Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Rehabilitasi dan Jenisnya

Pahami apa itu rehabilitasi dan jenisnya. Kata rehabilitasi memang ada yang masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun ada juga yang menganggap hal yang biasa dan familiar. Rehabilitasi berasal dari dua kata yakni re yang berarti mengembalikan atau kembali. Sedangkan habilitasi berarti kemampuan. 

Sehingga rehabilitasi ini merupakan suatu upaya atau proses yang dilakukan untuk mengembalikan kemampuan seseorang yang sudah tidak seperti dahulu. Proses perbaikan tersebut bermacam macam. Rehabilitasi biasanya identik dengan rehabilitasi narkoba namun kini rehabilitasi bisa dilakukan untuk memulihkan berbagai gangguan yang mungkin terjadi.

Mengenal Apa Itu Rehabilitasi dan Jenisnya


Bisa dalam bentuk sosial, jasmani, rohani, pekerjaan hingga ekonomi. Perjalanan hidup seseorang memang tidak akan semulus itu sehingga untuk mengembalikan pada kehidupan yang lebih baik perlu melakukan rehabilitasi. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai rehabilitasi dan juga beberapa jenis dari rehabilitasi simak selengkapnya. 

Apa itu rehabilitasi?

Rehabilitasi adalah suatu upaya atau proses yang dilakukan untuk refungsionalisasi dan juga pengembangan hidup seseorang yang sebelumnya mengalami suatu hal yang membuat kemampuannya menurun. 

Rehabilitasi yang dilakukan bisa yang berhubungan dengan fisik, mental, kesehatan, sosial, pendidikan, ekonomi dan beberapa bidang lainnya yang memungkinkan terjadinya penurunan kemampuan. Oleh sebab itu ketika mengalami gangguan maka pemulihan atau pengembalian kemampuan perlu dilakukan. 

Dalam pengembalian kemampuan dan mengembangkan kemampuan tersebut bertujuan untuk mencapai kemandirian seseorang secara optimal baik secara fisik, mental, ekonomi, pendidikan atau pengetahuan hingga hubungan sosialnya. 

Kata lain dari pengembalian kemampuan juga biasa dikenal dengan proses pemulihan seseorang yang mengalami gangguan sehingga membutuhkan bantuan orang lain untuk membantu dirinya untuk pulih kembali. 

Berikut ini ada beberapa jenis rehabilitasi yang bisa menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh seseorang. Hal apa yang ingin disembuhkan atau mengembalikan kemampuannya. 

Jenis rehabilitasi 

  1. Rehabilitasi dalam keluarga

Rehabilitasi dalam keluarga merupakan suatu layanan rehabilitasi yang dilakukan secara internal yakni oleh orang tua terhadap anaknya yang mengalami gangguan. Biasanya gangguan ini memang belum dikategorikan sebagai suatu gangguan yang serius karena masih bisa ditangani oleh orang terdekat. 

Namun meskipun begitu jika sudah mengalami gejala ketika anaknya mengalami gangguan maka perlu adanya layanan khusus yang diberikan sehingga anak bisa kembali pada kehidupan yang normal dan bisa dievaluasi bersama apakah perlu tindak lanjut yang seperti apa untuk mengatasi hal tersebut. 

Dalam melakukan rehabilitasi dalam keluarga pun membutuhkan pelatihan khusus yang dilakukan oleh tenaga kesehatan kepada orang tua yang akan melakukan rehabilitasi dalam keluarga sehingga hasilnya pun bisa dirasakan lebih baik. 

Rehabilitasi keluarga juga bisa dilakukan bagi para penyalahguna narkoba yang memang membutuhkan dukungan keluarga untuk memulihkan atau mengembalikan kondisinya. Tak mudah ketika seseorang yang sudah menyalahgunakan narkoba untuk kembali ke kehidupan sebelumnya sehingga dukungan keluarga sangat dibutuhkan. 

  1. Rehabilitasi berbasis masyarakat (RBM)

RBM atau rehabilitasi berbasis masyarakat ini pun merupakan layanan rehabilitasi yang membutuhkan potensi sumber daya masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar layanan rehabilitasi ini dapat dilakukan secara merata bagi masyarakat yang memang membutuhkan bantuan. 

Rehabilitasi berbasis masyarakat juga lebih fokus pada layanan rehabilitasi bagi seseorang atau anak-anak yang membutuhkan layanan khusus. Karena tenaga professional rehabilitasi lebih cenderung ditujukan untuk masyarakat perkotaan dengan biaya yang cukup tinggi. 

Padahal layanan tersebut tidak hanya dibutuhkan oleh orang perkotaan saja sehingga rehabilitasi berbasis masyarakat ini memang diperlukan untuk mengatasi gangguan atau penyembuhan sehingga merata bagi seluruh masyarakat. 

  1. Rehabilitasi pendidikan

Selanjutnya ada juga layanan rehabilitasi pendidikan. Rehabilitasi ini diberikan pada individu yang memang membutuhkan layanan khusus pada bidang pendidikan seperti pra akademik, baca, tulis dan juga hitung. 

Biasanya rehabilitasi pendidikan ini dilakukan untuk mengembalikan kemampuan anak dalam bidang pendidikan. Biasanya layanan ini dilakukan oleh pihak swasta dan juga pemerintah untuk mengelola layanan pendidikan yang jauh lebih baik bagi seorang individu. 

  1. Rehabilitasi sosial

Rehabilitasi sosial biasanya diadakan salah satunya oleh dinas sosial yang memberikan layanan bagi masyarakat yang membutuhkan. Seperti di pedesaan melalui mobil keliling. Layanan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi.

Tak hanya itu rehabilitasi sosial juga dilakukan untuk mencegah adanya penurunan kemampuan sosialisasi seseorang atau suatu kondisi yang memang lebih parah yang bisa terjadi di dalam suatu masyarakat. 

Tak hanya rehabilitasi keluarga, para penyalahguna narkoba pun membutuhkan rehabilitasi sosial agar kembali diterima dalam kehidupan bermasyarakat. Tidak hanya keluarga namun pemulihan bagi para penyalahguna narkoba pun perlu dipulihkan atau dikembalikan karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan kehidupan bermasyarakat dan bersosialisasi.

Masyarakat perlu memberikan dukungan agar para penyalahguna narkoba pun bisa bangkit dan pulih dengan cepat. Stigma yang diberikan oleh masyarakat biasanya yang menjadi kesulitan terbesar yang mungkin dialami oleh para penyalahguna narkoba sehingga perlu adanya rehabilitasi sosial sebagai upaya pemulihan. 

  1. Rehabilitasi medis

Selanjutnya layanan rehabilitasi medis yang sudah banyak dikenal. Biasanya rehabilitasi medis ini dilakukan ketika mengalami gangguan koordinasi fisik, mental hingga sosial. Pada rehabilitasi medis ini biasanya dilakukan ketika mengalami gangguan pada koordinasi gerak, sensorik motorik, komunikasi dan lain sebagainya. 

Sehingga untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya tenaga medis yang mengetahui cara memulihkan gangguan tersebut. Begitupun pada seseorang yang mengalami penyalahgunaan narkoba biasanya juga perlu bantuan rehabilitasi medis. 

Hal tersebut dilakukan karena obat-obatan atau zat yang masuk ke dalam tubuh seseorang perlu dikeluarkan karena bisa menimbulkan atau menyebabkan dampak atau efek pada tubuh penyalahguna tersebut.

Apalagi jika sudah mengalami penyalahgunaan narkoba dalam jangka waktu yang lama tidak mudah untuk berhenti dan mengembalikan seperti semula. Biasanya ketika melakukan pemulihan atau rehabilitasi ini perlu dikurangi dosisnya sedikit demi sedikit. 

Karena ketika dilakukan dengan tidak tepat justru akan menimbulkan gejala lainnya yang justru menambah risiko yang lebih besar lagi. Rehabilitasi medis perlu dilakukan oleh tenaga medis yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Itulah beberapa jenis dari rehabilitasi yang bisa menjadi pilihan untuk memulihkan atau mengembalikan kembali kemampuan individu. Tidak mudah untuk kembali secara normal namun hal tersebut bisa dilakukan. 

Kesimpulan 

Rehabilitasi berasal dari 2 kata yakni re yang berarti mengembalikan sedangkan rehabilitasi adalah kemampuan. Sehingga rehabilitasi merupakan suatu upaya untuk mengembalikan kemampuan seseorang yang sudah atau sedang mengalami gangguan. 

Gangguan yang terjadi bisa dalam aspek fisik, mental, sosial, ekonomi atau bahkan pendidikan. Sehingga bentuk rehabilitasi pun kini semakin beragam. Tidak hanya identik dengan rehabilitasi narkoba saja. 

Namun juga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan atau gangguan apa yang ingin dipulihkan. Ada beberapa jenis rehabilitasi yang bisa menjadi pilihan diantaranya rehabilitasi keluarga, sosial, pendidikan, masyarakat hingga medis.

Ingin mendapatkan tempat rehabilitasi yang baik? Konsultasikan ke kami untuk mendapat layanan rehabilitasi narkoba premium di Jakarta.


Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Rehabilitasi dan Jenisnya"