Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Mengucapkan Innalillahi wa inna ilaihi raji'un

Kalimat innalillahi wa inna ilaihi raji'un selalu diucapkan saat mendengar seseorang meninggal dunia. Tidak hanya itu, kalimat tersebut juga diucapkan saat mendengar musibah. Baca di sini makna kalimat tersebut.

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un merupakan potongan dari ayar Al-Qur’an. Adapun kalimat tersebut terdapat pada surat Al-Baqarah ayar 15. Bacaan tersebut tidak hanya digunakan untuk belasungkawa kepada sesama umat islam.

Kalimat tersebut juga diucapkan sebagai tanda kesabaran maupun pengakuan bahwa Allah SWT Maha Kuasa. Arti dari kalimat tersebut adalah bawa setiap makhluk merupakan milih Allah SWT. 

Dalam ajaran islam, jika seorang muslim mendapatkan musibah, kemudian ia bersabar dan mengucapkan kalimat tersebut, maka Allah SWT akan memberikan pahala kepadanya.

Arti Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji'un

Makna Mengucapkan Innalillahi wa inna ilaihi raji'un

Arti dari kalimat Innalillahi wa inna ilaihi raji'un merupakan ungkapan saat seseorang mendapat musibah. Kalimat tersebut biasa diucapkan untuk mengungkapkan rasa turut berduka cita atas meninggalnya seseorang.

Kalimat tersebut sebenarnya berarti pengingat bahwa manusia diciptakan oleh Allah SWT dan setiap manusia akan kembali kepada Allah SWT. 

Selain itu, kalimat tersebut juga memiliki arti bahwa segala macam cobaan yang terjadi pada seorang hamba adalah atas kehendak Allah SWT. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalimat tersebut berasal dari potongan ayat Al-Qur’an.

Adapun ayat tersebut adalah surat Al-Baqarah ayat 156. Berikut lafal ayat tersebut:

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Artunya: (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali).

Dari ayat tersebut tentunya sudah bisa dipahami arti innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Berikut arti innalillahi wa inna ilaihi raji'un beserta tulisan arabnya:

اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Yang artinya: sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali

Ucapan Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji'un

Berikut beberapa ucapan innalillahi wa inna ilaihi raji'un yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • "Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun, allahummaktubhu ‘indaka fiil muhsinin, waj al kitaab fii ‘illiyin, wakhlu fhu fii ahlihi fil ghaabirin, wa laa tahrimnaa ajrohu walaa taftinnaa ba’dahu."

  • "Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Hakikatnya hak Allah untuk mengambil sesuatu dan memberi sesuatu kepada umatnya, segala sesuatu yang ada di sisinya dibatasi oleh ajal. 

Oleh sebab itu bersabarlah karena kepergiannya, dan carilah ridha Allah yang sebesar-besarnya."

  • "Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Ya Allah, hamba mohon ampunilah almarhum, angkatlah derajatnya bersama dengan orang-orang yang memberi petunjuk. Berilah pengganti orang-orang yang ditinggalkan sesudahnya. 

Ampunilah dosa-dosa kami dan juga dia wahai Tuhan kami pemilik pengampunan, seru sekalian alam, lebarkanlah kuburnya dan berikan penerangan di dalam kuburnya. Amiin."

  •  "Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT, diterima semua amal baiknya dan diampuni segala dosanya. Amin."

Apa keutamaan mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi raji'un?

Keutamaan Mengucapkan Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji'un

Tidak hanya diucapkan saat mendapatkan musibah besar, kalimat tersebut juga diucapkan jika mengalami musibah ringan. Mengucapkan kalimat tersebut tentunya memiliki keutamaan yang pastinya sangat baik bagi seorang muslim.

Bukan hanya sebagai wujud mengingatkan diri terhadap Allah saja, ungkapan ini juga memiliki banyak keutamaan lainnya yang dapat kamu peroleh. Berikut keutamaan-keutamaan tersebut:

  • Meringankan rasa beban dan susah dalam hati saat mendapatkan musibah

  • Membuat hati dapat lebih ikhlas saat mendapat musibah

  • Menguatkan hati untuk tetap bisa bersabar saat mendapatkan musibah

  • Menguatkan hati untuk tetap tegar saat mendapatkan musibah.

Bacaan Doa Untuk Orang Meninggal

Selain makna dari innalillahi wa inna ilaihi raji'un, kamu juga perlu memahami bacaan doa untuk orang yang telah meninggal dunia. Bacaan doa untuk orang yang meninggal dunia pertama adalah ketika baru mendengar kabar duka.

Berikut doa ketika baru mendengar kabar duka:

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummak tubhu 'indaka fil muhsinin, waj al kitabahu fi 'illiyin, wakhlu fhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimna ajrahu wala taftinna ba'dahu.

Artinya:

"Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu  termasuk golongan orang-orang yang baik. 

Jadikanlah catatannya di 'illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang meninggalkan. Janganlah kau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah kau beri fitnah kepada kami sesudahnya."

Bacaan Doa untuk Orang Meninggal Laki-laki

Selain mengucapkan kalimat di atas, kamu juga bisa membacakan doa untuk orang meninggal sesuai jenis kelaminnya. Berikut doa untuk orang meninggal laki-laki yang bisa dibacakan:

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi 

wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min 'adzabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

"Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk. 

Dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik,

dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

Doa untuk Orang Meninggal Perempuan

Jika yang meninggal berjenis kelamin perempuan, maka berikut doa untuk orang meninggal perempuan:

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi 

wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

"Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya.

Cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya.

Dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

Penutup

Demikian penjelasan tentang ucapan innalillahi wa inna ilaihi raji'un baik dari segi makna, keutamaan, serta hal penting lainnya. Sebagai umat muslim hendaknya kita tidak lupa mengucapkan kalimat tersebut saat mendapat atau mendengar musibah.

Posting Komentar untuk "Makna Mengucapkan Innalillahi wa inna ilaihi raji'un"