10 Rekomendasi Tools Kompres PDF Terbaik dan Mudah Digunakan

Kamu bingung cara memperkecil ukuran PDF dengan aplikasi apa? Yuk, baca artikel seputar informasi kompres PDF berikut ini dengan baik ya!

Belakangan ini, format file PDF lebih populer dibandingkan dengan format file lainnya. Tidak hanya seputar format file PDF saja, namun kompres PDF kini juga banyak digunakan oleh masyarakat luas. 

Seiring dengan berkembangnya teknologi komputer, ukuran file PDF yang besar bisa diperkecil yaitu dengan cara dikompres. 

10 Rekomendasi Tools Kompres PDF Terbaik dan Mudah Digunakan

Sehingga, kumpulan file PDF tersebut tetap bisa tersimpan di komputer atau pada penyimpanan Google Drive dengan baik tanpa membuat memori penuh.

File PDF yang sudah di kompres tersebut tentunya akan memiliki ukuran yang lebih ringan daripada ukuran sebelumnya. Sehingga, ketika dibuka pada komputer, tablet, atau smartphone tidak menyebabkan loading terlalu lama.

Apa saja Aplikasi untuk Kompres PDF?

Artikel berikut ini akan membahas mengenai aplikasi, website, dan tutorial untuk mengkompres file dalam format PDF. Yuk, langsung saja baca informasi tersebut hingga selesai ya!

Pertama-tama, simak dahulu penjelasan mengenai jenis-jenis aplikasi kompres PDF terbaik yang bisa kamu coba berikut. 

1. Aplikasi All PDF Reader

Aplikasi All PDF Reader tersebut mempunyai fitur yang lengkap untuk mengkompres file dengan format PDF. Jadi, aplikasi tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk membaca file dalam bentuk PDF saja ya. 

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini antara lain merge PDF, edit metadata, PDF editor, split PDF file, PDF converter, organize pages, dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi ini dapat melakukan extract untuk semua file gambar dan menyimpan secara otomatis pada suatu folder. 

Jika kamu ingin mengubah format file PDF menjadi format file jpg, maka aplikasi All PDF Reader sangat direkomendasikan.

Aplikasi All PDF Reader tersebut bisa melakukan kompres PDF sesuai ukuran yang diinginkan yaitu hingga 100 KB dan bisa lebih kecil lagi ukurannya. 

Banyak orang lebih suka menggunakan aplikasi All PDF Reader untuk mengkompres PDF karena lebih mudah untuk digunakan dan tampilan user interface yang dimiliki lebih sederhana. 

2. Aplikasi Compress PDF

Fungsi dari aplikasi Compress PDF tersebut yaitu untuk membuat ukuran file dengan format PDF menjadi lebih kecil daripada ukuran file yang sebenarnya. 

Keunggulan dari aplikasi kompres PDF di hp ini adalah dapat terhubung pada layanan cloud seperti Dropbox, OneDrive, Google Drive, dan lain-lain.

Lalu, aplikasi Compress PDF tersebut juga dapat mengimpor dokumen yang berasal dari memori internal pada smartphone. 

Selanjutnya, aplikasi kompres PDF ini memiliki ukuran file yang kecil yaitu 3.5 MB dan mampu mengkompres PDF dengan waktu yang singkat. 

Kemudian, aplikasi Compress PDF mempunyai user interface yang simpel dan kamu tidak akan terganggu oleh iklan ketika menggunakan aplikasi tersebut. Karena, aplikasi Compress PDF ini bebas dari iklan. 

3. Aplikasi ORPALIS PDF Reducer 

ORPALIS PDF Reducer merupakan salah satu aplikasi kompres PDF pc gratis dan terbaik yang sangat disarankan bagi pengguna laptop maupun pengguna PC. 

Aplikasi ORPALIS PDF Reducer tersebut bisa diunduh secara gratis 100% dan tersedia fitur untuk melakukan pengeditan pada file dengan format PDF. 

Proses pengeditan file PDF yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi ORPALIS PDF Reducer ini antara lain mengatur ukuran gambar, menghapus konten pada file, dan mengatur ukuran hasil kompres pada file PDF. 

Dengan menggunakan aplikasi ORPALIS PDF Reducer ini, kamu bisa menghemat waktu karena bisa melakukan kompres PDF dalam waktu yang bersamaan sekaligus.

4. Aplikasi ZArchiver

Aplikasi kompres PDF yang tidak kalah menarik dan populer yaitu ZArchiver. Aplikasi ini cocok digunakan untuk pengguna smartphone yang ingin mengkompres file PDF dan mengatur organisasi file dengan baik. 

Aplikasi ZArchiver dan aplikasi RAR mempunyai perbedaan terutama dalam hal dukungan file yang dimilikinya. 

Aplikasi ZArchiver tersebut dapat membuat arsip file dalam berbagai jenis format. Mulai dari ZST, ZIP, GZIP, TAR, BZIP2, XZ, dan jenis format lainnya.

Keistimewaan aplikasi ZArchiver yang lainnya yaitu bisa mendekompresi file dan membuat file menjadi lebih aman seperti mengedit arsip dan menambahkan kata sandi pada file yang dimiliki.

5. Aplikasi PDF Utils

Aplikasi kompres PDF terbaik lainnya untuk Android yaitu PDF Utils. Banyak sekali fitur yang sederhana dan mudah untuk digunakan yang ditawarkan oleh aplikasi PDF Utils ini kepada penggunanya. 

Fitur-fitur tersebut meliputi watermark, compress PDF, menambahkan teks, merge PDF, enkripsi PDF, extract image from PDF, menghapus halaman PDF, rotasi, menambahkan gambar, dan fitur yang lainnya. 

Aplikasi PDF Utils ini memiliki ukuran yang kecil yaitu 4.85 MB yang dapat mengakses banyak jenis file PDF baik dari OneDrive maupun Google Drive.

Apa saja Website untuk Kompres PDF?

Terdapat beberapa website yang disarankan untuk digunakan dalam hal kompres PDF, berikut ini informasinya. 

1. Website Sedja Compressor PDF

Sedja Compressor PDF merupakan salah satu website kompres PDF yang memiliki fitur lengkap. Sedja Compressor PDF ini menawarkan resolusi untuk mengkompres file PDF dan dokumen file PDF tersebut bisa diubah menjadi warna hitam dan putih. 

Melalui website Sedja Compressor PDF tersebut, bisa melakukan aktivitas lainnya pada file PDF seperti mengedit metadata, menulis watermark, menulis header footer, dan menambahkan bookmark. 

Aplikasi Sedja Compressor PDF ini bisa digunakan untuk platform Mac, Linux, dan Windows.

Pengguna aplikasi ini juga diberikan kebebasan ingin menggunakan aplikasi Sedja Compressor PDF secara offline atau secara online. 

2. Website SmallPdf

Website kompres PDF dari SmallPdf ini sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan aplikasi lainnya untuk kepentingan bisnis.

Smallpdf bisa memperkecil ukuran file PDF, menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu, dan mengubah format PDF menjadi format file yang lainnya. 

Smallpdf juga bisa melakukan rotasi pada dokumen PDF, mengedit file PDF, dan memberikan halaman pada file PDF.

Smallpdf dapat melakukan proses kompres PDF melalui akun Smallpdf, Google Drive, dan Dropbox. 

3. Website Soda PDF

Soda PDF memiliki fitur kompres PDF yang lengkap dan premium serta berbayar. Namun, Soda PDF juga menyediakan versi yang gratis untuk digunakan secara terbatas. 

Website Soda PDF tersebut memiliki kualitas yang baik untuk mengkompres PDF secara online. 

Soda PDF juga sangat mudah untuk digunakan dan sudah terintegrasi dengan baik pada sistem penyimpanan berbasis cloud yaitu OneDrive, Dropbox maupun Google Drive, serta mudah untuk diunggah maupun dikirim menggunakan email.

Website Soda PDF sangat cocok digunakan bagi pengguna yang ingin mengkompres PDF secara gratis. 

4. Website ILovePdf

Website ILovePdf juga banyak digunakan untuk melakukan kompres PDF karena lebih praktis dan bisa diakses secara online. 

Proses mengkompres file PDF tersebut akan menjadi lebih cepat dengan menggunakan website ILovePdf. 

Semua data yang diunggah ke website ILovePdf untuk dikompres ini sudah terjamin dengan baik keamanannya. 

5. Website PDF2Go

PDF2Go merupakan website yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan kompres PDF dengan baik. Website PDF2Go tersebut juga menawarkan pengaturan kualitas dan ukuran kompress yang dibutuhkan. 

Dengan demikian, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya jika ingin mengkompress file PDF menggunakan website PDF2Go ini.

Tutorial Melakukan Kompres PDF

Berikut adalah cara kompres file PDF di laptop yang cocok digunakan bagi pemula. 

  1. Pertama, bukalah salah satu aplikasi atau website yang ingin digunakan untuk mengompres file PDF

  2. Kedua, sebelum melakukan kompres PDF, sebaiknya baca dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh website maupun aplikasi untuk mengompres PDF tersebut

  3. Ketiga, unggah atau upload file PDF yang akan dikompress menggunakan aplikasi atau website yang sebelumnya sudah dipilih

  4. Keempat, klik bacaan kompres pada aplikasi atau website tersebut dan tunggulah proses kompres PDF ini hingga selesai

Penutup

Sekian penjelasan mengenai informasi kompres PDF tersebut, semoga bisa membantu dan semakin mempermudah pekerjaan kamu khususnya dalam hal mengkompres file PDF ya.