TrueCaller, Aplikasi Pendeteksi Nomor Tidak Dikenal

 

TrueCaller, Aplikasi Pendeteksi Nomor Tidak Dikenal
Aplikasi Trucaller (Foto : Tangkaplayar PlayStore Trucaller)

Aplikasi yang dapat melacak nomor tidak dikenali, salah satunya dengan TrueCaller. Baca di sini tentang TrueCaller serta kelebihannya.

Akhir-akhir ini banyak sekali kejadian penipuan melalui online. Tidak hanya itu, ada pula penipuan yang dilakukan melalui telepon. Oleh karena itu, kamu membutuhkan aplikasi yang dapat melacak nomor tidak dikenal, misalnya TrueCaller

Tentang Aplikasi TrueCaller

Aplikasi Truecaller ini fungsinya hampir sama seperti buku telepon tanpa batas. Dalam hal ini kamu bisa mencari informasi kontak berdasarkan nama atau nomor meskipun nomor tersebut belum kamu simpan. 

Kamu juga bisa mengidentifikasi panggilan masuk dan memblokir panggilan yang tidak diinginkan.

Untuk melacak panggilan spam, saat ini sudah banyak pengguna smartphone yang menggunakan TrueCaller. Meski demikian, kamu tentunya bertanya-tanya bagaimana sebenarnya aplikasi ini bekerja.

Cara Kerja TrueCaller

Secara umum cara kerja TrueCaller ini sangat sederhana. Daftar kontak atau informasi kontak dari seluruh pengguna yang mengunduh aplikasi ini akan diambil oleh server TrueCaller untuk digunakan.

Data tersebut bersumber dari banyaknya orang yang telah mengunduh aplikasi ini di smartphone mereka. TrueCaller akan meminta pengguna untuk mengizinkan akses ke kontak pengguna ponsel sebagai bagian dari perjanjian pengguna akhir.

Data-data yang diperoleh tersebut selanjutnya diunggah oleh aplikasi ke server perusahaan. Data tersebut akan tersedia untuk semua pengguna yang benar-benar menelpon setelah melalui beberapa algoritma pencocokan data.

Saat mulai login, kamu akan melihat bahwa aplikasi ini hanya mengizinkan Facebook, Yahoo!, atau Gmail untuk mengaksesnya. Apabila kamu tidak memilikinya, kamu tidak bisa terhubung ke database TrueCaller

Hal tersebut dikarenakan aplikasi-aplikasi tersebut merupakan situs jejaring sosial yang paling banyak dipakai. Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga berisi banyak nomor telepon serta detail kontak lainnya.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa bahwa kamu menggunakan salah satu situs sosial, maka seluruh kontak kamu termasuk nomor telepon, nama kontak, dan sebagainya akan diunggah ke server TrueCaller.

Seluruh buku alamat kamu akan dikirim ke server TrueCaller Apabila kamu masuk ke aplikasi ini menggunakan ponsel. Informasi tersebut diatur ke dalam catatan dan setiap nomor akan diberikan id TrueCaller.

Id pemanggil yang terkait dengan nomor tersebut akan ditampilkan jika seseorang mencari nomor menggunakan pencarian TrueCaller. Jadi, semua orang yang menyimpan kontak kamu akan berakhir di database TrueCaller juga. Bahkan. 

Bagaimana cara melacak nomor HP menggunakan TrueCaller?

Cara Melacak Nomor HP Menggunakan TrueCaller

Layanan aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone ataupun melalui PC. Berikut langkah-langkah menggunakannya melalui PC yang mudahcair jelaskan:

  • Buka laman https://www.truecaller.com 

  • Setelah itu, ubah kode telepon negara menjadi Indonesia, yaitu dengan kode +62

  • Kemudian, login menggunakan Google account atau Microsoft 

  • Lalu, pada kolom pencarian, masukkan nomor ponsel orang yang ingin dicari.

  • Setelah itu, klik tombol Search dan tunggu beberapa saat.

  • Selanjutnya informasi identitas pemilik akan terungkap secara lengkap. Selain identitas, informasi lokasi orang tersebut juga akan terungkap

Selain melalui PC, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini di smartphone. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh dan pasang aplikasi TrueCaller di smartphone kamu

  • Aplikasi akan meminta izin akses kontak, terima permintaan tersebut.

  • Lalu, masuk ke aplikasi dan buka menu Contacts

  • Kemudian, Ketikkan nomor HP yang ingin kamu lacak pemiliknya

  • Tunggu beberapa saat, selanjutnya TrueCaller akan memberikan informasi tentang identitas pemilik nomor dan lokasi tempat pemilik nomor tersebut berada

Apakah TrueCaller berbayar? Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di smartphone Android maupun iPhone. Namun jika kamu ingin menggunakan beragam fitur-fitur secara lebih lengkap, maka kamu harus berlangganan TrueCaller premium.  

Apakah kelebihan aplikasi TrueCaller ini?

Kelebihan Aplikasi TrueCaller

Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk melacak nomor ponsel lain. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencari beberapa informasi lainnya. Berikut kelebihan aplikasi ini:

  • Hanya dengan mengetikkan nomornya saja di aplikasi kamu bisa mendapat informasi tentang detail identitas nomor seseorang 

  • Dapat mengetahui orang yang melacak nomor kamu melalui fitur “Siapa yang melihat profil saya”

  • Melalui fitur Auto-Blocking dan Spam Detection, dapat membantu untuk identifikasi dan juga blokir secara otomatis nomor-nomor tidak dikenal 

Meskipun adanya TrueCaller sangat membantu dalam melacak nomor-nomor tidak dikenal, kamu juga harus mengantisipasi terjadinya penipuan melalui telepon 

Cara Menghindari Penipuan by Phone

Berikut cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari penipuan melalui telepon:

1. Hati-hari dengan Nomor yang Tidak Dikenal

Semua orang terdekat pasti sudah kamu simpan nomornya di HP. Jika ada nomor yang tidak dikenal menelpon, kamu perlu waspada. Jika seseorang yang menelpon ada keperluan dengan kamu, biasanya dia akan lanjut menghubungi melalui WA.

2. Abaikan Nomor Aneh

Jika tiba-tiba di telepon dengan nomor yang bukan diawali dengan +62, jangan cepat-cepat diangkat. 

Ataupun jika ada beberapa panggilan tidak terjawab di HP kamu, tapi nomornya mirip-mirip biasanya nomor tersebut spam. Abaikan saja nomor tersebut.

3. Penelpon Tidak Tahu Nama Kamu, Namun Mengajak Berbicara

Meskipun telemarketing itu menyebalkan, namun mereka biasanya akan mengetahui nama kamu, misalnya data dari bank. Akan tetapi, jika kamu menerima telepon dan penelpon tersebut mengajak bicara tanpa mengetahui namamu, maka waspadalah.

Pada umumnya mereka justru akan bertanya dengan siapa dia berbicara. Jika kejadian ini terjadi, maka matikan saja telepon tersebut.

4. Tidak Jelas dalam Menyampaikan Informasi

Telemarketing yang mengganggu masih memiliki tata kalimat yang runut. Meskipun hal tersebut hafalan, namun setidaknya jadi pembeda dengan penipuan melalui telepon. 

Pada umumnya mereka akan mengajak kamu terburu-buru agar tidak sempat berpikir panjang, atau melakukan sesuatu. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu harus curiga dan waspada. 

5. Jangan Terpancing Memberikan Informasi

Jika ada penelpon tidak dikenal lalu meminta informasi tentang diri kamu, contohnya menanyakan nama, alamat, serta informasi yang bersifat privasi, maka langsung saja ditolak.

6. Waspada Magis

Magis merupakan manipulasi psikologis. Umumnya penipu akan mempermainkan perasaan korban, contohnya membuat panik atau takut. Biasanya korban sudah diincar dan dicari informasinya. 

Setelah itu, penipu akan membuat panik dengan kacar musibah atau masalah hukum yang menimpa keluarga atau teman. Jangan langsung percaya, lebih baik kamu tutup telepon dan cari informasi sendiri.

7. Gunakan Aplikasi Pendeteksi Nomor Telepon

Cara paling mudah untuk terhindar dari penipuan melalui telepon adalah dengan memasang aplikasi pendeteksi nomor telepon. Ada banyak pilihan aplikasi tersebut, misalnya TrueCaller.

Saat ada telepon masuk ke ponsel, aplikasi ini akan memunculkan nama apakah orang tersebut penipu, telemarketing, atau seseorang yang telah kamu kenal. 

Selain itu, aplikasi tersebut juga dapat mendeteksi identitas pemilik nomor dan lokasi tempat pemilik nomor tersebut berada. Dengan aplikasi tersebut kamu juga bisa tenang saat ditelpon orang.

Penutup

Kemajuan teknologi yang memiliki dampak negatif harus disikapi dengan benar dan selalu waspada. Dengan adanya aplikasi pendeteksi nomor telepon, seperti TrueCaller akan sangat membantu kamu terhindar dari penipuan.