Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Masuk Masjid dan Keluar serta Adabnya

Berikut bacaan doa masuk masjid dan keluar masjid yang perlu diketahui. Pahami juga adab pergi dan memasuki masjid melalui uraian berikut!

Masjid seringkali disebut sebagai rumah Allah yang berfungsi untuk ibadah sholat bagi umat muslim. Sebelum memasukinya, ada baiknya memanjatkan doa masuk masjid terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.

Dalam doa masuk dan keluar masjid mengandung pujian atau shalawat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Selain itu, dalam doa ini terdapat permohonan agar mendapatkan perlindungan dari segala keburukan.

Oleh sebab itu, sebelum masuk dan keluar masjid maka hendaklah membaca doa. Lalu, bagaimana doa masuk masjid dan keluar masjid beserta artinya? Bagaimana pula adab dan keutamaan ibadah di masjid?

Sekilas tentang Masjid

Bacaan Doa Masuk Masjid dan Keluar serta Adabnya

Masjid adalah tempat ibadah umat muslim yang digunakan untuk sholat, juga sering dimanfaatkan untuk pengajian. Tak hanya itu, masjid juga kerap difungsikan sebagai sarana untuk pendidikan membaca Al-quran atau mengaji.

Dalam makna lebih luas, masjid adalah bangunan yang khusus digunakan sebagai tempat melaksanakan ibadah sholat berjamaah. Jadi, bagi umat muslim yang akan menunaikan ibadah sholat bisa pergi memasuki masjid.

Meskipun demikian, jika ingin mendapatkan keberkahan beribadah di masjid, maka penting mengetahui adab dan doa masuk masjid serta keluar dari masjid. Setiap doa yang terlantun pastinya ada makna yang terkandung.

Masjid merupakan tempat yang suci sehingga harus memahami adab saat pergi ke masjid. Sebab, ada adab yang tidak memperbolehkan seseorang memasuki masjid. Misalnya seperti wanita yang sedang haid atau nifas.

Adab Pergi ke Masjid

Ketika hendak pergi ke masjid, maka harus mengetahui adab yang baik memasuki rumah untuk ibadah kepada Allah SWT ini. Tidak lupa pula, ketika memasuki tempat yang suci ini biasakan membaca doa masuk masjid.

Apa adab pergi ke masjid dan memasuki masjid? Berikut ini beberapa informasinya yang bisa kamu pahami dan dijadikan kebiasaan baik.

1. Berwudhu dari Rumah

Meskipun di masjid sudah tersedia tempat wudhu. Namun, jika kamu berwudhu di rumah dan berjalan menuju masjid, maka setiap langkah kaki akan menghapuskan dosa seperti dalam hadist HR. Muslim No. 666. 

2. Memakai Wangi-wangian

Ketika pergi ke masjid, dianjurkan memakai wangi-wangian yang membuat badan pun tidak bau khususnya bagi pria. Sementara bagi wanita dilarang untuk memakai wewangian dan juga berdandan secara berlebihan.

3. Memakai Pakaian yang Sopan

Jangan memakai pakaian mencolok, khawatir bisa mengganggu kekhusyuan ibadah di masjid. Kenakanlah pakaian yang sopan dan baik, serta pastikan pakaian bersih dari hadas dan najis yang tidak sah untuk sholat.

4. Masuk Masjid Dahulukan Kaki Kanan

Ketika akan memasuki masjid, dahulukan kaki kanan dan membaca doa hendak masuk masjid. Ada beberapa bacaan doa saat memasuki masjid yang bisa kamu amalkan agar mendapat pahala dan keberkahan.

5. Mengerjakan sholat Sunnah

Setelah memasuki masjid, jika iqomah belum berkumandang maka bisa menunaikan sholat sunnah tahiyatul masjid sebanyak dua rakaat. Setelah selesai sholat sunnah, duduk dengan tenang dan menghadap arah kiblat.

6. Memperbanyak Membaca Doa

Setelah itu, sambil menunggu iqamah dan melaksanakan sholat berjamaah, kamu bisa isi dengan memperbanyak membaca doa. Selain itu, bisa dengan membaca dzikir dan istighfar mohon ampun atas segala dosa.

7. Keluar Masjid Dahulukan Kaki kiri

Ketika setelah selesai melaksanakan sholat dan hendak pulang, maka keluar masjid dengan dahulukan kaki kiri. Kemudian membaca doa keluar masjid agar mendapat perlindungan dari segala bentuk keburukan dan dosa.

Bacaan Doa Masuk Masjid

Ada beberapa doa yang bisa kamu baca dalam hati ketika memasuki masjid. Setiap doa mengandung makna pujian.dan sholawat bagi Baginda Nabi Muhammad SAW. Adapun bacaan doa masuk masjid sebagai berikut: 

1. Doa Masuk ke Masjid Pertama

Ketika hendak masuk ke dalam masjid, maka langkahkan kaki kanan terlebih dahulu kemudian membaca doa. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

"A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. 

Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik".

Artinya: 

“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada zat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. 

Hai Tuhanku, berilah selawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu rahmat-Mu.”

2. Doa Masuk ke Masjid Kedua

Adapun bacaan doa memasuki masjid kedua lebih pendek dan bisa kamu hafalkan. Bacaan doa ini juga bisa kamu amalkan setiap kali masuk masjid. Adapun bacaan doa masuk masjid beserta artinya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ

"Allahummaftah lii abwaaba rahmatika".

Artinya: “Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.”

Bacaan Doa Keluar Masjid

Setelah mengetahui bacaan doa masuk masjid, selanjutnya ketahui juga bacaan doa keluar masjid. Setelah selesai sholat berjamaah di masjid dan hendak keluar, maka bisa ucapkan doa berikut ini.

1. Doa Keluar Masjid Pertama

Jika kamu hendak keluar masjid, maka dianjurkan untuk melangkahkan kaki sebelah kiri terlebih dahulu. Kemudian membaca doa keluar masjid berikut ini:

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

"A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. 

Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba fadlik".

Artinya:

“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada zat-Nya Yang Maha Mulia dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah.

Hai Tuhanku, berilah selawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu.”

2. Doa Keluar Masjid Lainnya

Bacaan doa keluar masjid lainnya lebih pendek. Dengan begitu, bacaan doa keluar masjid dan artinya ini bisa memudahkan untuk menghafalnya. Kamu bisa amalkan setiap keluar masjid. Adapun bacaan doanya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

"Allahumma inni as aluka min fadhlika".

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu.”

Penutup

Dengan membaca doa setiap kali masuk masjid dan keluar dari masjid, ada banyak kekuatannya. Selain akan menjadi adan dan kebiasaan baik, kamu juga akan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari segala keburukan.

Demikian penjelasan tentang bacaan doa masuk masjid dan keluar masjid yang bisa kamu amalkan. Segala bentuk kebaikan dan keberkahan akan menaungi bagi yang memanjatkan doa hendak masuk dan keluar masjid.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Masuk Masjid dan Keluar serta Adabnya"