Tutorial Cara Hapus Background dengan atau tanpa Aplikasi

Cara hapus background cukup mudah untuk kamu lakukan dengan memakai aplikasi atau situs web. Simak langkah-langkah lengkapnya berikut.

Sebagian orang membutuhkan tutorial cara hapus background foto untuk digunakan dalam berbagai keperluan. Dewasa ini, banyak orang-orang yang belajar menjadi editor foto supaya dapat mengedit foto sedemikian rupa dengan apik. 

Tutorial Cara Hapus Background dengan atau tanpa Aplikasi

Beberapa contoh perbuatan mengedit antara lain memangkas, menjernihkan, menghapus latar belakang atau background, menambahkan elemen tertentu, dan lain sebagainya. Sebuah foto atau video terkadang perlu diedit untuk hasil terbaik. 

Bagi kamu yang kebingungan bagaimana cara hapus background online gratis maka bisa menyimak pembahasan berikut. Berikut akan dipaparkan beberapa kiat untuk hapus background online baik menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. 

Kiat Hapus Background Foto tanpa Aplikasi

Jika kamu mempunyai kendala memori penyimpanan ponsel penuh dan tidak bisa menginstall aplikasi untuk mengedit latar belakang foto, maka tenang saja. Kamu masih bisa tetap hapus background otomatis di Google pada situs web tertentu. 

Kini, hapus background foto tidak hanya bisa dilakukan oleh editor profesional. Kamu juga bisa belajar secara otodidak untuk melakukan editing foto mulai dari dasar-dasarnya. 

Apalagi, kemajuan teknologi memungkinkan kamu untuk mengedit latar belakang foto semakin lebih mudah. Tanpa perlu mengunduh aplikasinya di Play Store dan Web Store lainnya, kamu bisa menggunakan fitur untuk menghapus latar belakang.

Nah, apa saja rekomendasi situs untuk hapus background hd? Cermati penjelasan berikut untuk mengetahui jawabannya. 

1. Remove.bg

Dari nama situsnya saja sudah mencerminkan bahwa Remove bg ini bermanfaat untuk menghapus latar belakang atau background. Kabar baiknya, kamu tidak perlu membayar untuk mengedit foto alias situs ini bisa diakses secara gratis. 

Kamu hanya perlu menyiapkan smartphone atau PC yang terhubung dengan koneksi internet stabil agar bisa menggunakan tools di Remove.bg. Cara menggunakan situs ini juga sederhana dan mudah. 

Siapkan foto atau gambar yang ingin kamu hapus latar belakangnya. Remove.bg mendukung format dalam bentuk .jpg maupun .png. 

Kemudian, unggah foto tersebut pada box perintah yang tersedia dan bertuliskan “Upload Image” selain itu kamu juga bisa dengan memasukkan alamat URL foto. 

Tunggu hingga foto kamu selesai diproses. Lalu, setelah selesai, foto tersebut siap diunduh dan dibagikan. 

2. Erase.bg

Alat untuk hapus background berikutnya adalah Erase.bg yang memungkinkan kamu untuk melakukan editing foto secara online. Kamu bisa mengunggah gambar atau foto ke dalam kotak unggahan sampai dengan resolusi 5000 x 5000 px. 

Erase.bg mendukung format png, jpeg, webp, hingga jpg. Cara untuk menghapus latar belakang di Erase.bg juga tidak jauh berbeda dari Remove.bg. 

Kamu tinggal memasukkan gambar yang ingin diedit dan mengunduh versi foto yang backgroundnya telah dihapus. 

3. Pixlr.com

Pixlr.com menawarkan jasa untuk hapus latar belakang otomatis dan gratis. Tinggal klik-klik saja dan kamu bisa mendapatkan versi foto dengan background yang sudah dihilangkan. 

Pixlr.com tersedia versi aplikasi yang bisa kamu unduh di Google Play atau App Store. Namun, jika kamu tidak ingin mengunduh aplikasinya, maka kamu bisa mengunjungi situs webnya. 

Unggah foto yang sudah kamu pilih ke dalam kotak unggahan. Setelah itu, akan muncul versi foto yang selesai dihapus backgroundnya. Di Pixlr.com, memungkinkan kamu untuk mengubah warna latar belakang menjadi transparan, hitam, atau putih. 

4. Zyro.com

Masih dengan tutorial cara hapus background tanpa aplikasi, kamu bisa mengunjungi laman situs Zyro.com. Zyro.com dapat menghapus latar belakang foto tanpa harus mengurangi resolusi atau kualitasnya. 

Cara memakai AI Background Remover ini yaitu dengan mengunggah gambar dalam format jpeg atau png ke dalam kotak unggahan. 

Berikutnya, tools akan otomatis memroses foto dan membuat latar belakangnya hilang. Lalu, unduh foto tersebut.

5. Fotor.com

Foto Bg Remover berfungsi untuk menghapus latar belakang foto kamu dan mengubahnya menjadi transparan. Selain transparan, kamu juga bisa mengatur warna latar belakang yang baru. 

Terkadang, ada saatnya kamu membutuhkan berkas pas foto dengan warna latar belakang tertentu. Daripada mengambil foto ulang, lebih baik kamu mengganti backgroundnya melalui Fotor.com. 

Unggah foto yang ingin kamu hapus backgroundnya lalu tentukan apakah kamu akan membiarkan backgroundnya transparan atau diubah menjadi latar belakang warna polos. 

Daftar Aplikasi Hapus Background yang bisa Kamu Coba

Bagi kamu yang masih mempunyai sisa ruang penyimpanan cukup untuk menginstall aplikasi penghapus background, maka bisa memilih salah satu diantara daftar aplikasi berikut. 

1. PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi yang terkenal untuk editing foto termasuk menghapus latar belakang. Aplikasi ini telah mendapatkan total unduhan sebanyak 1 M+ di Play Store dan termasuk aplikasi pilihan editor. 

Terdapat AI yang berperan sebagai penghapus latar Picsart secara otomatis dengan mengidentifikasi dan menghilangkan latar foto atau gambar. Cara menghapus background foto di Picsart hanya perlu empat langkah saja. 

Empat langkah itu terdiri dari unggah foto, tinjau foto, edit latar belakang, dan ekspor gambar ke format yang kamu mau. 

2. PhotoLayers

Aplikasi selanjutnya untuk hapus background adalah menggunakan PhotoLayers. Aplikasi ini cukup memudahkan penggunanya karena bisa mengganti latar belakang foto sampai dengan 11 foto sekaligus. 

Jadi, kamu tidak perlu melakukan unggah foto satu per satu untuk menghilangkan background. Dengan begitu waktu menjadi lebih hemat dan efisien. Apalagi, ukuran aplikasinya yang tidak sampai 10 mb itu ringan untuk diunduh. 

3. Background Eraser

Background Eraser berasal dari InShot Inc. yang memungkinkan kamu untuk menghapus latar belakang foto secara otomatis dengan teknologi AI. Selain itu, kamu bisa mengubah format foto ke dalam bentuk png transparan beresolusi tinggi.

Tidak perlu ribet-ribet menghapus latar belakang secara manual, dengan Background Eraser kamu bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. 

Aplikasi ini menawarkan fitur untuk menghapus latar belakang yaitu secara otomatis dengan AI atau mode manual. 

Melalui aplikasi ini, kamu bisa menghapus latar belakang foto atau mengganti latar belakang baru ke foto tersebut. 

4. Picwish

Terkadang ada foto yang bagus tetapi sayangnya background belakangnya tampak berantakan dan mengurangi keindahan. Oleh karena itu, kamu pastinya ingin menghapus background tersebut. 

Aplikasi penghapus latar belakang foto selanjutnya adalah Picwish. Kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store dengan ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar. Didukung teknologi AI otomatis yang canggih, proses edit foto berlangsung cepat.

Bahkan, Picwish bisa menghapus latar belakang secara kolektif sampai dengan 30 gambar sekaligus. Tentunya pekerjaan kamu akan terasa lebih ringan dan cepat terselesaikan dengan memakai aplikasi ini. 

Penutup

Nah, itu tadi adalah beberapa kiat hapus background foto menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi seperti misalnya melalui situs web. 

Kamu bisa memilih cara manapun yang menurut kamu paling mudah dan nyaman untuk dilakukan. Selamat mencoba edit foto!