Pengertian, Fitur dan Keunggulan Aplikasi Aptoide

Aptoide dikenal memiliki banyak sekali fitur yang bisa digunakan untuk mendownload aplikasi, agar tidak penasaran simak informasinya!

Aptoide dikenal sebagai salah satu aplikasi open source. Dimana yang memungkinkan penggunanya untuk bisa mengunduh, mencari, serta memasang aplikasi maupun permainan di perangkat Android. 

Pengertian, Fitur dan Keunggulan Aplikasi Aptoide

Melalui aplikasi ini, kamu bisa langsung menemukan semua aplikasi yang ada. Setelah itu, bisa langsung memasangnya hanya dengan cara yang aman dan sederhana.

Mengenal Aptoide dan Aneka Ragam Fiturnya

Bagi sebagian besar handphone Android saat ini telah dibekali dengan Google Play. Google Play ini dapat dijadikan sebagai salah satu distributor untuk menginstal serta memasang aplikasi. 

Akan tetapi, pengguna harus menyadari bahwa tidak semua aplikasi telah tersedia di platform tersebut. Oleh karena itu, salah satu cara yang terbaik untuk memasang aplikasi yang tidak terdaftar di Google Play hanya dengan menggunakan Aptoide

Aplikasi ini memang sudah banyak sekali digunakan oleh pengguna Android. Apalagi jika kamu ingin sekali memasang aplikasi yang tidak terdaftar.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam aplikasi premium lainnya yang bisa diakses. Menariknya lagi, aplikasi open source ini telah menyediakan versi premium secara gratis.

Hal ini artinya kamu tidak perlu berlangganan terlebih dahulu untuk bisa menikmati fitur berbayar di sebuah aplikasi. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait fiturnya.

1. Fitur dan Highlight

Aptoide ini dikenal sebagai aplikasi yang membuat penggunanya untuk bisa memasang aplikasi dengan aman. Aplikasi open source ini sudah memiliki beberapa fitur unggulan yang berbeda dengan aplikasi lainnya.

Dimana sudah bisa menyediakan semua aplikasi secara resmi. Selain itu, aplikasi open source juga menyediakan layanan aplikasi yang lengkap. 

Kamu nantinya bisa lebih mudah mencari aplikasi hanya dengan mengetikan nama di kolom pencarian. Selain itu, kamu juga bisa memperbaharui aplikasi saat ingin memperbaiki beberapa bug dengan  aman. 

2. Downgrade Aplikasi

Bagi kamu yang mengalami permasalahan saat memperbarui aplikasi ke versi terbaru, maka bisa gunakan aplikasi open source ini. Aplikasi ini telah menyediakan fitur yang bisa mengunduh aplikasi ke versi sebelumnya.

3. Share Apps

Selanjutnya, kamu juga bisa langsung membagikan aplikasi dengan lebih cepat tanpa harus koneksi internet. Hal ini dilakukan ketika teman ingin meminta aplikasi yang terpasang di ponsel.

Jadi nantinya kamu hanya perlu membagikannya ke sesama pengguna aplikasi open source ini. Selain itu, kamu juga bisa memberikan nilai aplikasi yang disukai dan memberi dukungan untuk pengembang. 

Saat ini memang sudah banyak sekali pengembang yang bergabung di aplikasi open source ini. Oleh karena itu, dukungan dan apresiasimu akan sangat dihargai jika bergabung di aplikasi open source ini.

4. MOD Apps

Saat ini memang sudah ada berbagai macam aplikasi MOD seperti WhatsApp, CapCut, dan aplikasi premium lainnya yang tersedia di aplikasi open source. Jadi, kamu nantinya tidak akan pernah mendapatkan aplikasi seperti ini di Google Play.

5. Premium Apps

Berikutnya, kamu bisa mendapatkan aplikasi versi premium dengan tanpa mendaftar berlangganan. aplikasi open source ini juga menyediakan berbagai aplikasi premium yang bisa diunduh, tersedia resmi dan bebas dari virus.

Keunggulan Mengunduh Aplikasi di Aptoide

Sebagai salah satu alternatif dari toko aplikasi lain, aplikasi open source pastinya telah menawarkan beberapa kelebihan. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna.

Ada beberapa fitur-fitur yang bisa langsung kamu nikmati pada aplikasi satu ini. Berikut ini adalah penjelasan terkait fitur unggulan dari aplikasi open source, antara lain:

1. Tersedia Lebih dari 900.000 Aplikasi dan Game Android Gratis

APK Aptoide Lite saat ini telah berhasil menampung lebih dari 900.000 aplikasi dan game Android. Jadi nantinya bisa kamu unduh secara cuma-cuma alias gratis tanpa biaya apapun. 

Selain itu, untuk jumlah penggunanya sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 200 juta orang. Terlebih jika kamu ingin sekali memainkan game yang belum tersedia di Indonesia.

Misalnya saja seperti game Animal Crossing, Minecraft, sampai GTA versi Android. Selain itu, kamu juga wajib memanfaatkan platform yang satu ini. Ada juga APK Aptoide TV buat kamu yang senang dan hobi main Free Fire.

2. Unduh Aplikasi tanpa Daftar

Berbeda halnya dengan toko aplikasi lainnya yang mengharuskan kamu untuk melakukan pendaftaran atau registrasi terlebih dahulu. Ternyata, APK Aptoide versi lama justru akan membebaskan siapa saja untuk bisa mengakses platform.

Jadi kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi ini melalui Playstore, lalu buka aplikasinya. Kemudian, bisa langsung cari dan unduh aplikasi mana saja yang disukai tanpa harus mendaftar.

3. Downgrade Aplikasi ke Versi Lama

Terkadang, tidak semua para gamer merasa senang dengan adanya pembaruan dari game yang sedang dimainkan tersebut. 

Melalui APK Aptoide FF, kamu bisa langsung melakukan downgrade sehingga tidak perlu terkena pembaruan ke versi yang terbaru. 

Jadi, kamu bisa langsung memainkan game favoritmu dengan menggunakan fitur-fitur yang disukai. Hal ini tentunya bisa dipilih berdasarkan versi yang diinginkan 

4. Sebarkan Aplikasi Sendiri

APK Aptoide 2023 ini sebenarnya dapat memberikan ruang seluas-luasnya kepada kamu yang berprofesi sebagai developer aplikasi. Jadi dipersilakan melakukan distribusi aplikasi buatanmu sendiri dengan mengunduh lebih banyak orang. 

Cara Menggunakan Aptoide APK 

Meski keamanan dari platform ini tidak begitu bagus, namun tidak semua aplikasi atau game yang tersedia di aplikasi open source itu berbahaya. 

Secara umum, masih ada sejumlah aplikasi yang memang sudah resmi disediakan dan lebih aman untuk di-install.

Cara untuk mengetahui aplikasi open source ini aman sangat mudah. Setiap kali kamu sekali mencari aplikasi tertentu di kolom pencarian, maka pastikan aplikasi tersebut sudah memiliki tanda perisai hijau dengan adanya logo centang.

Hal ini tandanya aplikasi tersebut lebih resmi dan aman untuk digunakan. Jika kamu sudah yakin, maka tinggal klik tombol Install untuk bisa mengunduhnya.

Setelah itu, bisa langsung klik Open untuk bisa membuka aplikasi yang baru saja diunduh. 

Cara Menghapus Aplikasi Aptoide dari PC

Apabila kamu tidak lagi ingin menggunakan aplikasi open source, untuk menghapusnya dari PC. Ingatlah, kamu juga harus melalui emulator Android untuk bisa menghapus instalan aplikasi ini, antara lain:

  • Pertama, bisa langsung klik tombol Settings di BlueStacks terlebih dahulu. Lalu bisa langsung tangkapan layar ikon pengaturan aplikasi open source ini

  • Kemudian, bisa langsung aplikasi dan cari aplikasi open source. Lanjut bisa klik aplikasinya, dan pilihlah Uninstall

  • Setelah itu, bisa tangkapan layar hapus instalan aplikasi open source. Lalu bisa konfirmasikan bahwa kamu ingin menghapus aplikasi ini dari PC ini

Selain itu, ada beberapa alternatif Gratis untuk aplikasi open source, berikut penjelasannya:

1. F-Droid 

dikenal sebagai salah satu repository aplikasi Android, yang fungsinya sama seperti Google Play Store. Platform ini dikenal sebagai katalog aplikasi yang gratis dan sumber terbuka mudah diinstal di Android. 

F-Droid ini memudahkan kamu untuk menjelajahi dan menginstal aplikasi di perangkat. Selain itu, bisa digunakan untuk melacak pembaruan.

2. Google Play Store

Google Play Store ini dikenal sebagai salah satu repository utama untuk digunakan Android. Platform ini termasuk pasar aplikasi yang lumayan populer untuk Android dan dikelola oleh Google. 

Kamu bisa lebih mudah menjelajahi dan menginstal aplikasi, game, buku. Selain itu, ada film langsung di perangkat Android.

3. AppBrain

AppBrain ini dikenal sebagai salah satu perusahaan yang sebenarnya berbasis di Zurich dan berfokus pada penyediaan pasar bagi pengembang aplikasi Android. Hal ini tentunya untuk memasarkan aplikasi kepada pengguna. 

Ribuan pengembang Android ini sebenarnya telah menggunakan jaringan iklan AppBrain. Hal ini tentunya untuk mengubah aplikasi menjadi bisnis yang lebih menguntungkan.

Penutup 

Berdasarkan penjelasan diatas, Aptoide ini juga telah menyediakan banyak aplikasi yang tidak tersedia di Play Store. Jadi cocok buat jadi alternatif untuk mengunduh aplikasi tertentu.