Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Keluar Rumah, Pelindung Umat Islam dari Peristiwa Buruk

Pastikan sebelum kamu bepergian selalu membaca doa keluar rumah ya. Yuk, baca di artikel ini tentang keutamaan membaca doa keluar rumah.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah menjamin perlindungan untuk umat islam dengan sebaik mungkin. Kamu bisa memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu Wata’ala tersebut dengan cara membaca doa keluar rumah.

Ketika seorang muslim hendak keluar rumah, sebaiknya membaca doa untuk keluar rumah. Tujuannya adalah agar terhindar dari segala bahaya yang mengintai dan selalu berada dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’ala. 

Tidak cukup hanya membaca doa ketika akan keluar rumah saja yang perlu diketahui, namun terdapat adab dan keistimewaan tertentu dari doa tersebut. 

Doa Keluar Rumah, Pelindung Umat Islam dari Peristiwa Buruk

Dengan demikian, kamu wajib mengetahui semua informasi yang berkaitan dengan bacaan doa ketika hendak pergi ke luar rumah. 

Lantas apa saja informasi tersebut? Yuk, baca artikel di bawah ini hingga selesai agar mendapatkan pemahaman yang lebih jelas seputar doa untuk bepergian ke luar rumah. 

Lafadz Doa Keluar Rumah serta Artinya

Terdapat 2 jenis lafadz doa keluar rumah dan artinya yang bisa diterapkan dengan baik pada saat akan bepergian. Berikut ini penjelasannya.

1. Doa Keluar Rumah dengan Ayat yang Pendek

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja. 

2. Doa Keluar Rumah dengan Ayat yang Panjang

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

“Allahumma inni a'udzubika an adhilla aw udholla aw azilla aw uzalla aw udzlima aw udzlama aw ajhal aw ujhala ‘alayya”.

Artinya : Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku menzalimi, atau aku dizalimi, atau kebodohanku atau aku dibodohi.

Keutamaan Doa Keluar Rumah

Adapun keutamaan yang akan diperoleh pada saat mengamalkan bacaan doa keluar rumah yaitu sebagai berikut.

1. Selalu Memperoleh Petunjuk Jalan yang Lurus dari Allah 

Membaca doa ketika akan pergi ke luar rumah tentunya sangat baik bagi umat muslim. Karena, Allah senantiasa merahmati dan memberikan petunjuk berupa jalan yang lurus kepada orang yang berdoa kepada-Nya.

Sehingga, orang yang berdoa untuk memohon perlindungan kepada Allah maka akan dilindungi dan diberikan jalan yang lurus. Dengan demikian, akan selamat dalam perjalanan dan tidak akan tersesat ataupun disesatkan. 

2. Malaikat akan Senantiasa Menjaga

Ketika seorang muslim selalu membaca doa mau keluar rumah maka malaikat akan selalu menjaga keberadaanmu dimanapun kapanpun dengan sebaik-baiknya. 

Oleh karena itu, sebisa mungkin bacalah doa jika akan pergi ke luar rumah. Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah, malaikat juga ikut melindungimu selama di perjalanan. 

Lalu, kamu akan terbebas dari godaan setan yang terkutuk dan terhindar dari segala marabahaya dalam menjalankan segala aktivitas. 

Setan tidak akan berani mengganggu ketika seorang muslim sudah membaca doa untuk keluar rumah. Karena, Allah sudah melindungi, memberikan petunjuk-Nya, dan telah mencukupkan semua kebutuhan yang diminta oleh hamba-Nya tersebut.

3. Allah akan Memberikan Kehidupan yang Cukup

Sebagai seorang muslim yang baik, sudah seharusnya untuk selalu berdoa kepada Allah dalam hal memohon perlindungan, tempat mengadu, dan meminta.

Salah satu keutamaan dari membaca doa pada saat keluar rumah ini, Allah akan memberikan kecukupan hajat dan rezeki seorang muslim. Hal tersebut berlaku untuk di dunia maupun di akhirat kelak. 

Melalui doa yang dilantunkan ketika hendak bepergian tersebut, tersimpan makna yang mendalam dan keajaiban yang luar biasa. Terdapat jaminan berupa kecukupan, kebaikan, dan keamanan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Selain itu, Allah akan memberikan keberkahan, pertolongan, dan membimbing seorang muslim yang taat kepada-Nya. Allah juga akan mempermudah segala urusan seorang hamba dan membebaskan dari segala bentuk kejahatan.

Adab Membaca Doa Keluar Rumah yang Baik dan Benar

Adapun adab dalam membaca doa ketika ingin keluar rumah berdasarkan ketentuan dalam agama islam yaitu sebagai berikut ini.

1. Mengerjakan Shalat Sunnah Sebanyak 2 Rakaat

Sebelum pergi keluar rumah, sempatkanlah untuk menjalankan sholat sunnah 2 rakaat ini. Seperti solat dhuha, solat taubat, atau sholat sunnah wudhu pada pagi hari.

Manfaat dari melakukan sholat sunnah 2 rakaat ini yaitu bebas dari rasa cemas yang berlebihan. Lalu, akan terhindar dari bencana dan kesulitan selama dalam perjalanan.

2. Jangan Lupa Membaca Doa pada saat Keluar Rumah

Bacalah doa ketika akan melakukan suatu perjalan keluar rumah dan ketahuilah arti doa keluar rumah tersebut dengan baik. Hal ini sesuai dengan perilaku yang diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

Pastikan dalam berdoa menghadap kiblat dan menatap langit. Tentunya seperti yang dilakukan oleh Ummu Salamah yaitu istri dari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam ketika memohon perlindungan dari Allah.

3. Ucapkanlah Salam dengan Keluarga sebelum Keluar Rumah

Sebelum melakukan aktivitas keluar rumah, sebaiknya mengucapkan salam kepada kedua orang tua atau anggota keluarga yang ada di rumah tersebut. Peristiwa tersebut dikenal juga dengan berpamitan. 

Adab bepergian keluar rumah yang harus ditekankan adalah pamitan dengan baik terhadap keluarga di rumah. Sehingga, pihak keluarga tidak cemas dan memberikan doa restunya kepada kamu yang akan pergi keluar rumah tersebut.

4. Pergi Keluar Rumah dengan Melangkah Menggunakan Kaki Kanan

Gunakanlah kaki kanan ketika akan pergi keluar rumah. Karena, melangkah menggunakan kaki kanan merupakan sunnah rasul. 

Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam lebih menyukai melakukan segala sesuatunya menggunakan tangan kanan. Beliau menggunakan tangan kiri hanya untuk perkara tertentu saja. 

5. Tutuplah Pintu Rumah secara Perlahan

Menutup pintu secara perlahan merupakan salah satu adab penting yang harus diterapkan sebelum pergi keluar rumah.

Jangan sekali-kali menutup pintu rumah dengan cara membantingnya. Menutup pintu dan mengunci pintu rumah merupakan bagian dari menjaga keamanan rumah dari pencuri atau orang yang berniat untuk melakukan perbuatan jahat.

6. Menjaga Diri Sendiri dan Menghindari Pekerjaan yang Haram

Pada saat bepergian keluar rumah, jagalah diri sendiri dengan sebaik mungkin. Hindari pekerjaan yang diharamkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala. 

Sebisa mungkin, cari dan lakukan pekerjaan yang benar-benar terbukti kehalalannya. Sehingga, Allah Subhanahu Wata’ala akan memberikan limpahan rezeki dan keberkahan. 

Tata Cara Membaca Doa Ketika Pergi Keluar Rumah 

Berikut ini merupakan tata cara yang baik ketika akan baca doa keluar rumah yang bisa diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

  1. Berdoa dalam keadaan suci dan menghadap kiblat.

  2. Membaca bacaan sholawat, istighfar, dan hamdalah.

  3. Membaca doa-doa lainnya dan memuji Allah Subhanahu Wata’ala. 

  4. Membaca doa dengan suara yang lembut.

  5. Berdoa dengan penuh keyakinan jika Allah Subhanahu Wata’ala akan melindungi dari segala kejahatan dan marabahaya yang datang, memberikan kecukupan, dan memberikan keberkahan. 

  6. Keluar rumah menggunakan kaki kanan seperti yang disunnahkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

Penutup

Demikianlah informasi yang bisa dipaparkan mengenai doa keluar rumah. Jangan lupa memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu Wata’ala dari apapun itu dengan cara berdoa.

Posting Komentar untuk "Doa Keluar Rumah, Pelindung Umat Islam dari Peristiwa Buruk"