Surah Al Kautsar Lengkap dengan Artinya

Apa saja keistimewaan dan kebaikan yang terkandung di dalam surah al kautsar ini? Yuk, baca informasinya secara lengkap di artikel ini!

Surah Al Kautsar merupakan salah satu surat pendek yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Surat tersebut berada dalam urutak ke-108 di Al-Qur’an yang berjumlah 3 ayat.

Surah Al-Kautsar termasuk ke dalam kategori surah Makkiyah karena turun di Mekkah.  Arti dari surah Al-Kautsar tersebut adalah nikmat yang banyak.

Surah Al Kautsar Lengkap dengan Artinya

Surat Al-Kautsar ini berisi tentang perintah Allah kepada umat islam untuk melaksanakan kurban dan sholat. Selain itu, pada surah Al-Kautsar juga terdapat karunia yang akan Allah berikan untuk penghuni surga. 

Letak surah Al-Kautsar berada pada surah Al-Kafirun dan surah Al-Ma’un. Surah Al-Kautsar yang singkat ini perlu dipahami lebih dalam oleh seorang muslim. Penasaran seperti apa isi kandungan dari surah Al-Kautsar ini? 

Sekilas tentang Surah Al Kautsar

Di bawah ini merupakan bacaan qur’an surah Al-Kautsar lengkap dengan tulisan latinnya dan terjemahannya versi bahasa Indonesia.

1. إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ

innā a’ṭainākal-kauṡar

Artinya : “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.” فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ .2

fa ṣalli lirobbika wan-ḥar

Artinya : “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.

3.إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

inna syāni`aka huwal-abtar

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.”


Surah Al-Kautsar bisa kamu temukan pada juz 30 di Al-Qur’an. Fakta menarik dari surat Al Kautsar ini yaitu turun sebelum surah At-Takatsur dan setelah surah Al-Adiyat. 

Surah Al-Kautsar turun karena Allah ingin menghibur Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam yang sedih ketika kehilangan kedua putranya yaitu Ibrahim dan Kasim.  

Dalam surat al kautsar menjelaskan tentang nikmat yang Allah berikan kepada umat islam ketika melewati coban hidup seperti kesulitan atau kesedihan. 

Sehingga, bisa disimpulkan jika surah Al-Kautsar bisa dimaknai sebagai karunia yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya.

Kamu bisa mengamalkan surah Al-Kautsar tersebut setiap hari melalui membacanya. Maka Allah akan melimpahkan nikmat dan karunia yang banyak kepada kamu. 

Allah juga akan mengganti kesulitan maupun kesedihan yang menimpa dirimu dan keluarga dengan rasa kebahagian yang tidak akan kamu dapatkan di tempat lain.

Surah Al-Kautsar mengandung sejumlah kebaikan baik dari segi dunia maupun akhirat. Kata Al-Kautsar memiliki arti yaitu nama salah satu telaga yang ada di surga. 

Telaga tersebut adalah penghubung menuju pintu surga. Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam akan minum air telaga tersebut bersama dengan umatnya ketika akan ke surga nantinya. 

Hukum Bacaan Tajwid pada Surah Al Kautsar

Berikut ini adalah hukum bacaan tajwid yang terdapat di dalam surah Al-Kautsar dan perlu kamu ketahui dengan baik.

1. Tajwid pada Ayat Ke-1 Surah Al Kautsar 

Pada lafadz إِنَّا ini terdapat tajwid berupa ghunnah musyaddah. Karena, terdapat huruf nun yang bertanda baca tasydid. Cara membaca lafadz tersebut yaitu mendengung.

Lalu, untuk lafadz إِنَّا أَ hukum bacaannya adalah mad jaiz, dimana terdapat huruf mad thabi'i yang bertemu dengan huruf hamzah pada kalimat lain. Hukum bacaan tersebut dibaca panjang yaitu 2 harakat maupun 4 harakat.

Selanjutnya, lafaz عْطَيْنَا  mengandung hukum bacaan mad layyin yang dibaca dengan lunak serta lemas karena terdapat huruf ya mati bertemu dengan tanda baca fathah. 

Kemudian, lafadz الْكَوْثَر terdapat hukum bacaan berupa Al qomariyah. Hal ini disebabkan karena adanya huruf kaf yang bertemu dengan huruf alif lam. Hukum bacaan ini dibaca dengan jelas dan terang.

Adapun, hukum bacaan surat al kautsar ayat 1 untuk lafadz الْكَوْثَر  adalah mad layyin. Dimana cara membacanya adalah lemas dan lunak karena terdapat huruf wau mati yang bertemu dengan tanda baca fathah.

2. Tajwid pada Ayat Ke-2 Surah Al Kautsar 

Surah Al-Kautsar ayat ke-2 mengandung hukum bacaan izhar halqi pada lafadz وَانْحَر yang dibaca secara jelas. Hal tersebut karena, terdapat huruf ha yang bertemu dengan tanda baca fathah tain. 

3. Tajwid pada Ayat Ke-3 Surah Al Kautsar 

Ghunnah musyaddah merupakan hukum tajwid surat al kautsar ayat 3 yang berada pada lafadz إِنَّ karena terdapat huruf nun dengan tanda baca tasydid di atasnya. Untuk cara membacanya yaitu dibaca dengan cara mendengung.

Lafaz الْأ mengandung hukum bacaan Al qomariyah yang dibaca secara jelas dan terang. Karena, terdapat huruf alif yang bertemu dengan huruf alif lam.

Hukum bacaan berikutnya adalah qalqalah sugra untuk lafadz لْأَبْتَرُ  yang dibaca dengan cara ringan dan dipantulkan. Karena, terdapat huruf qalqalah ba’ yang bertanda baca sukun yang letaknya pada tengah kalimat.

Manfaat bagi Umat yang Membaca Surah Al Kautsar

Tentunya kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat dari membaca surah al kautsar ayat 1-3 ini. Yuk, ketahui apa saja manfaatnya melalui informasi berikut ini.

1. Tercipta Kerukunan dan Keharmonisan dalam Keluarga 

Rutin membaca surah Al-Kautsar  dapat membuat hubungan keluarga menjadi lebih rukun dan harmonis. Sehingga, kehidupan dalam berumah tangga akan menjadi lebih baik yaitu sakinah, mawadah, dan warohmah. 

Cara mengamalkannya juga cukup mudah. Kamu bersama pasangan hanya perlu membaca surah Al-Kautsar tersebut pada saat melaksanakan shalat tahajud. Maka Allah akan menjadikan rumah tangga yang harmonis dan rukun. 

2. Sebagai Obat yang dapat Menyembuhkan berbagai Jenis Penyakit

Apabila seorang muslim tengah sakit, maka hendaknya membaca surah Al-kautsar ketika ingin minum. Hal tersebut merupakan bagian dari ikhtiar seorang muslim dalam memohon kesembuhan penyakit kepada Allah. 

Atas izin dari Allah, insha Allah segala jenis penyakit yang diderita akan sembuh. Asalkan terus membaca surah Al-Kautsar ini secara rutin. 

3. Doa yang Dipanjatkan Cepat Terkabul

Surah Al Kautsar mengandung keistimewaan dan keajaiban yang sangat luar biasa bagi umat islam. Salah satunya adalah sebagai pembuka atas terkabulnya doa yang dipanjatkan kepada Allah. 

Keutamaan yang paling penting dari surah Al-Kautsar tersebut adalah Allah akan mengabulkan keinginan hamba-Nya dan memberikan yang terbaik pula untuk hamba-Nya.

Oleh karena itu, dalam berdoa harus yakin 100% jika Allah akan mengabulkan keinginan tersebut. Akan tetapi, jangan lupa doa tersebut juga dibarengi dengan ikhtiar yang dilakukan.

Membaca surah Al-Kautsar dan membaca doa pada saat hujan dengan keikhlasan dari lubuk hati yang terdalam, insha Allah akan dikabulkan doanya. 

4. Mudah Bangun di Pagi Hari

Apabila sering kali bangun terlambat atau sulit ketika bangun pagi, maka bisa diatasi dengan cara membaca surah Al-Kautsar tersebut. Bacalah surah Al-Kautsar ini pada malam hari sebelum tidur sebanyak 7 kali. 

Jika rutin membaca surah Al-Kautsar tersebut, maka Allah akan mudahkan untuk bangun pada waktu pagi hari. Khususnya bagi seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah sholat subuh. 

5. Memberikan Ketenangan Hati dan Melawan Rasa Takut

Surah Al Kautsar mampu memberikan ketenangan hati, sehingga terasa begitu damai dan adem. Terutama pada saat tengah tertimpa banyak masalah dan merasa tidak tenang, maka bacalah surah Al-Kautsar sebanyak 3 kali. 

Selain itu, membaca surah Al-Kautsar juga bisa menghilangkan rasa takut pada diri seorang muslim. Karena, melalui bacaan surah Al-Kautsar tersebut Allah akan memberikan perlindungan, ketenangan dan kekuatan. 

Sehingga, akan timbul rasa percaya diri dan berani kembali dalam melaksanakan segala aktivitas dan mengambil keputusan. 

6. Mendapatkan Nikmat yang Banyak dari Allah Subhana Wata’ala

Keajaiban lainnya dari surah pendek ini adalah keutamaan membaca surat al kautsar 1000 kali yaitu akan diberikan nikmat yang banyak dari Allah. 

Pada surah Al-Kautsar tersebut, Allah sudah menurunkan karunia-Nya kepada Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam. 

Seperti menjanjikan mencicipi air telaga Al-Kautsar untuk umat muslim ketika masuk surga dan memberikan keturunan dalam jumlah yang banyak. 

Allah juga memberikan rezeki yang berlimpah untuk umat islam yang mengamalkan surah Al-Kautsar tersebut.

Sehingga, penting sekali bagi seorang muslim untuk bersyukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan tersebut dengan cara rajin beribadah.

Penutup

Itulah sejumlah informasi yang berkaitan dengan surah Al Kautsar. Semoga bisa bermanfaat dan kamu bisa mengamalkan surah Al-Kautsar tersebut dengan sebaik mungkin pada kehidupan sehari-hari.