba untuk bisa menegaskan bahwa manusia tidak akan pernah dapat menolong dirinya sendiri. Jadi apapun yang menimpa manusia, maka hendaknya memohon perlindungan.

Bahkan, pertolongan hanya kepada Allah SWT melalui hasbunallah wanikmal wakil. Ayat hasbunallah wanikmal wakil ini juga merupakan salah satu potongan dari sebuah ayat dalam Alquran.

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

(Allażīna qāla lahumun-nāsu inna-nāsa qad jama’ụ lakum takhsyauhum fa zādahum īmānaw wa qālụ ḥasbunallāhu wa ni’mal-wakīl)

Artinya: “(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: ‘Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka’.

Maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: ‘Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung’," (QS Ali Imran: 173).

Lafadz ini sebenarnya pernah diucapkan oleh Nabi Ibrahim AS saat ingin dilemparkan ke dalam api. Sebagaimana telah dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW, seperti di bawah ini:

“Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka.

Maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, ‘Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung’,” (HR Bukhari).

Manfaat Mengetahui Arti Kata Hasbunallah 

Apabila dilihat dari sejarahnya, tentunya lafadz dzikir hasbunallah wanikmal wakil ini telah langsung diamalkan oleh para nabi dan orang-orang saleh. 

Bahkan orang yang melafazkan zikir ini setiap waktu, baik itu saat ditimpa musibah atau ketika ditimpa oleh fitnah. Pada dasarnya, memang orang yang sering berzikir dan berdoa busa memberikan efek relaksasi. 

Dimana juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk dapat menurunkan kecemasan kehamilan bagi ibu yang baru pertama kali hamil.

Hal ini bukan hanya terbatas pada satu doa maupun zikir saja. Sebab, kalimat apapun yang nantinya akan mengingatkan terhadap kehadirat Allah SWT, maka akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Hal ini tentunya selain memberi pahala namun juga ada keberkahan. Selain itu, lafaz dan arti dari lafaz Hasbunallah ini berhubungan erat akan nilai-nilai ketauhidan.

Hal ini karena hanya Allah SWT merupakan tempat untuk memohon pertolongan. Sedangkan, manusia adalah sosok makhluk lemah yang tidak memiliki daya upaya.

Ada berbagai macam manfaat jika sering membaca doa dan zikir ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat jika sering mengungkapkan lafaz ini:

1. Bentuk Tawakal kepada Allah SWT

Dikarenakan kalimat ini memiliki kandungan makna tawakal serta ketaqwaan yang begitu dalam. Maka saat seseorang yang bertaqwa sudah bertawakal, apapun hasilnya yang akan diterima dan diserahkan sepenuhnya kepada Allah SWT.

Melalui kalimat ini, seseorang akan menyerahkan segenap jiwa dan raga, segala urusan, beban, bahkan masalahnya kepada Allah SWT. 

Tawakal dan ikhlas tentunya dengan menyerahkan sepenuhnya urusan kepada Allah SWT.Hal ini akan menjadi sebenar-benarnya bentuk seseorang sebagai manusia kepada tuhannya.

2. Solusi atas segala Problematika Hidup

Lafaz dari zikir ini telah menekankan adanya dependensi atau ketergantungan terhadap Allah SWT. Hanya dengan melafazkan zikir ini, maka seseorang akan menggantungkan segalanya hidupnya kepada Allah.

Bahkan, matinya juga hanya kepada Allah SWT, sang pemilik solusi. Ketika seseorang dihimpit berbagai macam permasalahan kehidupan dunia yang begitu menyesakkan.

Atau bisa juga dirundung duka dan derita, dan masalah-masalah yang datang, khususnya adanya kesulitan hidup. Maka orang yang beriman hendaknya mengucapkan kalimat doa serta zikir tersebut.

Apabila merasa terancam dalam suatu hal, maka serahkan saja semuanya kepada Allah SWT. Hal ini karena hanya Allah-lah sebaik-baiknya penolong dan pelindung.

Dzikir ini menjadi salah satu ungkapan permohonan untuk ditolong kepada Allah SWT. Bahkan, juga menjadi bentuk tawakal untuk bisa mengembalikan segala urusan kepada-Nya.

3. Menerima, Meyakini Keesaan serta Keagungan Allah SWT

Lafaz ini juga telah menegaskan tentang Allah SWT sebagai tempat memohon pertolongan. Dimana orang yang memanjatkan dan mengetahui arti doa hasbunallah wanikmal wakil tentunya bisa menghayati serta mengamalkan sepenuh hati.

Selain itu, arti bacaan hasbunallah wanikmal wakil secara tersirat saja sudah menyatakan keesaan Allah sebagai satu-satunya dzat yang memang patut menjadi sandaran. 

Bahkan, manusia harus bisa menyerahkan segala urusan, meminta pertolongan, serta memohon perlindungan.

Orang beriman sangatlah dilarang untuk meminta pertolongan, menyerahkan masalah, serta memohon perlindungan kepada selain Allah SWT. Hal ini karena Dia-lah sebaik-baiknya dzat yang memang patut disembah dan dimintai pertolongan.

Oleh sebab itu, semoga dengan telah mengetahui arti hasbunallah wanikmal wakill, seseorang bisa lebih dekat lagi dengan Allah SWT. Selain itu, juga dapat membaca doa dan zikir ini setiap saat untuk memperoleh perlindungan serta pertolongan.

Keutamaan dari Kalimat Hasbunallah Wanikmal 

Ada beberapa keutamaan yang perlu dzikir hasbunallah wanikmal wakil. Berikut adalah keutamaan dari Dzikir ini, antara lain:

1. Menentramkan Hati dan Meningkatkan Keimanan

Membaca dzikir ini akan membuat hati terasa lebih damai dan tentram. Selain itu, iman serta keyakinan kepada Allah juga akan menjadi semakin kuat.

2. Kunci Kerendahan Hati

Rendah hati merupakan salah satu sikap hidup yang mempercayakan seluruhnya kepada Allah SWT. Orang yang mempunyai sikap rendah hati pada umumnya memiliki sikap hidup yang lembut.

Selain itu juga berusaha, tidak egois, dan tidak mengandalkan diri sendiri. Bahkan, orang tersebut tidak mudah gelisah.

Penutup

Berdasarkan penjelasan yang ada di atas tentang hasbunallah wanikmal wakil yang merupakan kalimat dzikir. Dengan menyebutkan kalimat ini berarti kamu sedang dekat dengan Allah. 

Jangan ragu untuk mengucapkan kalimat dzikir tersebut sebanyak mungkin. Karena pahala yang akan kamu peroleh juga sama banyaknya.