Doa Masuk Kamar Mandi dan Keluar Kamar Mandi serta Adabnya

Bacaan doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi beserta artinya. Ketahui juga ada dan etika di kamar mandi serta manfaat baca doa ini!

Membaca doa masuk kamar mandi sangat dianjurkan ketika ingin membersihkan tubuh atau membuang hajat. Dengan baca doa terlebih dahulu, kamu akan terhindar dari godaan setan dan jin penghuni kamar mandi.

Seperti diketahui, kamar mandi atau WC merupakan salah satu tempat yang paling disenangi oleh iblis dan setan di bumi. Oleh sebab itu, hendaklah baca doa dahulu saat akan masuk maupun keluar dari kamar mandi.

Bacaan doa masuk kamar mandi mudah untuk menghafalnya karena tidak terlalu panjang. Meskipun demikian, penting mengetahui adab atau etika saat ada di kamar mandi. Yuk, ketahui informasinya di bawah ini!

Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya

Doa Masuk Kamar Mandi dan Keluar Kamar Mandi serta Adabnya

Membaca doa setiap masuk ke toilet merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Hal ini penting dilakukan agar terhindar dari gangguan iblis dan setan. Ketika sedang bersih-bersih, kamu pun akan dilindungi oleh Allah SWT.

Selain itu, selama di kamar mandi ada baiknya mengetahui adab dan etika. Tidak berlama-lama di kamar mandi dan membaca doa dahulu sebelum masuk. Adapun doa masuk kamar mandi dan artinya sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

"Allahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi.”

Artinya: "Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari godaan iblis laki-laki dan iblis perempuan."

Doa masuk kamar mandi agar tidak dilihat jin bisa kamu baca setiap akan mandi atau buang air. Kamu bisa membacanya di luar depan pintu. Jika terlanjur ada di dalam kamar mandi, maka baca doanya dalam hati saja. 

Doa Keluar Kamar Mandi dan Artinya

Membaca doa keluar dari kamar mandi merupakan salah satu adab dan etika yang harus diikuti. Setelah dari toilet atau kamar mandi, bacalah doa yang dianjurkan. Seperti apa bunyi doanya? Berikut bacaan doanya.

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

"Ghufranaka. Alhamdulillahilladzi adzhaba ‘annil adzaa wa aafaanii."

Artinya: "Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji hanya milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan."

Itulah bacaan doa keluar kamar mandi beserta artinya yang bisa kamu amalkan saat setelah bersih-bersih di kamar mandi. Kamu bisa membacanya dalam hati saja saat masih di kamar mandi menuju keluar kamar mandi.

Bolehkah Baca Doa di Kamar Mandi?

Islam mengajarkan bahwa saat akan buang air atau mandi dianjurkan membaca doa saat masuk kamar mandi. Begitu pula saat keluar kamar mandi dianjurkan membaca doa. Lalu, apa hukum membaca doa di kamar mandi?

Membaca doa merupakan sebagian dari ibadah, tentunya terdapat etika, adab, tata krama, dan sopan santun. Maka dari itu, ketika membaca doa hendaknya dilakukan di tempat yang pantas, suci dan menghadap kiblat.

Idealnya, ketika ingin mandi atau buang air, cara membaca doa masuk kamar mandi saat posisi masih di luar. Sebab, hukum baca doa di dalam kamar mandi adalah makruh jika dilisankan, tetapi bisa baca dalam hati.

Begitu pula pada saat ingin membaca doa keluar kamar mandi, maka bisa dibaca setelah berada di luar kamar mandi. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa adab dan etika saat berada di kamar mandi. Yuk, simak!

Adab dan Etika saat di Kamar Mandi

Setiap ingin melakukan sesuatu, ada adab dan etika yang harus dipatuhi termasuk saat di kamar mandi. Apalagi sebagai umat muslim, sudah seharusnya mengetahui dan melaksanakan apa yang sudah menjadi aturan.

Berikut terdapat adab dan etika saat di kamar mandi yang perlu kamu ketahui. Apa saja yang harus dilakukan ketika sedang ada di kamar mandi?

1. Membaca Doa sebelum Masuk Kamar Mandi

Jika ingin membersihkan tubuh atau membuang hajat di kamar mandi, ada baiknya membaca doa masuk ke kamar mandi terlebih dahulu. Bacalah doa sebelum masuk atau saat posisi masih di depan pintu kamar mandi. 

2. Utamakan Masuk dengan Kaki Kiri 

Setelah membaca doa, buka pintu kamar mandi dan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu. Hal ini karena kamar mandi adalah salah satu tempat kotor, maka dianjurkan untuk masuk menggunakan kaki kiri terlebih dahulu.

3. Jangan Menghadap atau Membelakangi Kiblat

Saat di kamar mandi, pastikan posisi tidak menghadap atau membelakangi kiblat. Namun, sebaiknya menghadap arah utara atau selatan. Sementara itu, arah kiblat umat muslim di Indonesia menghadap ke arah barat.

4. Memakai Tangan Kiri ketika Beristinja

Saat setelah buang air besar ataupun buang air kecil di kamar mandi, ketika hendak membersihkannya haruslah menggunakan tangan sebelah kiri. Sebab, penggunaan tangan kanan untuk makan dan kegiatan lainnya.

5. Jangan Berbicara selama di Kamar Mandi

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk diam atau tidak berbicara saat ada di kamar mandi. Bahkan, jika ada orang yang memberi salam, maka sebaiknya tetap diam sebagaimana anjuran Nabi Muhammad SAW.

6. Jangan Berlama-lama di Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu tempat yang disenangi setan yang selalu menggoda manusia untuk melakukan keburukan. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW pun melarang umatnya untuk berlama-lama di kamar mandi. 

7. Membaca Doa saat Keluar Kamar Mandi

Jika ingin masuk kamar mandi, dianjurkan untuk membaca doa masuk kamar mandi atau toilet. Begitu pula ketika hendak keluar, kamu bisa membaca doa keluar kamar mandi setelah ada di luar atau ucapkan dalam hati saja.

Manfaat Baca Doa saat Masuk Kamar Mandi

Islam mengajarkan doa saat masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi tentu ada tujuan dan manfaatnya. Bagi kamu yang ingin mengetahui manfaat doa masuk kamar mandi, simak informasinya di bawah ini.

1. Ucapan Syukur kepada Allah SWT

Membaca doa adalah sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Begitupun doa memasuki kamar mandi, syukur nikmat masih diberikan kesehatan untuk membersihkan kotoran dalam tubuh.

2. Membaca Doa Menambah Pahala

Berdoa adalah sebagian dari ibadah, membaca doa masuk toilet atau kamar mandi hukumnya sunnah. Jika dikerjakan, maka bisa mendapatkan pahala. Jadi, membaca doa saat masuk ke kamar mandi bisa menambah pahala. 

3. Memohon Perlindungan dari Allah

Kamar mandi adalah salah satu tempat berkumpulnya setan dan jin. Sebab, tempat ini adalah tempat yang kotor dan disukai oleh setan. Dengan berdoa, sebagai upaya perlindungan dari godaan setan yang mengganggu.

4. Setan Tidak dapat Melihat Aurat Kita

Manfaat dan keutamaan doa masuk ke kamar mandi yang tak kalah penting adalah melindungi aurat dari setan. Mereka tidak bisa melihat aurat kita ketika mandi atau buang air, pandangan setan pun akan tertutup.

Penutup

Demikian pembahasan tentang doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi yang perlu kamu ketahui. Jika ingin terhindar dari godaan setan dan iblis saat ada di kamar mandi, maka bacalah doa yang bermanfaat ini.