6 Solawat Nabi Terbaik yang Membuat Hati Tenang dan Damai

Kira-kira apa saja ya makna dan keutamaan membaca solawat nabi tersebut? Yuk, ikuti pembahasan secara detail pada artikel berikut ini!

Membaca solawat nabi selain mendapatkan pahala, juga mendatangkan keberkahan dalam kehidupan. Tidak heran jika banyak umat muslim yang sering melantunkan solawat kepada nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam.

Dalam mengamalkan sholawat nabi tersebut juga terdapat aturan yaitu dibaca pada saat waktu-waktu tertentu. Namun, tidak sedikit umat islam yang sering membacanya selama melakukan aktivitas sehari-hari.

Bersolawat merupakan salah satu amalan terpuji yang mudah untuk dilakukan dan paling disukai oleh Allah Subhana Wata’ala. 

Selain itu, dengan banyak membaca solawat tersebut merupakan bukti cinta umat islam kepada nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam. Yuk, ketahui fakta unik seputar sholawat nabi tersebut dengan cara membaca artikel berikut.

Kategori Solawat Nabi

6 Solawat Nabi Terbaik yang Membuat Hati Tenang dan Damai

Banyak kategori solawat yang bisa kamu lantunkan dan bisa memilih bacaan solawat mana yang diinginkan. Berikut ini adalah kumpulan sholawat nabi yang mendatangkan pahala apabila dibaca dengan sungguh-sungguh.

1. Solawat Nariyah

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ


“Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman ‘ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl ‘uqodu, wa tanfarìju bìhìl kurabu Wa tuqdhaa bìhìl hawaa’ìju,

Wa tunalu bìhìr raghaa’ìbu wa husnul khawaatìmì wa wayustasqol ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa ‘alaa aalìhì, wa shahbìhì ‘adada kullì ma’luumìn laka”.

Artinya : “Ya Allah, berikanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. 

Dan dengannya juga ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, serta memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia. 

Juga kepada keluarganya, para sahabatnya, dengan seluruh ilmu yang Engkau miliki.’’

2. Solawat Syifa

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

“Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa’afiyatil abdani wa syifa’iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa ‘ala alihi wa shahbihi wa baarik wa sallim”

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, sebagai dokter hati dan menjadi obatnya. 

Obat untuk badan dan penyembuhnya, cahaya segala penglihatan dan menjadi sinarnya. Semoga keberkahan dan keselamatan dicurahkan pada keluarga dan sahabat-sahabatnya.

3. Solawat Nuril Anwar

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُورِ الأَنْوَارِ. وَسِرِّ الأَسِرَارِ. وَتِرْيَاقِ الأَغْيَارِ. وَمِفْتَاحِ بَابِ الْنَسَارِ. سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُخْتَارِ. وَآلِهِ الأَطْهَارِ. وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ. عَدَد نِعَمِ الله وَأِفْضَالِهِ.

Allahumma Shalli ‘Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaanaa Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari ‘Adada Ni’amillaahi Wa Ifdhaalih.


Artinya : Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. 

Yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya.

4. Solawat Munjiyat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٌ تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَابِهَاجَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَابِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ


“Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati 

wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal-mamaati”.

Artinya : ‘’Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan. 

Dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi. 

Menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati.”

5. Solawat Ibrahimiyah

للَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ


“Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.’’

Artinya : ‘’Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. 

Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.

6. Solawat Ummi

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ

“Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummi wa a’laa alihi wa shohbihi wasillam.’’

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis). 

Beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.

Waktu Terbaik Membaca Solawat Nabi

Informasi di bawah ini adalah waktu yang tepat untuk membaca sholawat nabi yang harus kamu diperhatikan dengan baik. 

1. Pada saat akan Masuk serta Keluar Masjid

Sebaiknya ketika akan memasuki sebuah masjid sempatkan waktu untuk bersolawat. Hal ini sebagai bentuk ucapan salam yang dihaturkan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam. 


Lalu, setelah selesai menjalankan ibadah di masjid ucapkanlah kembali bacaan solawat tersebut dengan baik. Maka, Allah Subhana Wata’ala akan memberikan rahmat kepada kamu. 

2. Setelah Menyelesaikan Pembacaan Tasyahud Akhir

Sholawat nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam ini terdapat pada bacaan tasyahud akhir maupun tasyahud awal ketika sedang sholat. 

Hal ini tentunya mengingatkan seorang muslim terhadap nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam. Oleh karena itu, perbanyaklah membaca solawat ketika sudah selesai membaca tasyahud akhir. 

3. Pada saat mulai Berdoa dan selesai Berdoa

Agar doa yang kamu panjatkan cepat dikabulkan oleh Allah Subhana Wata’ala, maka bacalah solawat. 

Caranya juga sangat mudah yaitu cukup membaca solawat ketika akan berdoa hingga selesai berdoa. Sangat praktis, namun memberikan banyak manfaat kepada pembacanya.

4. Ketika Takbir Shalat Hari Raya Berkumandang

Membaca solawat sangat dianjurkan pada saat shalat hari raya setelah mendengar bunyi takbir. 

Adapun kalimat yang bisa diucapkan yaitu “SubhanallaHi walhamdulillaHi wala ilaHa illallaH wallaHu akbar. AllaHumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad. AllaHummaghfirli warhamni”.

5. Pada saat akan Memulai Aktivitas 

Sangat dianjurkan untuk membaca solawat sebelum melakukan segala bentuk aktivitas. Baik itu urusan yang berharga maupun urusan yang sangat penting. 

Dengan membaca solawat, hati akan terasa lebih tenang dan aktivitas yang dijalani akan terasa jauh lebih mudah serta terasa ringan untuk dikerjakan.

6. Pagi Hari dan Waktu Petang

Keutamaan membaca solawat pada pagi hari dan waktu petang yaitu akan memperoleh syafaat dari Rasulullah ketika hari kiamat tiba. 

Pada waktu petang dianjurkan untuk membaca solawat sebanyak 10 kali. Kemudian, pada pagi hari juga membaca solawat sebanyak 10 kali.

7. Pada saat akan Memulai Aktivitas 

Roda kehidupan yang terus berputar, membuat umat muslim ada yang dilanda kesulitan ada juga yang tidak. 

Meskipun demikian, perbanyaklah membaca sholawat nabi terutama bagi yang sedang mengalami kesulitan hidup. 

Allah Subhana Wata’ala akan menaikkan derajat hamba-Nya yang senantiasa bersolawat dan akan memelihara dari semua hal yang membuat kamu bimbang.

Manfaat sering Membaca Solawat Nabi

Berikut adalah beberapa manfaat membaca sholawat nabi muhammad yang akan diperoleh jika rutin melantunkannya.

  1. Umat muslim yang selalu membaca solawat akan diberikan keberkahan dalam kehidupannya dan akan disinari dengan pancaran rahmat maupun cahaya keimanan oleh Allah Subhana Wata’ala. 

  2. Lebih bersemangat dalam menjalankan semua perintah Allah selama hidup di dunia ini.

  3. Senantiasa menerapkan akhlak mulia seperti yang dicontohkan oleh nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam.

  4. Sering membaca sholawat nabi maka doanya akan lebih cepat dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

  5. Salah satu keutamaan membaca sholawat nabi muhammad saw adalah mendapatkan syafaat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam khususnya pada hari kiamat kelak. 

  6. Allah Subhana Wata’ala akan membimbing hamba-Nya yang rutin bersalawat ke jalan yang lurus dan diberikan keberkahan pada kehidupannya. Inilah yang disebut sebagai makna membaca sholawat nabi.

  7. Membaca sholawat nabi bisa menghilangkan sifat kikir dari dalam diri dan  mendapatkan kasih sayang dari Allah Subhana Wata’ala

  8. Allah Subhana Wata’ala akan memberikan hidayah pada seorang muslim yang membaca solawat tersebut.

Penutup

Berdasarkan informasi pada artikel diatas, membaca solawat nabi sangat penting bagi kehidupan umat islam. Karena, bacaan solawat tersebut mampu menambah pahala dan akan mendapatkan syafaat pada hari akhir kelak dari Rasulullah.