Motto Hidup, Sumber Ketenangan Pikiran dan Kedamaian Hati

Kamu sering merasa putus asa dan menyerah dalam menjalani kehidupan? Yuk, baca artikel rekomendasi kalimat motto hidup tersebut di sini!

Selama menjalani kehidupan, pastinya terdapat fase-fase up and down pada hidup kamu. Oleh karena itu, diperlukanlah motto hidup agar kehidupan kamu bisa kembali berjalan dengan baik dan penuh semangat.

Setiap orang tentunya mempunyai quotes masing-masing untuk memotivasi kehidupannya. Selain itu, terdapat kutipan motivasi favorit dari setiap orang. 

Dalam menjalani kehidupan yang terus berjalan ini, keberadaan motto hidup sangat penting. Khususnya untuk memperbaiki mood yang sudah hancur atau sekedar menjadi penyemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Meskipun, kalimat motivasi tersebut terdengar sederhana namun mempunyai makna yang mendalam bagi seseorang untuk bangkit.

Berikut ini akan dijelaskan informasi yang berkaitan erat dengan motivasi kehidupan. Simak dan baca baik-baik ya infonya! 

Apa yang Dimaksud dengan Motto Hidup?

Motto Hidup, Sumber Ketenangan Pikiran dan Kedamaian Hati

Secara umum, definisi dari motto hidup adalah kata-kata maupun ungkapan yang berfungsi sebagai pemberi semangat atau motivasi dalam menjalani kehidupan. 

Hampir setiap orang menggunakan motto hidup ini untuk mendatangkan dampak positif pada kehidupannya. 

Dengan demikian, seseorang akan lebih termotivasi, percaya diri, dan mampu untuk bangkit menjadi lebih baik dari kehidupan sebelumnya.

Motto hidup tersebut juga berperan penting dalam hal membantu kamu untuk menyelesaikan permasalahan hidup yang tengah dihadapi.

Biasanya kalimat yang terdapat pada motto hidup tersebut berisikan tentang inspirasi dengan makna tertentu. Sehingga, tidak heran jika seseorang mampu kembali tenang dan fokus pada tujuan utamanya. 

Melalui motto hidup juga seseorang akan kembali tersadar terhadap apa yang akan dilakukan untuk masa depan. Mulai dari target yang akan diperoleh, cita-cita, dan yang lainnya. 

Semakin sering kamu mengamalkan motto hidup tersebut, maka pikiran akan terisi oleh hal-hal yang positif dan mampu mengalirkan energi positif untuk kesehatan mental. 

Apa saja Manfaat dari Motto Hidup?

Kalimat motto hidup mengandung manfaat yang baik untuk kelangsungan hidup dan menjalani kehidupan yang terasa sulit ini. Berikut adalah manfaatnya.

1. Selalu Berpikiran Positif

Ungkapan motto hidup yang bagus akan membawa kamu selalu berpikir positif terhadap kehidupan ini. Sehingga, akan terhindar dari pikiran negatif yang dapat merusak segalanya. 

Pikiran negatif paling banyak muncul pada saat seseorang merasa putus asa atau mengalami kegagalan dalam hidup. Namun, sebagai orang yang bijak tentunya harus dapat berpikir secara jernih dan tenang. 

Salah satunya untuk mengatasi hal tersebut yang bisa dilakukan adalah membaca motto hidup dengan baik. Tujuannya tentu saja untuk menghilangkan aura negatif yang berasal dari pikiran negatif tersebut. 

2. Sebagai Inspirasi untuk Diri Sendiri

Kata-kata motto hidup yang berasal dari tokoh-tokoh terkenal seperti Mahatma Gandhi, Elon Musk, Ir. Soekarno sejatinya sangat menginspirasi banyak kalangan.

Namun, apabila kamu mempunyai kalimat motto hidup yang mampu menginspirasi dan memotivasi diri sendiri akan sangat bagus sekali. 

Apalagi jika motto hidup kamu bisa menginspirasi orang lain untuk maju dan berkembang. Tentunya sangat berguna sekali bukan?

3. Mampu Membuat Pikiran Terasa Lebih Tenang

Dengan adanya motto hidup maka pikiran akan menjadi lebih tenang dari sebelumnya. Selain itu, harapan dan kepercayaan akan datang dengan sendirinya melalui motto hidup tersebut. 

Pastinya akan membuat kamu selalu percaya jika semua permasalahan kehidupan pasti ada jalan keluarnya dan bisa diatasi dengan sebaik mungkin. 

4. Sebagai Pengingat untuk Diri Sendiri

Tidak hanya efektif untuk memotivasi setiap perjalanan hidup saja, akan tetapi motto hidup juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengingatkan diri sendiri. 

Kemudian, motto hidup juga bisa membuat seseorang kembali pada jati diri yang sebenarnya ketika kehilangan arah dalam menjalani kehidupan. 

Kumpulan Motto Hidup versi Bahasa Indonesia

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi contoh motto hidup yang berasal dari bahasa Indonesia.

  1. Mengubah pikiran sama halnya dengan mengubah dunia

  2. Kerjakanlah setiap kebaikan tanpa meminta balasan

  3. Hiduplah dengan bahagia, karena bahagia itu adalah pilihan

  4. Hidup jangan hanya menunggu saja, namun berusahalah untuk menciptakan waktu terbaik untuk diri sendiri

  5. Tidak ada kerugian jika berbuat baik, teruslah berbuat baik kepada sesama

  6. Jangan takut untuk gagal karena tidak ada keberhasilan tanpa disertai dengan kegagalan

  7. Disiplin, ulet, rajin, belajar hal-hal yang baru, dan tekun adalah salah satu kunci untuk meraih kesuksesan yang sebenarnya

  8. Hargai waktumu dengan baik karena itu merupakan salah satu cara menghargai dirimu

  9. Terus berusaha untuk mencapai finish dengan cara mengandalkan kemampuan diri sendiri

  10.  Belajar itu adalah proses, sedangkan sukses itu adalah buah keberhasilan yang dipetik dari proses belajar

Kumpulan Motto Hidup dalam Bahasa Jepang

Kalimat motto hidup tidak hanya ada dalam bahasa Indonesia saja. Kali  ini terdapat sejumlah kata motivasi dalam bahasa Jepang untuk memotivasi kehidupan kamu dengan baik. 

  1. Kako ga ima anata no jinsei o jama shinai yo ni shite kudasai

Artinya yaitu teruslah melangkah kedepan demi mendapatkan masa depan yang cerah dan jangan pernah melihat ke belakang, karena itu sama saja dirimu kembali ke masa lalu.

  1. Anata wa nani ga okotte mo, akirameru tekide wa arimasen. Watashi wa, anata ga orite kuru node wanaku noboru tame no dogu to shite anata ni nani ga okotte mo sore o tsukau beki desu

Bermakna tidak boleh menyerah dari apapun yang terjadi, akan tetapi manfaatkanlah peristiwa yang terjadi padamu untuk mewujudkan cita-cita dengan baik.

  1. Anata no chansu o tsukutte kudasai! Jinsei wa kirai desu. Ippantekini mottomo toku ni unten shita hito wa, nani o shitai to aete nozomu hito desu

Berarti untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, maka kamu perlu melakukan suatu usaha.

  1. Sugu ni mushi o eru tori

Mengandung arti yaitu jika seseorang ulet, tekun, rajin, dan bersabar maka kesuksesan akan menghampiri dirinya. 

  1. Sukide wanai hito mo imasu ga, watashitachiha hokori o motte jibun jishin o soncho shinakereba narimasen. Karera wa watashitachi no yo ni naru koto ga dekinainode, tokidoki hokanohito ga kiraidesu

Bermakna jadilah diri sendiri meskipun ada orang yang tidak menyukaimu, terkadang orang tidak menyukai dirimu karena tidak mampu sepertimu.

Kumpulan Motto Hidup Menggunakan Bahasa Latin

Kutipan motto hidup yang berasal dari bahasa latin akhir-akhir ini menjadi favorit banyak orang dan sering digunakan untuk memotivasi diri sendiri. Inilah quotes bahasa latin tentang kehidupan yang unik dan menginspirasi. 

  1. Finis coronat opus, artinya selesaikan apa yang sudah dimulai sebelumnya. 

  2. Age quod agis, bermakna lakukanlah segala sesuatu tersebut dengan sebaik mungkin.

  3. Dum spiro, spero berarti selama masih bernafas teruslah berharap dan jangan mudah untuk menyerah. 

  4. Verba volant, scripta manent yang mengandung arti ide yang direkam atau yang ditulis akan selalu tersimpan secara abadi selamanya. Namun, ide yang hanya diucapkan akan lebih mudah untuk dilupakan.

  5. Amor vincit omnia, artinya dengan adanya cinta maka mampu mengalahkan segalanya.

  6. Ad astra per aspera, bermakna untuk meraih kesuksesan maka dirimu harus melewati kesulitan terlebih dahulu.

  7. Aquiris quodcumque rapis, berarti dirimu akan mendapatkan apa yang diinginkan setelah berusaha dengan baik. 

Penutup

Itulah serangkaian kalimat motto hidup yang bisa memotivasi kamu dengan baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan memberikan dampak positif yang besar pada kehidupan kamu.