Mengenal Doa sesudah Makan dan Adab ketika Makan

Umat muslim dianjurkan untuk berdoa sebelum melakukan sesuatu. Termasuk membaca doa sesudah makan sebelum menyantap hidangan yang tersaji.

Setelah makan sebaiknya biasakan untuk membaca doa sesudah makan. Pada dasarnya, banyak sekali doa yang diajarkan untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari misalnya doa sesudah tidur, doa keluar rumah, dan lain-lain. 

Berdoa bisa membuat kamu selalu teringat kepada Allah SWT. Meskipun makan adalah kegiatan yang terkesan remeh karena setiap hari melakukannya, tetapi makan termasuk nikmat yang diberikan oleh Allah SWT yang patut disyukuri. 

Mengenal Doa sesudah Makan dan Adab ketika Makan

Membaca doa sebelum dan sesudah makan bertujuan agar kamu bersyukur dan terbiasa berdoa. Selain membaca doa saat makan, kamu juga mesti memperhatikan beberapa adab yang perlu kamu terapkan ketika sedang makan atau minum. 

Doa sebelum Makan

Sebelum mengetahui doa setelah makan, ada baiknya jika kamu mengetahui doa sebelum makan. Dengan berdoa, harapannya makanan tersebut membawa berkah pada diri sendiri. Selain itu, doa juga perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT. 

Berikut adalah bacaan doa sebelum makan dalam arab, latin, dan terjemahannya. 

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma barik lanaa fima razaqtana waqinaa ‘adzaa bannar

Arti lafal doa tersebut: “Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rizkikan kepadaku, dan jauhkan aku dari siksa neraka.”

Lafal doa di atas bisa kamu baca sebelum waktunya makan. Karena bacaannya tidak terlalu panjang, kamu bisa menghafalkannya dengan mudah. Biasakan untuk selalu membaca doa sebelum dan sesudah melakukan aktivitas tertentu. 

Doa sesudah Makan

Nah, setelah mengetahui bacaan doa sebelum makan, maka selanjutnya adalah bacaan doa sesudah makan. Sesuai dengan namanya, doa ini dapat kamu baca setelah menyantap makanan. 

Apalagi, jika kamu makan dengan membaca doa sebagai pembuka, maka untuk menutup kegiatan makan tersebut hendaklah juga dengan doa. Berikut adalah bacaan doa sesudah makan dan artinya

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Sedangkan tulisan doa sesudah makan latin yaitu: Alhamdulillahil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin

Arti dari doa di atas adalah : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.”

Akan tetapi, terkadang ada suatu momen ketika seseorang lupa membaca basmalah atau doa sebelum memakan sesuatu. 

Kalau kamu mengalami hal seperti ini, yaitu lupa berdoa dan baru teringat setelah berada di tengah-tengah makan, maka bisa membaca doa:

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillahi fii awwalihi wa akhirihi

Arti lafal doa ketika lupa berdoa sebelum makan di atas : "Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya."

Sesudah mengetahui bagaimana lafal doa di atas baik dalam arab, latin, maupun terjemahannya diharapkan kamu mengamalkan kebiasaan tersebut setiap kali makan. 

Biasakan juga untuk membaca doa-doa lainnya yang dianjurkan ketika ingin atau setelah melakukan sesuatu. Contohnya, membaca doa sesudah tidur setelah tidur dan membaca doa keluar rumah ketika ingin bepergian. 

Adab-Adab ketika Makan dan Minum

Kamu tentunya pernah diajari tentang sopan santun. Ajaran tentang tata krama atau sopan santun berlaku saat sedang melakukan sesuatu atau berinteraksi dengan orang lain. 

Dalam hal makan dan minum, terdapat beberapa adab yang sebaiknya kamu terapkan. Apalagi, Islam juga mengajarkan tentang adab makan dan minum. Berikut adalah beberapa adab yang bisa kamu perhatikan. 

1. Makanan dan Minuman Bersifat Halal

Dari kecil, sudah diajarkan bahwa umat muslim perlu mendekati yang halal dan menjauhi yang haram. Begitu Pula dalam hal makanan dan minuman. Kamu harus mengonsumsi makanan dan minuman yang dinyatakan halal. 

Terkait urusan makanan halal terdapat dalam al quran surat Al Baqarah ayat 168 yang bunyinya:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Artinya : “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

2. Makan Menggunakan Tangan Kanan

Adab ketika makan dan minum selanjutnya yaitu menggunakan tangan kanan. Jika memungkinkan menggunakan tangan kanan, maka gunakanlah tangan tersebut untuk makan dan minum. 

Terdapat hadist yang menerangkan bahwa setan makan dan minum menggunakan tangan kirinya. 

“Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim no. 2020).

3. Berdoa sebelum dan sesudah Makan

Seperti yang sudah diberitahu tentang doa sesudah makan dan sebelum makan, hendaklah kamu mempraktekannya. Kamu juga bisa membaca basmalah “bismillahirrahmanirrahim” setiap kali akan melakukan aktivitas tertentu termasuk makan.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan, ucapkanlah ‘Bismillahi fii awwalihi wa akhirihi

(dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir aku makan).” (HR Abu Dawud dan at-Tirmidzi).

4. Menyegerakan Makan

Jangan menunda makan dan minum padahal sudah terhidang dari tadi. Misalnya ketika sudah terdengar adzan, kamu bisa mendahulukan makan terlebih dahulu dan baru setelah selesai makan mendirikan sholat. 

Dari Anas Nabi Saw. bersabda, “Jika makan malam sudah disajikan dan Iqamah shalat dikumandangkan, maka dahulukanlah makan malam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hal itu bertujuan agar kamu dapat beribadah dengan fokus dan tenang tanpa memikirka makanan. 

5. Makan dan Minum Secukupnya

Dalam islam tidak dianjurkan untuk berlebihan dalam melakukan sesuatu, salah satunya adalah makan dan minum. Sebaiknya kamu makan makanan secukupnya hingga dirasa kenyang tapi jangan sampai kekenyangan. 

Anjuran tentang makan dan minum secukupnya tanpa berlebihan terdapat dalam al quran surat Al A’raf ayat 31 yang artinya:

“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” 

6. Mencuci Tangan

Menjaga kebersihan saat makan termasuk salah satu adab yang perlu kamu perhatikan. Dengan mencuci tangan sebelum makan, kamu bisa menghindari masalah kesehatan yang mungkin muncul ketika makan dengan tangan kotor. 

Basuhlah tangan sampai bersih menggunakan air atau kalau perlu menggunakan sabun. Dengan begitu, kamu telah mengurangi kemungkinan risiko kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui makanan. 

7. Tidak Meniup ketika Panas

Ada baiknya makanan dan minuman yang masih dalam kondisi panas tidak ditiup begitu saja. Lebih baik tunggu hingga makanan dan minuman tersebut cukup dingin untuk disantap atau diminum. 

8. Tidak Mencela Makanan

Mencela termasuk perbuatan yang tidak baik, apalagi jika hidangan yang disajikan di hadapan kamu dibuat oleh orang lain. Bisa jadi orang yang menghidangkan sajian tersebut akan merasa tersinggung dan bisa merusak hubungan baik. 

Penutup

Itulah beberapa adab yang perlu kamu perhatikan ketika sedang makan dan minum. Usahakan untuk mempraktikan adab-adab tersebut secara konsisten. 

Jangan lupa dengan bacaan doa sesudah makan dan doa yang lainnya sebelum melakukan aktivitas tertentu. Membiasakan diri untuk selalu berdoa akan mendatangkan kebaikan pada diri sendiri.