Cara Cek Nomor Indosat Aktif atau Tidak Terbaru 2023

Nomor ponsel memiliki fungsi sangat penting untuk kelancaran komunikasi. Namun, tak sedikit yang lupa nomor HP sendiri. Lalu, bagaimana cara cek nomor Indosat di HP? Kenapa nomor HP penting? Berikut informasinya.

Sebenarnya untuk mengetahui nomor HP sendiri sangatlah mudah, yaitu cek melalui kartu perdana. Namun, terkadang lupa menyimpannya dan bahkan membuangnya. Alhasil, kesulitan saat akan isi ulang pulsa atau kuota.

Oleh karena itulah, setiap operator seluler menyediakan layanan untuk mengecek nomor HP, termasuk Indosat. Hanya saja, beberapa pengguna belum mengerti cara mengakses layanan untuk cek nomor kartu seluler ini.

Daripada bingung, berikut ada beberapa cara cek nomor Indosat sendiri di HP tanpa perlu datang ke gerai ataupun kantor cabang Indosat. Yuk, simak!

Cara Cek Nomor Indosat Ooredoo Terbaru

Nomor HP terdiri dari angka yang diawali kode nomor operator seluler. Adapun kode nomor Indosat yaitu 0856 atau 0857, kode ini sering disebut kode prefix. Berikut cara cek nomor Indosat dengan mudah tanpa ribet.

1. Cek Nomor HP Indosat via Dial Up

Cara mengecek nomor HP melalui dial up bisa dilakukan cukup dengan menekan tombol berupa kode tertentu. Melalui dial up, kamu bisa mengetahui informasi terkait promosi dan layanan Indosat termasuk cek nomor HP.

Bagi para orang tua mungkin akan kesulitan mengecek nomor HP Indosat dengan dial up karena harus hafal kodenya. Namun, bisa mencatatnya dan simpan di HP. Berikut kode cek nomor indosat IM3 lewat dial up:

  • Buka aplikasi telepon di HP kamu

  • Kemudian ketik kode dial *123*30#

  • Pilih panggilan dengan kartu Indosat

  • Maka muncul informasi tentang nomor HP

Selain kode dial di atas, kamu juga bisa menggunakan kode dial *888# atau *185#. Setelah itu, silahkan mengikuti petunjuk yang ada untuk cek nomor HP Indosat yang biasanya berisi nomor, sisa pulsa, dan masa aktifnya..

2. Cek Nomor Indosat dengan SMS

Cara Cek Nomor Indosat Aktif atau Tidak Terbaru 2023

Mengecek nomor Indosat lewat SMS mungkin bisa jadi alternatif. Tetapi sayangnya, tidak bisa dilakukan dengan mengirim kode tertentu seperti halnya cek pulsa. Hal ini karena belum tersedia kode cek nomor dengan SMS.

Adapun cara cek nomor HP Indosat lewat SMS, yaitu harus kirim SMS ke orang lain terlebih dahulu. Nomor kamu nantinya akan tampil di pesan SMS orang tersebut. Berikut tutorial cara cek nomor HP Indosat lewat SMS:

  • Buka aplikasi pesan atau SMS di HP kamu

  • Pilih kontak teman atau keluarga untuk kirim SMS

  • Ketik pesan apapun bebas, lalu kirim SMS

  • Minta teman kirim nomor kamu ada di pesan SMS

  • Jangan lupa catat dan simpan di kontak HP kamu

Cara mengetahui nomor HP sendiri dengan memanfaatkan SMS cukup membantu. Hanya saja, kekurangannya harus tersedia pulsa untuk mengirimkan pesan singkat sehingga nantinya bisa diketahui nomor HP sendiri.

3. Cek Nomor HP Indosat via MyIM3

Cara Cek Nomor Indosat Aktif atau Tidak Terbaru 2023

MyIM3 adalah aplikasi berisikan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan Indosat. Pada aplikasi yang dikembangkan Indosat ini terdapat informasi nomor HP, jumlah nominal pulsa dan kuota serta masa berlakunya.

Cara cek nomor Indosat melalui aplikasi MyIM3 sangat mudah, cukup download dan install aplikasinya di Play Store. Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi MyIM3 untuk cek nomor HP Indosat sendiri, yaitu:

  • Download dan instal MyIM3 di Play Store

  • Pastikan sebelumnya telah login terlebih dahulu

  • Pada halaman utama terdapat informasi nomor kamu

  • Silahkan catat nomornya, lalu simpan di kontak HP

Perlu diingat! Cara mengecek nomor HP Indosat melalui MyIM3 hanya bisa dilakukan ketika sudah masuk aplikasinya. Jika baru pertama kali mengaksesnya, kamu harus login terlebih dahulu dengan nomor HP Indosat kamu.

4. Cek Nomor HP Indosat via Website

Cek nomor melalui website Indosat bisa menjadi alternatif untuk mengetahui nomor Indosat sendiri masih aktif atau tidak. Pihak Indosat memang menyiapkan website yang berisikan informasi penting para penggunanya.

Adapun untuk masuk ke website ini tidak memerlukan nomor HP, melainkan NIK dan KK yang digunakan saat daftar nomor HP. Berikut tahapan cara cek nomor indosat dengan NIK melalui website dengan mudah, yakni:

  • Silahkan buka browser apapun di HP kamu

  • Akses myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index

  • Masukkan NIK yang didaftarkan nomor Indosat kamu

  • Masukkan nomor KK didaftarkan nomor Indosat kamu

  • Centang pada bagian I'm not a robot, klik Periksa

  • Akan muncul informasi seputar nomor Indosat kamu

Cara mengecek nomor Indosat lewat website hanya bisa diakses jika memasukkan NIK dan KK sesuai data saat daftar nomor HP. Jika NIK dan KK tidak sesuai, maka pengecekan nomor HP lewat website tidak akan berhasil.

5. Cek Nomor HP Indosat via Missed Call

Cara ampuh mengecek nomor HP Indosat adalah dengan cara melakukan panggilan telepon atau missed call. Hanya saja, kamu harus memiliki pulsa untuk telepon ke teman agar nomor HP Indosat kamu bisa diketahui.

Cara ini memang terbilang kuno, tetapi terbilang sangat ampuh. Kamu tidak perlu memasukan kode atau NIK, cukup melakukan panggilan telepon saja. Adapun cara mudah cek nomor indosat di telepon sebagai berikut:

  • Buka aplikasi telepon atau kontak di HP kamu

  • Pilih salah satu nomor teman yang akan di telepon

  • Melakukan panggilan telepon dengan teman

  • Otomatis nomor HP kamu akan muncul di HP teman

  • Jangan lupa catat dan simpan nomor HP kamu

Dari beberapa cara di atas, silahkan pilih salah satu cara cek nomor Indosat paling mudah. Jika tidak ingin repot, sebaiknya catat dan simpan nomor HP Indosat kamu melalui kontak HP pribadi agar bisa diakses kapan saja.

Mengapa Nomor HP Penting?

Ada beberapa alasan pentingnya mengetahui nomor HP sendiri, salah satunya untuk kemudahan saat ingin isi pulsa. Tanpa nomor HP, kamu tidak akan bisa isi pulsa atau kuota internet. Adapun alasan lainnya sebagai berikut:

1. Aktivasi dan Verifikasi Akun

Nomor HP memiliki fungsi untuk verifikasi data kepemilikan akun. Misalnya ketika ingin membuka akun dompet digital, maka membutuhkan nomor HP untuk verifikasi dan aktivasi sebagai salah satu bentuk keamanan akun.

2. Transaksi Pembayaran Mudah

Saat ingin top up saldo dompet digital, maka membutuhkan nomor HP agar transaksi berhasil. Begitu pula saat ingin transfer uang ke sesama pengguna dompet digital, nomor HP digunakan sebagai nomor rekening virtual.

3. Pendaftaran Media Sosial

Jika kamu ingin membuat akun media sosial, maka harus daftar terlebih dahulu dengan email atau nomor HP. Jika kamu lupa password masuk media sosial, kode verifikasinya akan dikirim ke nomor HP kamu yang terdaftar.

Penutup

Demikian pembahasan tentang cara cek nomor Indosat lewat berbagai metode yang mudah dan praktis. Terpenting setelah mengetahui nomor HP kamu, alangkah baiknya catat dan simpan melalui kontak agar tidak hilang. Terimakasih sudah membaca artikel ini di mudahcair, semoga bisa bermanfaat.