Niat Puasa 1 Muharram, Keutamaan, serta Cara Melakukannya

Bulan Muharram merupakan bulan baik bagi umat muslim. Melakukan puasa muharam sangat dianjurkan. Baca di sini tentang niat puasa 1 Muharram.

Apa saja amalan yang dapat dilakukan pada tanggal 1 Muharam? Saat tanggal tersebut kamu boleh melaksanakan puasa Muharram. Lantas, bagaimana niat puasa 1 Muharram

Niat Puasa 1 Muharram, Keutamaan, serta Cara Melakukannya

Seperti diketahui, 1 Muharram merupakan salah satu momen penting bagi seluruh umat muslim. Waktu tersebut merupakan saat hijrahnya Rasulullah SAW dari kota Mekah ke Madinah. Tanggal 1 Muharam dikenal juga sebagai tahun baru islam.

Apa itu Puasa 1 Muharam?


Saat bulan Muharram, Allah SWT menjanjikan kepada umatnya akan mendapatkan pahala yang berlipat. Pahala tersebut tentunya didapat dari setiap amal yang dikerjakan. 

Salah satu amalan yang dapat dilakukan pada hari baik tersebut adalah puasa sunah Muharram. Hukum puasa 1 Muharram adalah sunnah mutlak. 

Puasa 1 Muharram berapa hari? Puasa Muharram terdiri dari tiga jenis, yaitu:

  • Puasa di hari kesepuluh beserta satu hari sebelum dan setelahnya, yaitu tanggal 9 dan 11. Puasa tersebut merupakan yang paling utama di bulan Muharram

  • Puasa Asyura, yaitu puasa di hari kesembilan dan kesepuluh

  • Puasa Tasua, yaitu puasa di hari kesepuluh saja

Bagaimana niat puasa 1 muharam tersebut? Apakah kamu sudah menghafalnya dengan baik? Atau justru mengingat di luar kepala karena terbiasa melantunkan niat puasa 1 Muharram secara rutin pada waktunya?

Niat Puasa Sunnah Muharram dan Keutamaannya

Adapun niat puasa 1 muharam adalah sebagai berikut:

Nawaitu shaumal Muharrami lillahi ta’ala. 

Artinya : Saya niat puasa Muharram karena Allah ta’ala.  

Bagi kamu yang ingin melaksanakan puasa Tasu’a berikut ini niat puasanya.

Nawaitu sauma Tasua-a lillahi ta’ala.  

Artinya : Saya niat puasa Tasu’a karena Allah ta’ala. 

Dan yang terakhir adalah niat puasa Asyura yang juga bisa kamu jalankan sebagai umat Islam. 

Nawaitu sauma Asyura-a lilahi ta’ala. 

Artinya: Saya niat puasa Asyura karena Allah ta’ala.

Apa keutamaan puasa Muharram ini? 

Secara umum puasa di bulan Muharram memiliki keutamaan yang luar biasa, yaitu pahalanya sama dengan puasa 30 hari atau satu bulan penuh.

Khusus puasa hari Asyura pada tanggal 10 Muharram, dijelaskan dalam hadits riwayat Muslim yakni menjadi pelebur dosa setahun yang telah lewat. Berikut bunyi hadis tersebut:

عَنْ أَبي قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صِيامِ يَوْمِ عَاشُوراءَ، فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ المَاضِيَةَ. (رواه مسلم)

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Qatadah ra: sungguh Rasulullah saw bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat (HR Muslim).

Bagi kamu yang ingin mendapatkan keutamaan dari puasa ini, selain mengetahui niat puasa 1 Muharram, kamu juga perlu mengetahui tata caranya.

Tata Cara Melakukan Puasa Muharram

Adapun tata cara melakukan puasa Muharram adalah sebagai berikut:

1. Membaca Niat

Sebelum melakukan puasa sunah Muharram, kamu wajib melafazkan niat puasa 1 Muharram. Niat ini dapat dilakukan di dalam hati maupun langsung dibacakan secara lisan.

2. Makan Sahur

Makan sahur sangat dianjurkan dalam melakukan puasa. Sahur ini dilakukan menjelang masuk waktu subuh sebelum imsak.

3.  Menahan Diri

Sama seperti ibadah lainnya, puasa sunnah Muharram ini dilakukan dengan menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa, misalnya makan, minum, dan lainnya.

4. Menjaga Diri

Selain menahan diri, selama puasa kamu juga harus menjaga diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Perbuatan-perbuahan tersebut misalnya berkata kotor, menggunjing orang, dan lain sebagainya seperti sabda Rasulullah SAW berikut:

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوعِ وَالْعَطَشِ (رواه النسائي وابن ماجه من حديث أبي هريرة)

Artinya: Banyak orang yang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali rasa lapar dan kehausan. (HR an-Nasa'i dan Ibnu Majah dari riwayat hadits Abu Hurairah ra).

5. Segera Berbuka saat Waktu Magrib

Segeralah berbuka puasa saat waktu Magrib tiba. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim dijelaskan bahwa Rasulullah Saw bersabda:

"Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka". (HR. Bukhari no 1957-Muslim no.1098).

Meskipun termasuk puasa sunah, namun puasa ini sangat dianjurkan. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar kuat dalam menjalani puasa.

Tips agar Kuat Berpuasa

Simak tips kuat berpuasa yang bisa kamu lakukan agar puasa berjalan dengan lancar.

1. Sahur dengan Nutrisi Lengkap

Konsumsi makanan bernutrisi lengkap selama sahur sangat penting agar kamu kuat berpuasa seharian. Cara ini juga dilakukan agar kamu tetap energik selama berpuasa. 

Makan tidak hanya sekedar kenyang, kamu juga butuh protein, karbohidrat, serta lemak yang cukup. Selain itu, jangan lupa untuk konsumsi buah-buahan atau kacang-kacangan agar imun saat berpuasa tetap terjaga dengan baik.

2. Minum yang Cukup

70% dari tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi merupakan cara agar kamu kuat berpuasa seharian. 

Pada dasarnya perempuan disarankan untuk minum 2,7 liter air per hari dan 3,7 liter untuk para laki-laki. Akan tetapi, hal tersebut tentunya tak bisa didapatkan saat Ramadhan. Sebagai gantinya, kamu bisa minum banyak air putih selama sahur.

Cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan air agar kuat saat puasa adalah dengan minum setidaknya 500 ml air saat sahur.

3. Tetap Melakukan Olahraga

Tetap berolahraga saat berpuasa merupakan cara yang bagus agar tetap bersemangat dan kuat saat puasa. Namun, jangan sampai kamu berolahraga terlalu berat.

Kamu bisa menurunkan intensitas olahraga hingga 20% hingga 25% saja. olahraga saat berpuasa bertujuan untuk tetap rutin melatih tubuh agar selalu sehat. 

Selain itu, olahraga saat puasa juga menjadi strategi yang bagus untuk menurunkan berat badan secara lebih efektif. 

4. Tidur Cukup dan Berkualitas

Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas menjadi cara selanjutnya agar kamu kuat menjalankan puasa. Perubahan waktu tidur dapat berdampak pada kualitas energi manusia secara signifikan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan istirahat yang cukup serta berkualitas. Biasanya kita akan merasa malas dan lelah saat puasa. Hal tersebut sering membuatmu merasa butuh makan dan minum untuk menambah energi.

Oleh karena itu, solusi terbaiknya adalah dengan tidur.

5. Hindari Makanan yang Kurang Sehat

Menghindari makanan yang kurang sehat, seperti gorengan, makanan yang banyak mengandung garam, serta makanan yang terlalu manis menjadi cara agar kuat menjalani puasa.

Hal tersebut dikarenakan makanan-makanan yang kurang sehat akan membuat tubuhmu menjadi lebih cepat lelah. Selain itu, kamu juga akan merasa cepat haus meskipun sudah banyak minum.

Oleh karena itu, langkah paling tepat adalah dengan meningkatkan konsumsi sayur dan serat saat berbuka dan sahur. Nasi serta penggantinya juga menjadi pilihan tepat karena dapat membuatmu kenyang lebih lama.

6. Berikan Protein pada Menu Buka Puasa

Agar kuat menjalankan puasa, kamu bisa menyelipkan protein pada menu buka puasa. Protein sangat diperlukan agar tubuhmu bisa tetap bugar meskipun jarang mengonsumsi makanan selama puasa.

Selain itu, tubuh juga akan mencerna protein lebih lambat daripada karbohidrat. Oleh karena itu, protein dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Protein juga dapat mengubah kadar hormon yang mengendalikan nafsu makan.

7. Mengurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula secara berlebih saat berpuasa bisa mendorong peningkatan produksi insulin. Hal tersebut akan memicu tubuh untuk menginginkan asupan gula lebih banyak lagi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi gula selama puasa. Kamu juga bisa menggantinya dengan asupan protein dan lemak sehat.

8. Hindari Kafein

Pada dasarnya kafein dapat membuat tubuh lebih segar. Akan tetapi, kafein juga dapat membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, kamu bisa menggantinya dengan asupan yang lebih bernutrisi, seperti susu atau air putih.

Penutup

Demikian penjelasan tentang niat puasa 1 Muharram, keutamaan, serta cara melaksanakannya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar puasa dapat berjalan dengan lancar.